CRACKED, NOT BROKEN

Markus 14:3 Ketika Yesus berada di Betania, di rumah Simon si kusta, dan sedang duduk makan, datanglah seorang perempuan membawa suatu buli-buli pualam berisi minyak narwastu murni yang mahal harganya. Setelah dipecahkannya leher buli-buli itu, dicurahkannya minyak itu ke atas kepala Yesus.

Luk.7:37 Di kota itu ada seorang perempuan yang terkenal sebagai seorang berdosa. Ketika perempuan itu mendengar, bahwa Yesus sedang makan di rumah orang Farisi itu, datanglah ia membawa sebuah buli-buli pualam berisi minyak wangi.

Kita hidup didalam sebuah dunia yang retak ( a broken world) karena itu begitu banyak orang-orang hidupnya sedang hancur “BROKEN”. Dari luar nampak luar biasa, tapi ada banyak keretakan dalam hidupnya, yang membuat seseorang yang RAPUH! Diantaranya adalah kekecewaan dan kepahitan. Kesalahan dan kegagalan hidup di masa lalu, yang memberikan label dalam hidup kita sebagai orang yang gagal, tidak berguna, tidak bernilai. Impian yang padam dan membekas dalam hidup kita.

BROKEN PEOPLE CREATE BROKEN RELATIONSHIPS.

  • rumah tangga dan keluarga yang retak
  • Orang-orang yang mudah terluka dalam hubungan

Setiap kita punya keretakan yang berbeda-beda. Semua dari kita memiliki keretakan masing-masing. Dan banyak orang mengkamuflase/menyamarkan keretakan didalam hidupnya dengan kemewahan, harta, status sosial, memberi kesan disosial media, atau seperti Simon yang mengundang TUHAN Yesus bukan dengan tujuan mengenalNya dan menjadi pengikut Kristus, melainkan hanya untuk memberikan kesan kepada orang banyak.

ATAU kita bisa MENERIMA dan MENGAKUI semua KERETAKAN yang ada dalam hidup kita, dan membawa bejana yang retak itu kepada Yesus.

MENERIMA dan MENGAKUI SEMUA KERETAKAN DALAM HIDUP KITA:

  • Bukan sesuatu yang kita banggakan
  • Tetapi sesuatu kenyataan yang perlu kita akui, tidak perlu kita menyembunyikannya dihadapan TUHAN, supaya kita bisa mengalami pemulihan atas keretakan: seperti wanita yang mengurapi Yesus, dibanding Simon dan teman-temannya.
  • 7:39 Ketika orang Farisi yang mengundang Yesus melihat hal itu, ia berkata dalam hatinya: “Jika Ia ini nabi, tentu Ia tahu, siapakah dan orang apakah perempuan yang menjamah-Nya ini; tentu Ia tahu, bahwa perempuan itu adalah seorang berdosa.”

Kita hidup di dunia di mana barang yang telah retak tidak ada nilainya, dan dibuang. Dunia menaruh nilai tinggi pada kesempurnaan: seperti penampilan artis-artis, model, kehidupan selebritas. Orang yang retak dibuang oleh keluarga, dipandang rendah masyarakat, di bully teman-teman.

YESUS MELIHAT KERETAKAN DALAM HIDUP SESEORANG DENGAN CARA YANG BERBEDA DENGAN CARA MANUSIA

Ketika wanita itu datang kepada Yesus, Dia tahu siapa wanita ini, tetapi Yesus tidak mengusir wanita ini, tetapi mengijinkan dia datang kepada-Nya.

Mark.14:6 Tetapi Yesus berkata: “Biarkanlah dia. Mengapa kamu menyusahkan dia? Ia telah melakukan suatu perbuatan yang baik pada-Ku.

Yesus melihatnya sebagai suatu KEINDAHAN ketika suatu kehidupan yang retak DIBAWA kepada-Nya dan DISERAHKAN kepada Yesus, dan mengijinkan Dia mengisi keretakan hidupnya dengan kasih TUHAN.

“There’s a crack in everything; that’s how the light gets in.”  – Leonard Cohen

Banyak orang hanya meratapi keretakannya. Banyak orang berusaha menutupi keretakannya, tapi tidak mau membawa hidupnya kepada TUHAN Yesus dan meminta kasih-Nya menutupi setiap keretakan dalam hidup kita.

Yesus melihat hidup kita dengan cara yang berbeda, bahwa dibalik setiap hidup yang retak, akan ada satu kesaksian kasih TUHAN yang indah.

kinsugi

HIDUP YANG TIDAK BERNILAI DIHADAPAN MANUSIA, AKAN MENJADI BERNILAI DI TANGAN TUHAN

Masa depan itu tidak ditentukan oleh masa lalu. Hidup yang tidak berguna dihadapan manusia, akan menjadi berguna di tangan TUHAN

God puts a premium on broken things, especially broken people

Banyak orang yang sebenarnya hidupnya retak tapi hatinya keras, mereka memilih untuk hidup dalam keretakan daripada membawa hidupnya kepada Yesus; mereka memilih untuk memakai topeng…

MASA DEPANMU TIDAK DITENTUKAN OLEH MASA LALUMU.

Luk.7:38 Sambil menangis 

  • Banyak orang yang sebenarya hidupnya retak tapi hatinya keras, mereka memilih untuk hidup dalam keretakan daripada membawa hidupnya kepada Yesus; mereka memilih untuk memakai topeng…

Selama ini mungkin anda memainkan peran dengan sangat baik, spt seorang aktor, menutupi keretakan hidup anda dengan pekerjaan, kemewahan, jabatan, memberi kesan di sosial media (foto dengan orang2 terkenal) … tapi anda merasakan selalu ada KEKOSONGAN dalam hidupmu, karena apapun yang dituangkan akan selalu hilang, karena bejananya bocor.

HIDUP YANG TIDAK BERGUNA DIHADAPAN MANUSIA, AKAN MENJADI BERGUNA DI TANGAN TUHAN

  • Wanita ini tahu kepada siapa dia harus datang
  • Wanita ini tahu siapa yang bisa mengisi keretakan2 dalam hidupnya, sehingga berubah dari orang yang tidak berharga bagi masyarakat menjadi orang orang berharga, dari orang yang rasanya tidak berguna bagi pekerjaan Tuhan menjadi orang yang berguna dan dipakai Tuhan.
  • Orang-orang melihat minyak yang mahal dituangkan, tetapi Yesus melihat suatu kehidupan sedang dituangkan (minya mahal = harta = hati = semua dalam hidup kita berasal dari hati kita)

HIDUPMU ADALAH PESAN DARI TUHAN

Mar.14:9 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya di mana saja Injil diberitakan di seluruh dunia, apa yang dilakukannya ini akan disebut juga untuk mengingat dia.”

ONLY JESUS CAN TURN A MESS INTO A MESSAGE

Menjadi saksi tidak selalu berbicara tentang kesuksesan, tapi juga berbicara tentang keretakan-keretakan hidup kita: bagaimana TUHAN mengisi keretakan hidup kita dengan kasih-Nya dan membuat kita utuh >> KASIH KARUNIA

“Ada sebuah pekerjaan yang kamu harus lakukan. Tuangkan pada orang lain, seperti Aku telah menuangkan hidup-Ku padamu.”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s