FEARLESS

Yos.1:1 Sesudah Musa hamba TUHAN itu mati, berfirmanlah TUHAN kepada Yosua bin Nun, abdi Musa itu, demikian: (2) “Hamba-Ku Musa telah mati; sebab itu bersiaplah sekarang, seberangilah sungai Yordan ini, engkau dan seluruh bangsa ini, menuju negeri yang akan Kuberikan kepada mereka, kepada orang Israel itu. (3) Setiap tempat yang akan diinjak oleh telapak kakimu Kuberikan kepada kamu, seperti yang telah Kujanjikan kepada Musa. (4) Dari padang gurun dan gunung Libanon yang sebelah sana itu sampai ke sungai besar, yakni sungai Efrat, seluruh tanah orang Het, sampai ke Laut Besar di sebelah matahari terbenam, semuanya itu akan menjadi daerahmu. (5) Seorangpun tidak akan dapat bertahan menghadapi engkau seumur hidupmu; seperti Aku menyertai Musa, demikianlah Aku akan menyertai engkau; Aku tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau. (6) Kuatkan dan teguhkanlah hatimu, sebab engkaulah yang akan memimpin bangsa ini memiliki negeri yang Kujanjikan dengan bersumpah kepada nenek moyang mereka untuk diberikan kepada mereka. (7) Hanya, kuatkan dan teguhkanlah hatimu dengan sungguh-sungguh, bertindaklah hati-hati sesuai dengan seluruh hukum yang telah diperintahkan kepadamu oleh hamba-Ku Musa; janganlah menyimpang ke kanan atau ke kiri, supaya engkau beruntung, ke manapun engkau pergi. (8) Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung.  (9) Bukankah telah Kuperintahkan kepadamu: kuatkan dan teguhkanlah hatimu? Janganlah kecut dan tawar hati, sebab TUHAN, Allahmu, menyertai engkau, ke manapun engkau pergi.”

 (ERV) Don’t be afraid, because the Lord your God will be with you wherever you go.”

Tuhan berkata kepada Yosua, ini musim yang baru, engkau tidak tahu apa yang terjadi, but don’t be afraid.

Kita sedang menghadapi ketidakpastian dalam ekonomi di tahun 2023, Tuhan berkata don’t be afraid. Salah satu sumber ketakutan atau kekuatiran manusia adalah KETIDAKPASTIAN, Ketika kita tidak dapat mengontrol apa yang akan terjadi di masa depan. Mungkin ada diantara kita yang mengalami hal yang sama, kekuatiran atau ketakutan karena kita tidak dapat mengontrol masa depan, bahkan kita tidak bisa tahu apa yang akan terjadi di masa depan.

Yosua tahu bahwa kalau dia menyeberangi sungai Yordan, maka dia akan menghadapi banyak peperangan. Walaupun Tuhan berjanji bahwa tanah Kanaan akan menjadi milik mereka, tetapi dia juga tahu bahwa akan terjadi banyak peperangan sebelum janji itu digenapi.

Janji Tuhan dalam Yer.29:11 Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.

Tapi sebelum janji ini digenapi kita akan menghadapi banyak peperangan dalam hidup kita. Peperangan apa yang sedang anda hadapi? Peperangan apapun yang sedang hadapi, perintah Tuhan: Don’t be afraid!

#1. HIDUP DALAM KEBENARAN

Yos.1:7 … kuatkan dan teguhkanlah hatimu dengan sungguh-sungguh, bertindaklah hati-hati sesuai dengan seluruh hukum yang telah diperintahkan kepadamu oleh hamba-Ku Musa … 

Kamu akan menghadapi banyak peperangan, orang merancangkan hal-hal yang jahat kepadamu, tetapi selama engkau hidup dalam kebenaran, tidak ada tempat bagi ketakutan dalam hidup kita.

Ams.28:1 Orang fasik lari, walaupun tidak ada yang mengejarnya, tetapi orang benar merasa aman seperti singa muda.

(BIS) Orang jahat lari tanpa ada yang mengejarnya, tapi orang jujur, berani seperti singa.

(FAYH) Orang jahat lari walaupun tidak ada yang mengejar! Tetapi orang benar berani seperti singa!

Selama kita hidup dalam kebenaran tidak ada tempat bagi ketakutan.

@budihidajat88

Yoh.8:32 kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu.”

(NLT) And you will know the truth, and the truth will set you free.”

Kalau kita tidak hidup dalam KEBENARAN, maka kita akan mudah diintimidasi oleh ketakutan.

@budihidajat88

Yos.1:7 … kuatkan dan teguhkanlah hatimu dengan sungguh-sungguh, bertindaklah hati-hati sesuai dengan seluruh hukum yang telah diperintahkan kepadamu oleh hamba-Ku Musa; janganlah menyimpang ke kanan atau ke kiri, supaya engkau beruntung, ke manapun engkau pergi.

  • Jangan coba-coba cari jalan sendiri
  • Jangan coba-coba cara-cara orang dunia

Untuk itu kita harus membangun apa yang namanya CONVICTION. Kebenaran harus menjadi sebuah conviction dalam hidup kita, yaitu keyakinan yang kuat bersumber pada nilai-nilai Alkitab, diwujudkan dengan pilihan, keputusan dan tindakan. Conviction akan menjadi sebuah pagar menjaga kita agar tetap pada jalan yang benar dan tidak mudah terpedaya atau tergoda untuk menyimpang. Conviction akan menjadi petunjuk arah agar kita tidak bingung membuat pilihan dan keputusan.

Dan.6:5 (BIS) Tetapi para gubernur dan pengawas-pengawas itu berusaha mencari kesalahan-kesalahan Daniel dalam tugas pemerintahan, namun mereka tidak berhasil, karena Daniel setia dan jujur serta tidak melakukan kelalaian atau kesalahan apa pun.

(Amp.) … because he was faithful [a man of high moral character and personal integrity] …

Hidup dalam KEBENARAN tidak selalu paling mudah dan nyaman tetapi seberapapun beratnya musim yang sedang anda jalani, tetap ada dalam jalan KEBENARAN karena di situlah kemenangan akan terjadi.

Yos.1:8 Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung. 

#2. TETAP FOKUS PADA TUJUAN

Yos.1:1 Sesudah Musa hamba TUHAN itu mati, berfirmanlah TUHAN kepada Yosua bin Nun, abdi Musa itu, demikian: (2) “Hamba-Ku Musa telah mati; sebab itu bersiaplah sekarang, seberangilah sungai Yordan ini, engkau dan seluruh bangsa ini, menuju negeri yang akan Kuberikan kepada mereka, kepada orang Israel itu. 

Musim boleh berganti, tujuan Tuhan tidak pernah berubah.

Yos.1:3 Setiap tempat yang akan diinjak oleh telapak kakimu Kuberikan kepada kamu, seperti yang telah Kujanjikan kepada Musa.

Janji Tuhan pasti digenapi, tetapi bukan berarti tidak ada peperangan. Seringkali kita tidak dapat melihat tujuan Tuhan karena kita melihatnya hanya dalam bingkai kenyamanan dan kepastian. Tujuan Tuhan selalu lebih besar dan lebih baik dari kenyamanan kita; dan selalu lebih besar dan lebih baik dari rancangan manusia (untuk masa depan kita). Tujuan dan agenda Tuhan tidak dapat dilihat dengan mata jasmani, tetapi hanya dapat kita lihat dengan iman: “Percaya dulu baru melihat, bukan melihat dulu baru percaya.”

Apapun musim yang sedang anda jalani, jangan kehilangan FOKUS, tetap arahkan hidup untuk memenuhi agenda Tuhan, karena di situlah janji Tuhan akan digenapi.

#3. MELANGKAH DENGAN IMAN  BERPEGANG  JANJI TUHAN

Yos.1:5 Seorangpun tidak akan dapat bertahan menghadapi engkau seumur hidupmu; seperti Aku menyertai Musa, demikianlah Aku akan menyertai engkau; Aku tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau.

Musim berganti, janji Tuhan tidak pernah berubah:  “seperti Aku menyertai Musa,  demikianlah Aku akan menyertai engkau”.

Bagaimana Tuhan menyertai Musa ketika Musa memimpin bangsa Israel keluar dari Mesir menuju Tanah Perjanjian? Dicatat di Kel.13 dan 14

Kel.13:18 Tetapi Allah menuntun bangsa itu berputar melalui jalan di padang gurun menuju ke Laut Teberau. Dengan siap sedia berperang berjalanlah orang Israel dari tanah Mesir.

Kel.13:21 TUHAN berjalan di depan mereka, pada siang hari dalam tiang awan untuk menuntun mereka di jalan, dan pada waktu malam dalam tiang api untuk menerangi mereka, sehingga mereka dapat berjalan siang dan malam.

Kel.14:13 Tetapi berkatalah Musa kepada bangsa itu: “Janganlah takut, berdirilah tetap dan lihatlah keselamatan dari TUHAN, yang akan diberikan-Nya hari ini kepadamu; sebab orang Mesir yang kamu lihat hari ini, tidak akan kamu lihat lagi untuk selama-lamanya. 

Kel.14:13 (FAYH) Tetapi Musa berkata kepada orang-orang itu, “Jangan takut. Berdirilah dengan tabah di tempatmu dan perhatikan, maka kamu akan melihat cara TUHAN yang ajaib untuk melepaskan kamu pada hari ini. Orang-orang Mesir yang kamu lihat itu tidak akan pernah kamu lihat lagi.

Kel.14:14 “TUHAN akan berperang untuk kamu, dan kamu akan diam saja.”

(MSG) God will fight the battle for you.

Kel.14:19 Kemudian bergeraklah Malaikat Allah, yang tadinya berjalan di depan tentara Israel, lalu berjalan di belakang mereka; dan tiang awan itu bergerak dari depan mereka, lalu berdiri di belakang mereka. (20) Demikianlah tiang itu berdiri di antara tentara orang Mesir dan tentara orang Israel; dan oleh karena awan itu menimbulkan kegelapan, maka malam itu lewat, sehingga yang satu tidak dapat mendekati yang lain, semalam-malaman itu.

Kel.14:21 Lalu Musa mengulurkan tangannya ke atas laut, dan semalam-malaman itu TUHAN menguakkan air laut dengan perantaraan angin timur yang keras, membuat laut itu menjadi tanah kering; maka terbelahlah air itu. (22) Demikianlah orang Israel berjalan dari tengah-tengah laut di tempat kering; sedang di kiri dan di kanan mereka air itu sebagai tembok bagi mereka.

 Musim berganti, janji Tuhan tidak pernah berubah:  “seperti Aku menyertai Musa,  demikianlah Aku akan menyertai engkau”.

Yos.1:9 Bukankah telah Kuperintahkan kepadamu: kuatkan dan teguhkanlah hatimu? Janganlah kecut dan tawar hati, sebab TUHAN, Allahmu, menyertai engkau, ke manapun engkau pergi.”

Musim berganti, janji Tuhan tetap untuk selamanya: “Aku tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau.”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s