PRINSIP KEHIDUPAN: I WILL LIVE TO HONOR GOD.

PRINSIP #3: I WILL LIVE TO HONOR GOD (Saya hidup untuk menghormati Tuhan)

PRINSIP adalah apa yang kita terima sebagai kebenaran dan menjadi dasar semua pikiran dan tindakan kita.

Seringkali berbicara tentang hal-hal yang paling mendasar dalam hidup kita.

HIDUP DENGAN PRINSIP:

  • Menolong kita menyusun prioritas
  • Membantu kita menentukan arah kehidupan 
  • Memudahkan kita membuat keputusan
  • Memudahkan kita memilih teman 

HIDUP TANPA PRINSIP:

  • Tidak punya standar kebenaran
  • Tidak punya standar untuk membuat keputusan
  • Hidup dalam kebingungan
  • Hanyut dalam arus dunia

THE WESTMINSTER SHORTER CATECHISM

AGREED UPON BY THE ASSEMBLY OF DIVINES AT WESTMINSTER, WITH THE ASSISTANCE OF COMMISSIONERS FROM THE CHURCH OF SCOTLAND, AS A PART OF THE COVENANTED UNIFORMITY IN RELIGION BETWIXT THE CHURCHES OF CHRIST IN THE KINGDOMS OF SCOTLAND, ENGLAND, AND IRELAND.

  • Assembly at EDINBURGH, July 28, 1648
  • The catechism is composed of 107 questions and answers. 
  • The first 12 questions concern God as Creator
  • Questions 13–20 deal with original sin and the fallen state of man’s nature. 
  • Questions 21–38 concern Christ the Redeemer and the benefits that flow from redemption. 
  • The next set of questions, 39–84, discuss the Ten Commandments
  • Questions 85–97 teach concerning the Sacraments of Baptism and Holy Communion
  • The final set of questions, 98–107, teach and explain the Lord’s prayer
  • Yes.43:7 … semua orang yang disebutkan dengan nama-Ku yang Kuciptakan untuk kemuliaan-Ku,yang Kubentuk dan yang juga Kujadikan!”

Westminster Shorter Catechism:

Q1. What is the chief end of man? Man’s chief end is to glorify God, and to enjoy him forever.

Tujuan utama manusia adalah memuliakan Tuhan dan menikmati Dia selamanya. 

Yes.43:7 …semua orang yang disebutkan dengan nama-Ku yang Kuciptakan untuk kemuliaan-Ku, yang Kubentuk dan yang juga Kujadikan!”

(NLV) I have made him for My honor

HONORING GOD / MENGHORMATI TUHAN

Suatu kerinduan yang kuat dalam hati kita yang paling dalam supaya nama Tuhan dipermuliakan melalui kehidupan kita; dan mengarahkan seluruh kehidupan untuk memanifestasikan kerinduan ini.

Fil.1:20 Sebab yang sangat kurindukan dan kuharapkan ialah bahwa aku dalam segala hal tidak akan beroleh malu, melainkan seperti sediakala, demikianpun sekarang, Kristus dengan nyata dimuliakan di dalam tubuhku, baik oleh hidupku, maupun oleh matiku.

(ERV) I will let God use my life to bring more honor to Christ. It doesn’t matter whether I live or die.

Kata kemuliaan, memuliakan dan menghormati adalah tiga kata yang sangat dekat bahkan sering diartikan sama, tapi sebenarnya saling melengkapi.

“Kemuliaan Tuhan” berbicara tentang pribadi Allah, kekudusan Allah dan sifat-sifat Allah; dan kerenanya layak menerima PENGHORMATAN dengan nilai yang tertinggi bahkan tak terhingga.

Menghormati seseorang adalah bagaimana kita menaruh nilai yang tinggi pada seseorang oleh karena siapa dia dan apa yang telah dilakukannya.

YESUS layak menerima penghormatan kita yang tertinggi karena PRIBADI-NYA dan APA YANG TELAH DILAKUKANNYA UNTUK KITA, 

Wah.4:10 kedua puluh empat pemimpin itu tersungkur di depan orang yang duduk di takhta itu, lalu menyembah Dia yang hidup selama-lamanya. Kemudian mereka melemparkan mahkota-mahkota mereka ke depan takhta itu serta berkata, (11) “Ya Tuhan, ya Allah kami! Engkau sajalah yang layak menerima pujian, hormat dan kuasa. Sebab Engkaulah pencipta segala sesuatu, dan atas kehendak-Mu juga segala sesuatu itu telah terjadi dan hidup.”

Wah.4:11 (FAYH) “Ya Tuhan, Engkau patut menerima kemuliaan dan kehormatan dan kuasa, karena Engkau telah menciptakan segala sesuatu. Semua itu diciptakan oleh-Mu dan jadi atas kehendak-Mu.”

(ERV) You are worthy to receive glory and honor and power. 

Wah.5:11 Maka aku melihat dan mendengar suara banyak malaikat sekeliling takhta, makhluk-makhluk dan tua-tua itu; jumlah mereka berlaksa-laksa dan beribu-ribu laksa, (12) katanya dengan suara nyaring: “Anak Domba yang disembelih itu layak untuk menerima kuasa, dan kekayaan, dan hikmat, dan kekuatan, dan hormat, dan kemuliaan, dan puji-pujian!”

Wah.5:13 Dan aku mendengar semua makhluk yang di sorga dan yang di bumi dan yang di bawah bumi dan yang di laut dan semua yang ada di dalamnya, berkata: “Bagi Dia yang duduk di atas takhta dan bagi Anak Domba, adalah puji-pujian dan hormat dan kemuliaan dan kuasa sampai selama-lamanya!”

(Amp.) “To Him who sits on the throne, and to the Lamb (Christ), be blessing and honor and glory and dominion forever and ever.”

YESUS layak menerima penghormatan kita dan DIMULIAKAN melalui hidup kita karena apa yang telah dilakukan-Nya yaitu menjadi domba yang disalibkan (“The Lamb”) untuk menebus kita.

Kita mengekpresikan penghormatan kita kepada Tuhan dengan MEMULIAKAN TUHAN melalui hidup kita, yaitu dengan merefleksikan sifat Tuhan dan kehendak Tuhan melalui perbuatan, perkataan dan gaya hidup kita.

Suatu peringatan:

Rom.1:21 Sebab sekalipun mereka mengenal Allah, mereka tidak memuliakan Dia sebagai Allah …

People knew God, but they did not honor him as God … (ERV)

  • Ada orang-orang yang mengenal Allah tetapi tidak memuliakan Dia sebagai Allah.
  • Ada orang-orang Kristen yang sepertinya mengenal Tuhan tetapi hidup mereka tidak menunjukkan bahwa mereka menghormati Tuhan.
  • Ada orang-orang Kristen yang sepertinya mengenal Tuhan tetapi CARA HIDUP mereka tidak memuliakan Tuhan, bahkan memalukan Tuhan (kalau kita disebut Kristen, artinya nama Tuhan disebut untuk kita.)
  • Hidup MENGHORMATI TUHAN akan membawa kita hidup dalam TAKUT AKAN TUHAN. 

Ayub.1:1 Ada seorang laki-laki di tanah Us bernama Ayub; orang itu saleh dan jujur; ia takut akan Allah dan menjauhi kejahatan. 

and that man was blameless and upright, and one who feared God and abstained from and turned away from evil [because he honored God]. (Amp.)

TAKUT AKAN TUHAN bukan membawa kita menjauh dan bersembunyi dari Tuhan; TAKUT AKAN TUHAN adalah hidup menurut jalan Tuhan, mengasihi dan melayani Dia karena karena kita telah dimerdekakan dari dosa agar dapat hidup memuliakan Tuhan.

Ula.10:12 “Maka sekarang, hai orang Israel, apakah yang dimintakan dari padamu oleh TUHAN, Allahmu, selain dari takut akan TUHAN, Allahmu, hidup menurut segala jalan yang ditunjukkan-Nya, mengasihi Dia, beribadah kepada TUHAN, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu, (13) berpegang pada perintah dan ketetapan TUHAN yang kusampaikan kepadamu pada hari ini, supaya baik keadaanmu.

MENGHORMATI TUHAN akan mengarahkan seluruh kehidupan kita UNTUK KEMULIAAN TUHAN.

1Kor.10:31 Aku menjawab: Jika engkau makan atau jika engkau minum, atau jika engkau melakukan sesuatu yang lain, lakukanlah semuanya itu untuk kemuliaan Allah.

(NLT) … whatever you do, do it all for the glory of God. 

Menghormati Tuhan selalu disertai dengan keinginan agar ketika orang melihat perbuatan kita maka TUHAN DIPERMULIAKAN [dan tidak dipermalukan.]

Mat.5:16 Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan MEMULIAKAN Bapamu yang di sorga.” 

Tubuh kita dapat dipakai untuk dosa atau dapat dipakai untuk memuliakan Tuhan, bagaimana kita menjaga dan menggunakan tubuh kita menunjukkan seberapa kita menghormati Tuhan.

1Kor.6:18 Jauhkanlah dirimu dari percabulan! Setiap dosa lain yang dilakukan manusia, terjadi di luar dirinya. Tetapi orang yang melakukan percabulan berdosa terhadap dirinya sendiri. (19) Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, –dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri?

1Kor.6:20 Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!

(ERV) So honor God with your body

Uang dan kekayaan adalah alat di tangan kita, dapat digunakan untuk kejahatan, dapat digunakan untuk memuliakan Tuhan.

Cara kita memperoleh dan cara kita mengelola uang dan kekayaan menunjukkan seberapa kita menghormati Tuhan. 

Ams.3:9 Muliakanlah TUHAN dengan hartamu 

(MSG) … Honor God with everything you own!

SEBUAH PERINGATAN UNTUK MENJAGA HATI KITA.

Mat.7: 6 Jawab-Nya kepada mereka: “Benarlah nubuat Yesaya tentang kamu, hai orang-orang munafik! Sebab ada tertulis: Bangsa ini memuliakan Aku dengan bibirnya, padahal hatinya jauh dari pada-Ku.

Orang munafik adalah orang yang apa yang dilihat orang dan apa yang ada dalam hatinya berbeda.

  • Alkitab mengatakan di mana hartamu berada, di situ hatimu berada. Harta dapat menunjukkan hati kita. Kalau bicara hati hanya anda dan Tuhan yang tahu.
  • Apakah caranya kita mencari uang dan kekayaan memuliakan Tuhan atau memalukan Tuhan. Apakah kita mau dapatkan dengan cara yang memuliakan Tuhan atau asal dapat bahkan dengan cara yang memalukan Tuhan?
  • Apakah uang kita gunakan untuk kemuliaan Tuhan atau kita kemuliaan diri sendiri.
  • Kita diperhadapkan pada pilihan apakah cara kita mencari uang & kekayaan akan MEMULIAKAN TUHAN atau mempermalukan Tuhan.

I WILL LIVE TO HONOR GOD

Menghormati Tuhan menjadi tujuan , komitmen dan ukuran keberhasilan utama hidup kita.

Yoh.17:4 Aku telah mempermuliakan Engkau di bumi dengan jalan menyelesaikan pekerjaan yang Engkau berikan kepada-Ku untuk melakukannya.

(NIV) I have brought you glory on earth by finishing the work you gave me to do.

Kekayaan itu bonus tidak layak menjadi tujuan hidup.

Kekuasaan itu titipan tidak boleh menjadi tujuan hidup. 

Popularitas itu sebuah privilege tidak seharusnya menjadi tujuan hidup.

@budihidajat88

Jika kerinduan dan komitmen utama dalam hidup kita adalah agar kita hidup MENGHORMATI dan MEMULIAKAN TUHAN, maka ukuran keberhasilan hidup kita adalah ketika kita dapat menggunakan kekayaan, kekuasaan dan popularitas UNTUK KEMULIAAN TUHAN.

Fil.1:20 Sebab yang sangat kurindukan dan kuharapkan ialah bahwa aku dalam segala hal tidak akan beroleh malu, melainkan seperti sediakala, demikianpun sekarang, Kristus dengan nyata dimuliakan di dalam tubuhku, baik oleh hidupku, maupun oleh matiku.

Hidup MENGHORMATI TUHAN dengan menyerahkan hati, pikiran, perkataan, perbuatan bahkan seluruh hidup kita UNTUK KEMULIAAN TUHAN.

(ERV) I will let God use my life to bring honor to Christ. 

Tinggalkan komentar