LEADERSHIP starts with leading yourself

Ps Jeffrey Rachmat

Leadership terdiri dari :

  • Leading Down : team leadership
  • Leading Lateral : your peers
  • Leading Up: influencing your superiors
  • Leading Self : most difficult

Leadership harus dimulai dari LEADING SELF. Tanpa memimpin diri sendiri, maka kita akan memimpin team di bawah kita dengan menggunakan manipulasi dan intimidasi, yaitu meminta orang lain berubah, tetapi dirinya sendiri tidak memberikan contoh perubahan. Sedangkan kalau seorang pemimpin dapat memimpin dirinya sendiri terlebih dahulu, dan memberikan contoh PERUBAHAN, maka itu akan menjadi sebuah INSPIRASI.

Karena itu, untuk Leading Down diperlukan LEADING SELF lebih dahulu. Untuk Leading your peers (lateral) maka dibutuhkan utuk kita dapat leading self, dan berhasil leading team kita sendiri. Untuk dapat Leading Up, maka kita harus berhasil dulu untuk leading self, leading your team dan leading your peers.

Seorang pemimpin akan salah kaprah kalau sibuk mengubah orang lain, tetapi tidak sibuk merubah dirinya sendiri.

Tit.2:6 Demikian juga orang-orang muda; nasihatilah mereka supaya mereka menguasai diri dalam segala hal (7) dan jadikanlah dirimu sendiri suatu teladan dalam berbuat baik. Hendaklah engkau jujur dan bersungguh-sungguh dalam pengajaranmu, (8) sehat dan tidak bercela dalam pemberitaanmu sehingga lawan menjadi malu, karena tidak ada hal-hal buruk yang dapat mereka sebarkan tentang kita.

Yud.1:20 Akan tetapi kamu, saudara-saudaraku yang kekasih, bangunlah dirimu sendiri di atas dasar imanmu yang paling suci dan berdoalah dalam Roh Kudus.

Leading Self dimulai dengan memiliki identitas diri yang baik. Orang yang mengenal dirinya dengan baik — kekuatan dan kelemahan, batas-batas panggilannya — akan memiliki rasa aman. Dia tidak berfokus pada persaingan dengan orang lain, tetapi pada menyelesaikan panggilannya sendiri.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s