CHOSEN FOR A GREATER DESTINY

VISION SUNDAY 2021

GREATER DESTINY adalah sebuah undangan untuk kita – secara pribadi maupun sebagai GEREJA — hidup dengan kesadaran bahwa Tuhan memiliki panggilan dan tujuan hidup yang mulia untuk setiap kita.

1Pet.2:9 Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib.

Hari ini kita akan belajar isi hati TUHAN untuk GEREJA, sehingga kita akan dapat mengerti betapa GEREJA sangat DICINTAI Tuhan, dan betapa mulia DESTINY yang Tuhan sediakan buat GEREJA-NYA.

1Pet.2:9 … kamulah bangsa yang terpilih … | But you are His chosen people … (ERV)

Berbicara tentang IDENTITAS yang Tuhan berikan, bagaimana Tuhan melihat kita, bahkan menyatakan DESTINY yang Tuhan sediakan untuk GEREJA-NYA.

#1. KITA DIPILIH UNTUK MENJADI MILIKNYA (CHOSEN TO BE HIS PEOPLE)

1Pet.2:9 Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri …

Dalam 1Pet.2:9 ini Petrus berbicara tentang GEREJA sebagai “bangsa yang terpilih.”  Konsep “bangsa yang terpilih” adalah salah satu benang merah di Alkitab: Tuhan selalu memilih suatu bangsa, untuk menjadi alat Tuhan memberkati bangsa-bangsa lain (dipilih untuk diberkati, supaya menjadi berkat). Di PL, Tuhan memilih bangsa Israel – bukan karena kehebatan mereka, tetapi karena Tuhan yang memilih – untuk menjadi alat Tuhan menyatakan keselamatan yang dari Tuhan kepada bangsa-bangsa lain.

Kel.19:5 Jadi sekarang, jika kamu sungguh-sungguh mendengarkan firman-Ku dan berpegang pada perjanjian-Ku, maka kamu akan menjadi harta kesayangan-Ku sendiri dari antara segala bangsa, sebab Akulah yang empunya seluruh bumi. (6) Kamu akan menjadi bagi-Ku kerajaan imam dan bangsa yang kudus. 

Ula.7:6 Sebab engkaulah umat yang kudus bagi TUHAN, Allahmu; engkaulah yang DIPILIH oleh TUHAN, Allahmu, dari segala bangsa di atas muka bumi untuk menjadi umat kesayangan-Nya.

Di Perjanjian Baru, GEREJA lah yang menjadi “bangsa terpiih” untuk menjadi MENJADI MILIKNYA.

1Pet.2:9 Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri …

SIAPAKAH GEREJA YANG MENJADI BANGSA YANG TERPILIH DI PERJANJIAN BARU?

1Pet.2:4 … datanglah kepada-Nya, batu yang hidup itu, yang memang dibuang oleh manusia, tetapi yang dipilih dan dihormat di hadirat Allah.  | The Lord Jesus is the living stone. (ERV)

He was rejected by people, but He was chosen by God for great honor. (NLT)

1Pet.2:5 Dan biarlah kamu juga dipergunakan sebagai batu hidup untuk pembangunan suatu rumah rohani, bagi suatu imamat kudus, untuk mempersembahkan persembahan rohani yang karena Yesus Kristus berkenan kepada Allah. | And you are living stones that God is building into his spiritual temple… (NLT)

GEREJA adalah imamat kudus yang didirikan dengan YESUS sebagai THE LIVING STONE (batu penjuru) oleh karena pengorbanan-Nya di Salib, sehingga kita yang percaya dan mendapat hidup baru menjadi BATU –BATU HIDUP (living stones), menjadi bagian dari sebuah RUMAH ROHANI yang disebut GEREJA.

1Pet.2:6 “Sesungguhnya, Aku meletakkan di Sion sebuah batu yang terpilih, sebuah batu penjuru yang mahal, dan siapa yang percaya kepada-Nya, tidak akan dipermalukan.”

GEREJA adalah imamat kudus yang didirikan dengan YESUS sebagai THE LIVING STONE (batu penjuru –  CORNERSTONE) oleh karena pengorbanan-Nya di Salib, sehingga kita yang percaya dan mendapat hidup baru menjadi the BATU –BATU HIDUP (living stones), menjadi bagian dari sebuah RUMAH ROHANI yang disebut GEREJA.

JESUS IS THE CORNERSTONE, WE ARE THE LIVING STONES

1Pet.1:3 Terpujilah Allah dan Bapa Tuhan kita Yesus Kristus, yang karena rahmat-Nya yang besar telah melahirkan kita kembali oleh kebangkitan Yesus Kristus dari antara orang mati, kepada suatu hidup yang penuh pengharapan, (4) untuk menerima suatu bagian yang tidak dapat binasa, yang tidak dapat cemar dan yang tidak dapat layu, yang tersimpan di sorga bagi kamu.

1Pet.2:9-10 … yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib. (2) kamu, yang dahulu bukan umat Allah, tetapi yang sekarang telah menjadi umat-Nya, yang dahulu tidak dikasihani tetapi yang sekarang telah beroleh belas kasihan.

GREATER DESTINY mengundang kita untuk hidup SETIAP HARI dalam KESADARAN bahwa kita DIPILIH oleh Tuhan – menerima ANUGRAH – untuk menjadi MILIK-NYA, menjadi obyek CINTA-NYA dan untuk menerima penggenapan JANJI-JANJI-NYA.

TERPILIH = eklektos = bisa berarti DIPILIH atau DIISTIMEWAKAN

Karena itu DIPILIH menjadi BANGSA PILIHAN – HARTA KESAYANGAN adalah sebuah ANUGERAH

#2. KITA DIPILIH MENJADI UMAT YANG KUDUS (CHOSEN TO BE HOLY PEOPLE)

1Pet.2:9 Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus … | “… kalian adalah bangsa yang terpilih … bangsa yang kudus, khusus untuk Allah …” (BIMK)

Hagios = holy, kudus

Dalam PL mis. di Kel.19:6 “Kamu akan menjadi bagi-Ku kerajaan imam dan bangsa yang kudus”, digunakan kata qadoshset apart = DIPISAHKAN /  DIKHUSUSKAN /  DIBEDAKAN

“BANGSA YANG KUDUS” menyatakan IDENTITAS kita: umat yang DIPISAHKAN dari dunia, DIKHUSUSKAN untuk Tuhan (tidak ada kompromi – tidak menurunkan standar), memiliki cara hidup yang BERBEDA (mudah dibedakan)

Rom.12:1 Karena itu, saudara-saudara, demi kemurahan Allah aku menasihatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah: itu adalah ibadahmu yang sejati. (2) Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.

Rom.12:1 Berdasarkan semua yang sudah saya katakan sebelumnya tentang berbagai cara Allah berbaik hati kepada kita, maka sudah sepantasnyalah kita membalas kebaikan hati-Nya! Janganlah kita mengikuti lagi cara hidup yang tidak baik yang sudah menjadi kebiasaan orang-orang duniawi. Tetapi hendaklah setiap kita mengambil keputusan seperti ini, “Ya TUHAN, aku mempersembahkan tubuhku sebagai kurban bagi-Mu!”— walaupun sebenarnya kita masih hidup …  (TSI)

DIKUDUSKAN juga berarti DILAYAKKAN

Rom.12:2 Keputusan yang seperti itu merupakan persembahan yang suci dan menyenangkan hati TUHAN. Lalu Dia akan memperbarui pikiran kita, sehingga kita bisa mengetahui apa yang menjadi kehendak-Nya bagi kita dan apa yang terbaik dalam setiap keadaan. Maksud saya, kita dimampukan mengerti dan memilih apa yang baik dan yang paling tepat bagi kita, serta apa yang menyenangkan hati TUHAN. (TSI)

MENJADI UMAT YANG KUDUS ADALAH IDENTITAS SEKALIGUS DESTINY TUHAN UNTUK GEREJA-NYA: DIPISAHKAN DARI DUNIA, DIKHUSUSKAN UNTUK TUHAN, SEKALIGUS DILAYAKKAN MENJADI PERSEMBAHAN YANG BERKENAN KEPADA-NYA.

#3. KITA DIPILIH UNTUK MENJADI ALAT TUHAN (CHOSEN FOR A PRIESTLY MINISTRY)

1Pet.2:9 Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib. 

1Pet.2:9 “[chosen to be ] God’s instruments to do his work and speak out for him …” (MSG)

“[Dipilih untuk menjadi] alat Tuhan untuk melakukan pekerjaannya dan berbicara untuknya …”

Yes.43:20-21 Binatang hutan akan memuliakan Aku, serigala dan burung unta, sebab Aku telah membuat air memancar di padang gurun dan sungai-sungai di padang belantara, untuk memberi minum umat pilihan-Ku; (21) umat yang telah Kubentuk bagi-Ku akan memberitakan kemasyhuran-Ku.”

KETIKA TUHAN MEMILIH SUATU BANGSA ATAU UMAT, PLIHAN ITU TIDAK PERNAH BERHENTI HANYA UNTUK MEREKA SAJA, TUHAN MAU BANGSA PILIHANNYA INI MENJADI ALATNYA UNTUK menjadi berkat bagi bangsa-bangsa, YAITU MENYATAKAN KESELAMATAN DALAM TUHAN YESUS.

KITA DIPILIH MENJADI UMATNYA dan MENJADI HARTA KESAYANGANNYA, dan DIPILIH MENJADI UMAT YANG DIKHUSUSKAN BAGI DIA, ini adalah sebuah ANUGRAH dan KEHORMATAN; maka kalau kita DIPILIH MENJADI ALAT TUHAN untuk menyatakan SIAPA DIA dan KEBESARAN TUHAN (apa yang Tuhan sudah lakukan untuk kita sehingga kita menjadi UMAT PILIHAN, HARTA KESAYANGAN dan UMAT YANG KUDUS), adalah sebuah ANUGRAH dan KEHORMATAN.

INI YANG DISEBUT A GREATER DESTINY: DIPILIH, DIKUDUSKAN, DIPAKAI JADI BERKAT.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s