SIKAP PEMENANG

Seorang pemenang bukanlah orang yang tidak pernah menghadapi masalah atau tantangan dalam hidupnya.

Tidak ada pemenang tanpa pertandingan (challenge).

Bagaimana RESPON kita menghadapi TANTANGAN akan menentukan apakah kita akan menjadi pecundang atau pemenang.

Ketika bangsa Isreal ada di padang gurun, Tuhan memerintahkan Musa untuk memilih 12 pemimpin dari  tiap-tiap suku, dan mengirimkan mereka melihat tanah perjanjian, negri yang dijanjikan Tuhan penuh susu dan madu.

  • Maka 12 orang melakukan perjalanan selama 40 hari.
  • Setelah itu mereka melapor kepada Musa dan bangsa Israel.

Bil.13:25 Sesudah lewat empat puluh hari pulanglah mereka dari pengintaian negeri itu, (26) dan langsung datang kepada Musa, Harun dan segenap umat Israel di Kadesh, di padang gurun Paran. Mereka membawa pulang kabar kepada keduanya dan kepada segenap umat itu dan memperlihatkan kepada sekaliannya hasil negeri itu.

Bil.13:27 Mereka menceritakan kepadanya: “Kami sudah masuk ke negeri, ke mana kausuruh kami, dan memang negeri itu berlimpah-limpah susu dan madunya, dan inilah hasilnya. (28) Hanya, bangsa yang diam di negeri itu kuat-kuat dan kota-kotanya berkubu dan sangat besar, juga keturunan Enak telah kami lihat di sana. (29) Orang Amalek diam di Tanah Negeb, orang Het, orang Yebus dan orang Amori diam di pegunungan, orang Kanaan diam sepanjang laut dan sepanjang tepi sungai Yordan.”

Bil.13:30 Kemudian Kaleb mencoba menenteramkan hati bangsa itu di hadapan Musa, katanya: “Tidak! Kita akan maju dan menduduki negeri itu, sebab kita pasti akan mengalahkannya!” (31) Tetapi orang-orang yang pergi ke sana bersama-sama dengan dia berkata: “Kita tidak dapat maju menyerang bangsa itu, karena mereka lebih kuat dari pada kita.”

Bil.13:32 Juga mereka menyampaikan kepada orang Israel kabar busuk tentang negeri yang diintai mereka, dengan berkata: “Negeri yang telah kami lalui untuk diintai adalah suatu negeri yang memakan penduduknya, dan semua orang yang kami lihat di sana adalah orang-orang yang tinggi-tinggi perawakannya. | So those men gave a report that discouraged the people. (ERV)

Bil.13:33 Juga kami lihat di sana orang-orang raksasa, orang Enak yang berasal dari orang-orang raksasa, dan kami lihat diri kami seperti belalang, dan demikian juga mereka terhadap kami.”

Mereka melakukan perjalanan bersama-sama, melihat negri yang sama, melihat kota2 yang sama, melihat penduduk negri itu… 10 orang mengatakan mereka tidak akan dapat menduduki tanah Kanaan; sementara 2 orang mengatakan mereka PASTI dapat mengalahkan penduduk Kanaan dan merebut tanah perjanjian mereka. 

APA YANG MEMBUAT PERBEDAAN??

Sikap pecundang

  • Melihat masalah daripada kesempatan (v.28)
  • Selalu mencari alasan (untuk berkata “tidak dapat” (v.31)
  • Tidak percaya diri (v.33)
  • Bersungut-sungut (14:2)
  • Sibuk menyalahkan orang lain. (14:2)
  • Melupakan penyertaan Tuhan

Bil.14:24 Tetapi hamba-Ku Kaleb, karena lain jiwa yang ada padanya dan ia mengikut Aku dengan sepenuhnya, akan Kubawa masuk ke negeri yang telah dimasukinya itu, dan keturunannya akan memilikinya. | But my servant Caleb has a different ATTITUDE than the others have. (NLT)

ATTITUDE (SIKAP) adalah suatu keputusan/pilihan bagaimana kita memandang seseorang atau suatu keadaaan, dan bagaimana kita meresponsnya.

OPPORTUNITYNOWHERE

Apa yang anda lihat?

OPPORTUNITY NO WHERE atau OPPORTUNITY NOW HERE ?

MENGAPA SIKAP PENTING?

Bil.14:1 Lalu segenap umat itu mengeluarkan suara nyaring dan bangsa itu menangis pada malam itu. (2) Bersungut-sungutlah semua orang Israel kepada Musa dan Harun; dan segenap umat itu berkata kepada mereka: “Ah, sekiranya kami mati di tanah Mesir, atau di padang gurun ini!

BIL.14:26 Lagi berfirmanlah TUHAN kepada Musa dan Harun .. (28) Katakanlah kepada mereka: Demi Aku yang hidup, demikianlah firman TUHAN, bahwasanya seperti yang kamu katakan di hadapan-Ku, demikianlah akan Kulakukan kepadamu. (29) Di padang gurun ini bangkai-bangkaimu akan berhantaran, yakni semua orang di antara kamu yang dicatat, semua tanpa terkecuali yang berumur dua puluh tahun ke atas, karena kamu telah bersungut-sungut kepada-Ku.

SIKAPMU ADALAH NABI MASA DEPANMU. @budihidajat88

BIL.14:30 Bahwasanya kamu ini tidak akan masuk ke negeri yang dengan mengangkat sumpah telah Kujanjikan akan Kuberi kamu diami, kecuali Kaleb bin Yefune dan Yosua bin Nun!

“Penemuan terbesar manusia adalah bahwa perubahan sikap dapat mengubah nasib seseorang”. (William James – Harvard University)  

“Attitude is a little thing, but can make big difference” (Winston Churchill)

“Sikap adalah suatu hal kecil, tetapi dapat menciptakan perbedaan yang besar”

Keberhasilan dalam pekerjaan 85 % ditentukan SIKAP dan 15 % karena kepandaian dan pengetahuan. (Penelitian Harvard University)

John C. Maxwell:

  • Sikap adalah teman terbaik kita atau musuh terburuk kita. 
  • Sikap lebih jujur dan lebih konsisten daripada kata-kata kita. 
  • Sikap adalah hal yang menarik orang lain kepada diri kita atau mengusir mereka.
  • Sikap adalah nabi masa depan kita.” 

#1. FOKUSLAH PADA KESEMPATAN, BUKAN PADA KESULITAN / TANTANGAN

Bil.13:25 Sesudah lewat empat puluh hari pulanglah mereka dari pengintaian negeri itu, dan langsung datang kepada Musa, Harun dan segenap umat Israel di Kadesh, di padang gurun Paran. Mereka membawa pulang kabar kepada keduanya dan kepada segenap umat itu dan memperlihatkan kepada sekaliannya hasil negeri itu.

Bil.13:27 Mereka menceritakan kepadanya: “Kami sudah masuk ke negeri, ke mana kausuruh kami, dan memang negeri itu berlimpah-limpah susu dan madunya, dan inilah hasilnya.

Bil.13:28 Tetapi penduduk negeri itu kuat-kuat. Kota-kota mereka besar-besar dan berbenteng. (BIS)

Bil.14:6 Tetapi Yosua bin Nun dan Kaleb bin Yefune, yang termasuk orang-orang yang telah mengintai negeri itu, mengoyakkan pakaiannya, (7) dan berkata kepada segenap umat Israel: “Negeri yang kami lalui untuk diintai itu adalah luar biasa baiknya.

A pessimist sees the difficulty in every opportunity; an optimist sees the opportunity in every difficulty” (Winston Churchill).

Life is not about mourning and waiting for the rain storm to pass, but about how we enjoy and learn to dance in the rain. – Vivien Green

(Hidup bukanlah tentang meratapi dan menunggu hujan badai berlalu, tapi tentang bagaimana kita menikmati dan belajar menari dalam hujan)

#2. MILIKI ATTITUDE OF FAITH (Sikap Beriman)

FOKUSLAH PADA TUHAN YANG BESAR, BUKAN BESARNYA PERMASALAHAN KITA

Bil.13:31 Tetapi orang-orang yang pergi ke sana bersama-sama dengan dia berkata: “Kita tidak dapat maju menyerang bangsa itu, karena mereka lebih kuat dari pada kita.”

Berapa banyak orang mudah mengatakan TIDAK BISA??

Bil.13:32 Juga mereka menyampaikan kepada orang Israel kabar busuk tentang negeri yang diintai mereka, dengan berkata: “Negeri yang telah kami lalui untuk diintai adalah suatu negeri yang memakan penduduknya, dan semua orang yang kami lihat di sana adalah orang-orang yang tinggi-tinggi perawakannya.

Bil.13:33 Juga kami lihat di sana orang-orang raksasa, orang Enak yang berasal dari orang-orang raksasa, dan kami lihat diri kami seperti belalang, dan demikian juga mereka terhadap kami.”

Bil.13:30 Kemudian Kaleb mencoba menenteramkan hati bangsa itu di hadapan Musa, katanya: “Tidak! Kita akan maju dan menduduki negeri itu, sebab kita pasti akan mengalahkannya!”

Bil.14:6 Tetapi Yosua bin Nun dan Kaleb bin Yefune, yang termasuk orang-orang yang telah mengintai negeri itu, mengoyakkan pakaiannya, (7) dan berkata kepada segenap umat Israel: “Negeri yang kami lalui untuk diintai itu adalah luar biasa baiknya.

Bil.14:9 Hanya, janganlah memberontak kepada TUHAN, dan janganlah takut kepada bangsa negeri itu, sebab mereka akan kita telan habis. Yang melindungi mereka sudah meninggalkan mereka, sedang TUHAN menyertai kita; janganlah takut kepada mereka.”

(Same Giants + Same Difficulties) x Different ATTITUDES= Different Results.

#3. BUANG SIKAP NEGATIF

Bil.14:2 Bersungut-sungutlah semua orang Israel kepada Musa dan Harun; dan segenap umat itu berkata kepada mereka: “Ah, sekiranya kami mati di tanah Mesir, atau di padang gurun ini! (3) Mengapakah TUHAN membawa kami ke negeri ini, supaya kami tewas oleh pedang, dan isteri serta anak-anak kami menjadi tawanan? Bukankah lebih baik kami pulang ke Mesir?”

“Bersungut-sungut … “

  • Suatu sikap yang tidak disukai Tuhan
  • Ketika kita fokus pada apa yg kita tidak punya
  • Fokus pada hal2 buruk yg terjadi dalam hidup kita
  • Membuat kita tidak bisa melihat kebaikan Tuhan, penyertaan Tuhan, rancangan Tuhan yg indah
  • Seperti pakai kacamata biru sehingga semua jadi “blue”
  • Apapun yg kita lihat jadi negative
  • Apapun yang dilakukan orang kita cenderung melihatnya dengan curiga
  • Kalau melihat orang berhasil, bukannya kita senang, tetapi iri dan mencari -cari kesalahan/kelemahannya

“The greatest source of happiness is the ability to be grateful at all times.”  – Zig Ziglar

  • Mulai hari ini, ketika anda diperhadapkan pada suatu situasi anda bisa bersungut-sungut, buat keputusan untuk TIDAK bersungut-sungut.
  • Ketika pesawat mu di delay, cari aktivitas kita bisa menikmatinya.
  • Sebagaimana negative attitudes menular, demikianlah positive attitude akan menular.
  • Daripada mengomel dan menggerutu, pilih untuk menularkan positive attitude di rumah
  • Daripada complain about everything, pilih untuk menularkan positive attitudes di tempat kerja.

Penelitian: Positive attitude in workplace increases communication and team work >> increase productivity. 

Southwest Airlines: pegawainya 22000 orang. Setiap tahun membuka lowongan kerja 4500; yang mendaftar 150 ribu. Kriteria utama ? ATTITUDE

#4. TAKE RESPONSIBILITY OF YOUR ATTITUDE

“The choice to have a great attitude is something that nobody or no circumstance can take from you.” Zig Ziglar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s