GOD IS MY VICTORY

Kel.17:8-16

Kel.17:8 Lalu datanglah orang Amalek dan berperang melawan orang Israel di Rafidim. (9) Musa berkata kepada Yosua: “Pilihlah orang-orang bagi kita, lalu keluarlah berperang melawan orang Amalek, besok aku akan berdiri di puncak bukit itu dengan memegang tongkat Allah di tanganku.”

Kel.17:10 Lalu Yosua melakukan seperti yang dikatakan Musa kepadanya dan berperang melawan orang Amalek; tetapi Musa, Harun dan Hur telah naik ke puncak bukit. (11) Dan terjadilah, apabila Musa mengangkat tangannya, lebih kuatlah Israel, tetapi apabila ia menurunkan tangannya, lebih kuatlah Amalek.

Kel.17:12 Maka penatlah tangan Musa, sebab itu mereka mengambil sebuah batu, diletakkanlah di bawahnya, supaya ia duduk di atasnya; Harun dan Hur menopang kedua belah tangannya, seorang di sisi yang satu, seorang di sisi yang lain, sehingga tangannya tidak bergerak sampai matahari terbenam. (13) Demikianlah Yosua mengalahkan Amalek dan rakyatnya dengan mata pedang.

Kel.17:14 Kemudian berfirmanlah TUHAN kepada Musa: “Tuliskanlah semuanya ini dalam sebuah kitab sebagai tanda peringatan, dan ingatkanlah ke telinga Yosua, bahwa Aku akan menghapuskan sama sekali ingatan kepada Amalek dari kolong langit.”

Kel.17:15 Lalu musa mendirikan sebuah mezbah dan menamainya 

“TUHANLAH PANJI-PANJIKU!”

(NLT) Moses built an altar there and named it Yahweh-Nissi (which means “the Lord is my banner”).

#1. GOD’S WAR, MY VICTORY

(Tuhan yang berperang, kemenangan menjadi bagianku).

Kel.17:16 (BIS) Kata Musa, “Peganglah tinggi-tinggi panji TUHAN! TUHAN berperang melawan orang Amalek untuk selama-lamanya!”

Kel.17:12 Maka penatlah tangan Musa, sebab itu mereka mengambil sebuah batu, diletakkanlah di bawahnya, supaya ia duduk di atasnya; Harun dan Hur menopang kedua belah tangannya, seorang di sisi yang satu, seorang di sisi yang lain, sehingga tangannya tidak bergerak sampai matahari terbenam. (13) Demikianlah Yosua mengalahkan Amalek dan rakyatnya dengan mata pedang.

Bukan hanya peperangan kita, ini peperangan Tuhan.

Kalau Tuhan yang berperang, pasti menang, dan kalau kita ada pihak Tuhan dan Tuhan ada di pihak kita, maka anda dan saya adalah orang-orang yang lebih dari pemenang.

Mengapa sampai Tuhan mendeklarasikan perang kepada Amalek?

1Sam.15:2 Beginilah firman TUHAN semesta alam: “Aku akan membalas apa yang dilakukan orang Amalek kepada orang Israel, karena orang Amalek menghalang-halangi mereka, ketika orang Israel pergi dari Mesir.”

  • Orang Amalek berusaha menghalangi orang Isreal keluar dari Mesir untuk menuju tanah Perjanjian.
  • Amalek berusaha menggagalkan rencana Tuhan.

Cara membaca PL

  • Kita menarik pelajaran atau pemahaman dari kisah dan lambang / simbol dari apa yang akan terjadi di PB.
  • Melakukan interpretasi (paling baik dari FT sendiri).

Amalek adalah lambang dari kuasa kegelapan yang berusaha menghalangi rencana Tuhan terjadi dalam hidup kita.

Amalek adalah lambang dari kuasa kegelapan yang berusaha menghalangi kita untuk mengalami DESTINY yang Tuhan sudah sediakan buat kita.

Yer.29:11 Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan. 

Yoh.10:10 Pencuri datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan; Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan.

(TPT)  I have come to give you everything in abundance,more than you expectlife in its fullness until you overflow!

GREATER DESTINY: Bukan saja mengalami keselamatan dan hidup yang kekal, tetapi Tuhan juga menginginkan untuk kita mengalami kemenangan dan juga kehidupan yang baik selama hidup kita di muka bumi ini: 

  • Kemenangan terhadap dosa dan keduniawian, 
  • Hidup merdeka dari ikatan apapun, hidup bebas dari intimidasi, 
  • Kehidupan dalam damai dan sejahtera, 
  • Membangun rumah tangga dan keluarga yang memuliakan Tuhan, 
  • Hidup yang produktif dan berbuah dan menikmati hasil dari pekerjaan kita.

GREATER DESTINY: Sebuah rencana yang lebih besar dan lebih baik dari apa yang kita bisa rencanakan.

Amalek melambangkan hal-hal yang menghalangi kita mengalami DESTINY yang Tuhan sudah sediakan.

Siapakah Amalek?

Amalek adalah keturunan Esau:

  • Lambang dari kedagingan atau hawa nafsu
  • (Ref. Kej 36:12).
  • Esau adalah anak dari Ishak, saudara kembar dari Yakub; jadi Esau adalah cucu dari Abraham
  • Tapi Esau ini menukar hak kesulungannya dengan sup kacang merah. 
  • Esau melambangkan orang-orang yang hidup dikuasai hawa nafsu dan kedagingan.
  • Amalek adalah cucu dari Esau, dan menurunkan Bangsa Amalek.
  • Amalek sangat berbahaya, karena sebelum ditumpas, dari waktu ke waktu mereka datang dan membawa bencana bagi bangsa Israel.
  • Dari generasi demi generasi Amalek selalu muncul lagi dan menyerang Bangsa Israel. 
  • Bisa dikatakan bahwa Amalek ini musuh bebuyutannya Bangsa Israel dan selalu ingin memusnahkan Israel.

Hak.6:3 Setiap kali orang Israel selesai menabur, datanglah orang Midian, orang Amalek dan orang-orang dari sebelah timur, lalu maju mendatangi mereka; (4) berkemahlah orang-orang itu di daerah mereka, dan memusnahkan hasil tanah itu sampai ke dekat Gaza, dan tidak meninggalkan bahan makanan apapun di Israel, juga domba, atau lembu atau keledaipun tidak.

Hak.6:5 Sebab orang-orang itu datang maju dengan ternaknya dan kemahnya, dan datangnya itu berbanyak-banyak seperti belalang. Orang-orangnya dan unta-untanya tidak terhitung banyaknya, sekaliannya datang ke negeri itu untuk memusnahkannya, (6) sehingga orang Israel menjadi sangat melarat oleh perbuatan orang Midian itu. Lalu berserulah orang Israel kepada TUHAN. 

Amalek sangat licik karena menyerang saat-saat bangsa Israel sedang tidak bersiap berperang melawan mereka. 

1Sa.30:1 Ketika Daud serta orang-orangnya sampai ke Ziklag pada hari yang ketiga, orang Amalek telah menyerbu Tanah Negeb dan Ziklag; Ziklag telah dikalahkan oleh mereka dan dibakar habis. (2) Perempuan-perempuan dan semua orang yang ada di sana, tua dan muda, telah ditawan mereka, dengan tidak membunuh seorangpun; mereka menggiring sekaliannya, kemudian meneruskan perjalanannya.

1Sa.30:3 Ketika Daud dan orang-orangnya sampai ke kota itu, tampaklah kota itu terbakar habis, dan isteri mereka serta anak mereka yang laki-laki dan perempuan telah ditawan. (4) Lalu menangislah Daud dan rakyat yang bersama-sama dengan dia itu dengan nyaring, sampai mereka tidak kuat lagi menangis.

Amalek sangat licik karena menyerang orang Israel ketika Daud dan pasukannya sedang berperang melawan orang Filistin, dan menahan wanita, anak-anak dan orang tua yang lemah.

Setiap kali Amalek datang membawa malapetaka bagi orang Israel.

Mengapa Amalek berperang dengan Israel? 

Karena Amalek ingin menggagalkan rencana Tuhan, dengan membinasakan bangsa Israel, karena mereka tahu bahwa Kristus akan lahir dari keturunan Israel.

Est.3:12 Maka dalam bulan yang pertama pada hari yang ketiga belas dipanggillah para panitera raja, lalu, sesuai dengan segala yang diperintahkan Haman (seorang Amalek), ditulislah surat kepada wakil-wakil raja, kepada setiap bupati yang menguasai daerah dan kepada setiap pembesar bangsa, yakni kepada tiap-tiap daerah menurut tulisannya dan kepada tiap-tiap bangsa menurut bahasanya; surat itu ditulis atas nama raja Ahasyweros dan dimeterai dengan cincin meterai raja.

Est.3:13 Surat-surat itu dikirimkan dengan perantaraan pesuruh-pesuruh cepat ke segala daerah kerajaan, supaya dipunahkan, dibunuh dan dibinasakan semua orang Yahudi dari pada yang muda sampai kepada yang tua, bahkan anak-anak dan perempuan-perempuan, pada satu hari juga, pada tanggal tiga belas bulan yang kedua belas — yakni bulan Adar — , dan supaya dirampas harta milik mereka.

Secara fisik Orang Amalek berperang melawan Bangsa Israel, tetapi sebenarnya Tuhanlah yang mereka perangi. 

Maka Tuhan mendeklarasikan perang melawan orang Amalek.

Amalek melambangkan apa?

Amalek melambangkan hal-hal yang terus menerus menghalangi kita mengalami DESTINY yang Tuhan sudah sediakan, yang seringkali membuat kita “jatuh” ketika kita lemah atau ketika kita lengah.

  • Setan tahu dia tidak bisa membatalkan keselamatan yang kita terima di dalam Yesus, dia berusaha dengan segala cara untuk mengacaukan kehidupan kita: 
  • Membuat kebingungan tentang identitas kita, 
  • Membuat kita hidup dalam intimidasi dan ketakutan, 
  • Kebiasaan-kebiasaan buruk yang mengikat kita.
  • Membuat kita merasa tidak berdaya sehingga jatuh dalam dosa dan kedagingan.

GOD’S WAR, MY VICTORY

  • Puji Tuhan kita tidak berperang sendiri.
  • Ini peperangannya Tuhan
  • Karena itu kemenangan kita sudah dijamin

Kel.17:16 (BIS) Kata Musa, “Peganglah tinggi-tinggi panji TUHAN! TUHAN berperang melawan orang Amalek untuk selama-lamanya!”

#2. GOD’S VICTORY, MY BATTLE

(Kemenangan Tuhan, peperanganku)

Kel.17:14 Kemudian berfirmanlah TUHAN kepada Musa: “Tuliskanlah semuanya ini dalam sebuah kitab sebagai tanda peringatan, dan ingatkanlah ke telinga Yosua, bahwa Aku akan menghapuskan sama sekali ingatan kepada Amalek dari kolong langit.”

(ERV) I will completely destroy the Amalekites from the earth.”

Kol.2:13 Kamu juga, meskipun dahulu mati oleh pelanggaranmu dan oleh karena tidak disunat secara lahiriah, telah dihidupkan Allah bersama-sama dengan Dia, sesudah Ia mengampuni segala pelanggaran kita, dengan menghapuskan surat hutang, yang oleh ketentuan-ketentuan hukum mendakwa dan mengancam kita. Dan itu ditiadakan-Nya dengan memakukannya pada kayu salib: (15) Ia telah melucuti pemerintah-pemerintah dan penguasa-penguasa dan menjadikan mereka tontonan umum dalam kemenangan-Nya atas mereka.

1Kor.15:57 Tetapi syukur kepada Allah, yang telah memberikan kepada kita kemenangan oleh Yesus Kristus, Tuhan kita.

Ketika Yesus mati di Salib dan berkata ”It is finished” janji ini sudah digenapi

Secara rohani kita sudah menang bersama Yesus, tetapi kita masih hidup dalam daging, karena itu kita harus tetap “berperang” melawan “roh amalek” 

Kel.17:9 Musa berkata kepada Yosua: “Pilihlah orang-orang bagi kita, lalu keluarlah berperang melawan orang Amalek… 

“go out and fight …”

Amalek = dweller in a valley

  • Hal-hal yang tersembunyi
  • Hal-hal yang dipermukaan tidak nampak
  • Tetapi dari waktu ke waktu membuat kita jatuh dan gagal.
  • Apakah ada “roh amalek” yang dari waktu ke waktu membuat anda “jatuh” dan “gagal”?
  • Bisa nafsu,/kedagingan, keinginan-keinginan dosa
  • godaan Harta, Tahta , Wanita
  • Ikatan-ikatan narkoba, judi, hutang, pornography yang sebenarnya anda sendiri mau memutuskan tapi selalu datang lagi; dan anda jatuh lagi.
  • Hal-hal tertentu yang kalau datang dalam hidupmu (atau hal-hal tertentu orang sebut) anda langsung meledak atau kehilangan penguasaan diri
  • Perlu keterbukaan, perlu kerendahan hati, perlu kejujuran, perlu keberanian untuk kita mengidentifikasi kelemahan sebagai “amalek” yang harus dikalahkan.
  • Dalam hidup setiap kita menghadapi battle yang berbeda.
  • Tetapi karena Tuhan sudah menang, itu memberikan kekuatan dan jaminan untuk kita pun dapat mengalahkan setiap godaan.

Tetapi kelemahan kita dapat menjadi tempat kita mengalami kemenangan dalam Tuhan.

  • Menarik bahwa orang-orang Israel dibawah pimpinan Yosua yang berperang melawan orang Amalek bukan tentara yang terlatih, melainkan bekas budak. 
  • Sementara Amalek adalah tentara yang terlatih. Di atas kertas, pasti Israel kalah dan Amalek menang. 
  • Tetapi di bawah panji-panji Kristus, mereka mengalahkan Amalek.

2Kor.12:9 Tetapi jawab Tuhan kepadaku: “Cukuplah kasih karunia-Ku bagimu, sebab justru dalam kelemahanlah kuasa-Ku menjadi sempurna.” Sebab itu terlebih suka aku bermegah atas kelemahanku, supaya kuasa Kristus turun menaungi aku.

(TPT) But he answered me, “My grace is always more than enough for you,and My power finds its full expression through your weakness.”

2Kor.12:10 (NLT) For when I am weak, then I am strong.

Jangan lengah, tetap berjaga.

Amalek sangat licik dan menungga saat orang Israel lemah dan tidak berjaga.

1Pet.5:8 Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya.

Mat.26:41 Berjaga-jagalah dan berdoalah, supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan: roh memang penurut, tetapi daging lemah.”

Kel.17:12 Maka penatlah tangan Musa, sebab itu mereka mengambil sebuah batu, diletakkanlah di bawahnya, supaya ia duduk di atasnya; Harun dan Hur menopang kedua belah tangannya, seorang di sisi yang satu, seorang di sisi yang lain, sehingga tangannya tidak bergerak sampai matahari terbenam. (13) Demikianlah Yosua mengalahkan Amalek dan rakyatnya dengan mata pedang.

  • Jangan berperang sendiri.
  • Setiap orang perlu “Harun dan Hur” dalam hidupnya.
  • Setiap kita perlu punya persahabatan yang benar.
  • iCare.

#3. GOD’S BANNER, MY VICTORY

(Panji-panji Kristus, kemenangku).

Kel.17:15 Lalu musa mendirikan sebuah mezbah dan menamainya 

“TUHANLAH PANJI-PANJIKU!”

  • Panji-panji melambangkan:
  • Kita di pihak siapa dan siapa di pihak kita (“Kalau Allah di pihak kita, siapa lawan kita?”)
  • Identitas kita.
  • Siapa pemimpin kita.

Yuk kibarkan panji Kristus dalam hidup kita: kibarkan tinggi-tinggi, jadikan identitas kita, menjadi sumber kekuatan dan inspirasi dalam kita menghadapi “amalek-amalek” dalam hidup kita.

Supaya kalau si “amalek” datang, gantian dia yang terintimidasi karena melihat panji Tuhan yang mengingatkan dia akan karya Kristus di salib.

Ula.25:19 Maka apabila TUHAN, Allahmu, sudah mengaruniakan keamanan kepadamu dari pada segala musuhmu di sekeliling, di negeri yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu untuk dimiliki sebagai milik pusaka, maka haruslah engkau menghapuskan ingatan kepada Amalek dari kolong langit. Janganlah lupa!”

Ketika Amalek datang, jangan malah lari, jangan bersembunyi, KIBARKAN PANJI-PANJI KRISTUS DALAM HIDUP MU… 

Kalimat “menghapuskan ingatan kepada Amalek dari kolong langit” = sebelumnya ada hal-hal yang kalau datang / melintas dalam pikiran kita menjadi godaan yang membuat peperangan sangat besar dalam hidup kita; sekarang pikiran itu dating lagi dan dengan mudah kita mengalahkannya.

Tuhan mau anda hidup dalam DESTINY yang Tuhan sudah sediakan.

  • He wants you to experience victory here on earth. freedom.
  • Tidak ada lagi alas an kita kalah dalam peperangan ini:
  • Bisa nafsu,/kedagingan, keinginan-keinginan dosa
  • godaan Harta, Tahta , Wanita
  • Ikatan-ikatan narkoba, judi, hutang, pornography yang sebenarnya anda sendiri mau memutuskan tapi selalu datang lagi; dan anda jatuh lagi.
  • Hal-hal tertentu yang kalau datang dalam hidupmu (atau hal-hal tertentu orang sebut) anda langsung meledak atau kehilangan penguasaan diri

Tuhan mau anda hidup dalam DESTINY yang Tuhan sudah sediakan.

Tuhan mau kita hidup dalam complete freedom.

Mengalami semua yang Tuhan sudah sediakan dan Tuhan mau kita miliki dan alami dalam hidup kita: kehidupan dalam damai dan sejahtera, membangun rumah tangga dan keluarga yang memuliakan Tuhan, punya hubungan-hubungan yang baik dengan orang-orang, hidup merdeka dari ikatan apapun (pronografi, narkoba, judi, hutang), hidup bebas dari intimidasi dan ketakutan, menikmati tuaian dari hasil pekerjaan kita.

Kibarkan panji-panji Kristus dalam hidupmu

  • Identitas kita.
  • Menyatakan bahwa Yesus pemimpin kita: kita adalah follower-Nya.
  • Kita ada di pihak Tuhan dan Tuhan di pihak kita: “Kalau Allah di pihak kita, siapa lawan kita?”

Next time kalau si “amalek”datang, gantian dia yang terintimidasi karena melihat panji Kristus dalam hidupmu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s