PENYERAHAN ANAK (BABY DEDICATION)

Created with RNI Films app. Preset ‘Agfa Optima 200’

“Kepada orang tua (nama ayah dan ibu) terima kasih telah mengambil langkah iman hari ini, suatu kali anak-anak anda akan berterima kasih untuk apa yang anda lakukan hari ini.”

Menyerahkan anak adalah tanda ucapan syukur kepada Tuhan (mengakui bahwa anak-anak adalah ANUGRAH – pemberian yang baik dari Tuhan).

Maz.123:3 Anak-anak adalah pemberian Allah, sesungguhnya, mereka itu anugerah. (BIS)

TANGGUNG JAWAB ORANG TUA

Ula.6:4 Saudara-saudara, ingatlah! Hanya TUHAN, dan TUHAN saja Allah kita! (5) Cintailah TUHAN Allahmu dengan sepenuh hatimu: Tunjukkanlah itu dalam cara hidupmu dan dalam perbuatanmu (6) Jangan sekali-kali melupakan perintah-perintah yang saya berikan kepadamu hari ini. (7) Ajarkanlah kepada anak-anakmu. Hendaklah kamu membicarakannya di dalam rumah dan di luar rumah, waktu beristirahat dan waktu bekerja. (BIS)

“Maukah kalian berjanji menjadi teladan dan mendidik anak-anak untuk mencintai dan taat kepada Tuhan?”

Minta kedua orang tua menumpangkan tangan kepada anaknya.

“Ya Tuhan, kami berterima kasih atas pemberian berharga ini – anak-anak yang kami dedikasikan kepada-Mu hari ini. Kami mengakui, anak-anak adalah anugrah yang datang dari-Mu untuk kedua orang tuanya. Aku berdoa agar Tuhan memberkati anak ini dengan hal-hal yang baik (kepandaian, kecerdasan, kesehatan, talenta-talenta). Kami berdoa untuk Tuhan bekerja dalam hidup mereka mulai hari ini, sehingga anak ini dapat tumbuh dalam kehendak dan jalan Tuhan. Oleh sebab itu hari ini, kami bersama kedua orang tua, MENDEDIKASIKAN anak ini kepada Tuhan.

Aku berdoa untuk orang tua anak ini, Tuhan memberkati dengan hikmat agar mereka dapat mendidik anak ini dalam jalan Tuhan sehingga bahkan ketika anak ini menjadi dewasa, tetap ada di jalan Tuhan.”

DASAR ALKITAB:

Ams.22:6 Ajarlah seorang anak cara hidup yang patut baginya, maka sampai masa tuanya ia akan hidup demikian.

1Sam.1:27 Anak inilah yang kuminta dari TUHAN. Doaku telah dikabulkan, (28) dan karena itu anak ini kuserahkan untuk menjadi milik TUHAN seumur hidupnya.” Setelah itu mereka beribadat kepada TUHAN.

Luk.2:22 Tibalah saatnya Yusuf dan Maria menjalankan adat penyucian menurut hukum Musa. Jadi mereka membawa Anak itu ke Yerusalem untuk diserahkan kepada Tuhan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s