HIDUP DENGAN STANDAR YANG TINGGI

PS JEFFREY RACHMAT

Ams.23:7 Sebab seperti orang yang membuat perhitungan dalam dirinya sendiri demikianlah ia. | For as he thinks within himself, so is he. (TPT)

KUALITAS HIDUPMU ditentukan oleh CARA BERPIKIRMU.

Kalau anda tidak suka cara hidupmu, anda harus mengubah cara berpikirmu.

Rom.12:2 Stop imitating the ideals and opinions of the culture around you, but be inwardly transformed by the Holy Spirit through a total reformation of how you think. This will empower you to discern God’s will as you live a beautiful life, satisfying and perfect in his eyes. (TPT)

The value you hold guard the way you think.

Apa itu value (nilai)? Sesuatu yang anda perjuangkan:

  • Suatu harga yang anda rela bayar
  • Menentukan keputusan2 anda
  • Menentukan pioritas anda
  • Menentukan tindakan anda
  • Menetukan siapa yang mendekat dan siapa yang menjauh dari anda.

Contoh: saya menaruh nilang tinggi pada pernikahan / keluarga, maka akan menjadi prioritas.

Nilai yang Tuhan berikan kepada kita berbeda dengan cara kita menilai diri sendiri. Dalam 1Kor.16:20 “Kamu telah ditebus dengan darah yang mahal yaitu darah Yesus.” Tuhan membayar lunas (tidak cicilan) dengan nilai yang tinggi untuk membeli kita. Mengapa? karena Tuhan menaruh nilai yang tinggi untuk anda, sehingga Ia membeli anda dengan harga yang tinggi. Seringkali kita sendiri tidak menaruh nilai yang tinggi kepada diri kita sendiri, karena dosa membuat kita menurunkan nilai diri kita sendiri. Alkitab mengatakan kita ditebus dari cara hidup yang sia-sia. Kehidupan yang sia-sia adalah kehidupan yang tidak punya tujuan dan tidak berbuah.

Karena itu Tuhan mengijinkan kita untuk ditampi (Luk.22:31-32) supaya nilai kita naik. Ditampi artinya dibersihkan dari dosa. 2Kor.3:17-18 mengatakan bahwa proses ini akan kita alami terus-menerus, sehingga kita semakin mencerminkan kemuliaan Tuhan.

Nilai menjaga cara kita berpikir, tujuan menjaga aktivitas kita

Hiduplah sesuai dengan nilai yang sudah Tuhan bayarkan untuk anda.

Identitas anda ditentukan oleh bagaimana anda menilai dirimu sendiri. Identitasmu bukan saja menentukan cara hidupmu, tetapi juga menetukan bagaimana orang lain memperlakukan anda.

Identitas anda (sebagaimana anda melihat / menilai dirimu sendiri) sangat penting, karena:

  • Menentukan cara berpikirmu
  • Menentukan prioritas hidupmu
  • Menentukan keputusan-keputusan hidupmu
  • Menentukan kualitas hidupmu

Karena itu kalau mau kualitas hidupmu di upgrade, anda harus meng-upgrade cara berpikirmu, dimulai dengan meng-upgrade identitas dirimu (cara anda memandang dan menilai dirimu sendiri). Identitas diri sendiri menentukan bagaimana anda memperlakukan dirimu sendiri dan bagaimana orang lain memperlakukan anada. Kita dapat belajar tentang hal ini dari kisah Kaleb dan Yosua di Bil.13:33,

Karena itu di Alkitab, Tuhan selalu berurusan dengan identitas diri seseorang lebih dahulu (contoh: mengganti nama Abraham, Simon menjadi Petrus, melakukan proses padang gurun Musa, Gideon dll.) sebelum Tuhan memakai orang itu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s