CHURCH HOME

Maz.92:13-14 Orang benar akan bertunas seperti pohon korma, akan tumbuh subur seperti pohon aras di Libanon;  mereka yang DITANAM DI BAIT TUHAN akan BERTUNAS di pelataran Allah kita.

Ketika mendengar kata “Gereja” apa yang pertama kali keluar dari pikiran atau perasaan anda? Penilaian kita akan menentukan cara memperlakukannya. Persepsi kita tentang gereja akan menentukan seberapa dalam hubungan kita dengan Gereja. Dan akhirnya akan menentukan seberapa besar manfaat untuk kehidupan dan keluarga kita.

Dunia mendefinikan kesuksesan dengan kekayaan dan kekuasaan. Kedagingan kita menginginkan kenikmatan dan kenyamanan. TUHAN mendefinisikan kesuksesan dengan pertumbuhan dan keberbuahan.

Tertanam dan berakar menyatakan hubungan yang lebih dalam dan berharga daripada keanggotaan dan kehadiran.

MENGAPA KITA PERLU TERTANAM DI GEREJA LOKAL?

Mat.16:17 Kata Yesus kepadanya: ”Berbahagialah engkau Simon bin Yunus sebab bukan manusia yang MENYATAKAN itu kepadamu, melainkan Bapa-Ku yang disorga.  Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan diatas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya.

Jangan hidup berdasarkan opini, tetapi berdasarkan pewahyuan. Opini membawa kita kepada kebingungan dan kebimbangan, pewahyuan membawa kita hidup dalam kebenaran. Ada beberapa gambaran gereja yang diwahyukan di Alkitab, dan semua menyatakan bahwa kita perlu tertanam dalam gereja lokal.

GEREJA ADALAH KELUARGA ALLAH

Efe.2:19 Demikianlah kamu bukan lagi orang asing dan pendatang, melainkan kawan sewarga dari orang-orang kudus dan anggota-anggota keluarga Allah .

..(ERV)…You belong to God’s family.

TUHAN tidak pernah merancang gereja menjadi suatu tempat yang orang percaya kunjungi atau sebuah pertunjukan, melainkan menjadi sebuah KELUARGA. @budihidajat88

GEREJA ADALAH TUBUH KRISTUS

1Kor.12:27 Kamu semua adalah tubuh Kristus dan kamu masing-masing adalah anggotanya.

Rom.12:4 Sebab sama seperti pada satu tubuh kita mempunyai banyak anggota, tetapi tidak semua anggota itu mempunyai tugas yang sama, demikian juga kita, walaupun banyak, adalah satu tubuh didalam Kristus; tetapi kita masing-masing adalah anggota yang seorang terhadap yang lain.

Sehebat apapun sebuah anggota tubuh tidak akan pernah berfungsi kalau tidak menjadi satu dengan anggota-aggota tubuh yang lain. Ketika anggota-anggota tubuh ada dalam satu tubuh dan berfungsi, maka tubuh akan sehat

1Kor.12:6 Demikianlah kita mempunyai karunia yang berlain-lainan menurut kasih karunia yang dianugerahkan kepada kita:  Jika karunia itu adalah untuk bernubuat baiklah kita melakukannya sesuai dengan iman kita.

Karunia roh tidak dirancang untuk keuntungan pribadi, melainkan untuk melayani satu dengan yang lain. Hanya digereja lokal, kita dapat melayani dengan mempraktekkan karunia roh masing-masing dan saling membangun satu dengan yang lain.

BAGAIMANA KITA TERTANAM DIGEREJA LOKAL?

#1. MEMBERIKAN DIRI DIGEMBALAKAN.

Ibr.13:17 Taatilah pemimpin-pemimpinmu dan tunduklah kepada mereka, sebab mereka berjaga-jaga atas jiwamu, sebagai orang-orang  yang harus bertanggung jawab atasnya. Dengan jalan itu mereka akan melakukannya dengan gembira, bukan dengan keluh kesah, sebab hal itu tidak akan membawa keuntungan bagimu.

Prinsip penting dalam kehidupan: kita harus memiliki seseorang yang kita percaya dan kita memberikan otoritas kepadanya untuk berbicara dalam kehidupan kita.

#2. MEMILIKI KOMUNITAS DI GEREJA LOKAL

Kis.2:46-47 (TSI) Mereka sepakat untuk berkumpul setiap hari di teras rumah Allah. Dengan penuh sukacita dan rasa syukur, mereka sering bergantian saling mengundang untuk makan bersama dirumah masing-masing, dan di situ mereka juga merayakan Perjamuan Kudus. Mereka  terus memuji-muji Allah dan disenangi oleh semua orang. Setiap hari, TUHAN menambahkan orang-orang yang baru diselamatkan kepada kelompok orang percaya itu

Kita dapat memiliki banyak pertemanan, tetapi komunitas digereja lokal harus menjadi komunitas utama untuk kita dan keluarga kita. Ekspresi terbaik gereja sebagai Keluarga Allah adalah iCare, di mana kita bisa mengalami hubungan yang authentic, deep dan meaningful.

KOMUNITAS anda menentukan KUALITAS hidup anda. Hidup dalam komunitas memberikan kekuatan dan kestabilan dalam hidup kita. #togetherstronger

HABIT (kebiasaan) yang baik bertumbuh dalam HABITAT yang baik. @budihidajat88

#3. MEMBANGUN KEHIDUPAN BERDASARKAN NILAI-NILAI YANG DIAJARKAN DIGEREJA LOKAL.

Maz.92:13-15 Orang benar akan bertunas seperti pohon korma,akan tumbuh subur seperti pohon aras di Libanon; mereka yang DITANAM DI BAIT TUHAN akan BERTUNAS dipelataran Allah kita. Pada masa tua pun mereka masih berbuah, menjadi gemuk dan segar..

Semua keputusan dan tindakan kita didasarkan pada nilai-nilai  dihidup kita. Tindakan yang dilakukan terus-menerus menjadi kebiasaan. Tindakan yang dilakukan bersama-sama menjadi sebuah budaya. 

Setiap orang Kristen harus menemukan sebuah gereja lokal dimana dia dapat merasa bahwa gereja adalah bagian penting hidupnya dan dia menjadi bagian penting dari gereja. @budihidjat88

BAHAN DISKUSI

  1. Apa dibenak anda ketika mendengar “tertanam di dalam gereja lokal”? Mengapa kita harus tertanam di gereja lokal?
  2. Bagaimana kita dapat menemukan sebuah gereja lokal yang membuat kita dapat bertumbuh dan bertunas didalamnya?
  3. Bagaimana menemukan komunitas yang sesuai dengan kebutuhan kita bila sudah tertanam di gereja lokal?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s