TAKING THE HIGH ROAD

“TAKING THE HIGH ROAD” : Doing / choosing the right thing, even if it may not be easy or popular with the majority. 

TUHAN YANG MENDESAIN PERNIKAHAN 

Kej.1:26 Berfirmanlah Allah: “Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi.”

Kej.1:27 Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka. 

Kej.1:28 Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: “Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi.”

DESIGN TUHAN UNTUK PERNIKAHAN

Kej.2:18 TUHAN Allah berfirman: “Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja. Aku akan menjadikan penolong baginya, yang sepadan dengan dia.”

“Penolong yang sepadan” =`ezer neged (Ibr.)  = sama tapi berbeda / kontras.

Nasehat untuk para singles : “Run for God, and if you see someone is running along with you, that person has the potential to be your life partner.” 

  • Jangan sibuk cari pacar, sibuklah cari Tuhan; ketika engkau menemukan orang yang punya passion yg sama utk Tuhan, orang itu punya potensi utk menjadi pasangan hidupmu!

Ams.24:27 “Janganlah mendirikan rumah tangga sebelum kau menyiapkan ladangmu dan mempunyai mata pencaharian.” (BIMK)

Kej.2:21 Lalu TUHAN Allah membuat manusia itu tidur nyenyak; ketika ia tidur, TUHAN Allah mengambil salah satu rusuk dari padanya, lalu menutup tempat itu dengan daging. (22) Dan dari rusuk yang diambil TUHAN Allah dari manusia itu, dibangun-Nyalah seorang perempuan, lalu dibawa-Nya kepada manusia itu.

Kej.2:23 Lalu berkatalah manusia itu: “Inilah dia, tulang dari tulangku dan daging dari dagingku. Ia akan dinamai perempuan, sebab ia diambil dari laki-laki.” (24) Itulah sebabnya orang laki-laki meninggalkan ayah dan ibunya, dan bersatu dengan istrinya, lalu keduanya menjadi satu. (BIS)

… the two are united into one. (NLT)

#1. COVENANT OVER CONVENIENCE

DESIGN TUHAN UNTUK PERNIKAHAN (keindahan pernikahan Kristen):

  • MONOGAMI
  • EKSKLUSIF (tidak ada tambahan lagi, tidak boleh ada “orang ketiga”) 
  • TETAP / PERMANEN (tidak ganti-ganti)
  • SEUMUR HIDUP

Two becoming one

Mat 19:5-6 Dan firman-Nya: Sebab itu laki-laki akan meninggalkan ayah dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya itu menjadi satu daging. Demikianlah mereka bukan lagi dua, melainkan satu. 

  • “Satu daging” = Kesatuan jasmani (sexual relationship) : dirancang Tuhan dalam konteks suami istri : Menjadi perekat dalam rumah tangga.

Honoring our marriage covenant: Memegang ikatan perjanjian dalam pernikahan

Ibr.13:4 Semua orang harus menunjukkan sikap hormat terhadap perkawinan, itu sebabnya hendaklah suami-istri setia satu sama lain. Orang yang cabul dan orang yang berzinah akan diadili oleh Allah. (BIS)

Ibr.13:4 Give honor to marriage, and remain faithful to one another in marriage… (NLT)

Mal.2:14 … Oleh karena TUHAN tahu kamu tidak setia kepada wanita yang kamu nikahi di masa mudamu. Wanita itu kawan hidupmu, tetapi kamu telah mengkhianati dia, walaupun di depan Allah kamu telah berjanji untuk tetap setia kepada-Nya. (BIS)

Mal.2:15 Bukankah Allah Yang Esa menjadikan kamu satu tubuh dan satu jiwa dengan wanita itu? Apakah maksud TUHAN dengan itu? Tak lain supaya kamu mendapat anak-anak yang menjadi umat Allah yang sejati. Jadi jagalah dirimu, jangan sampai ada di antara kamu yang tidak setia kepada istrinya. (BIS)

Mal.2:16 “Aku benci perceraian,” kata TUHAN Allah Israel. “Aku benci kalau salah seorang dari kamu berbuat sekejam itu terhadap istrinya. Maka jagalah dirimu dan jangan sekali-kali mengkhianati istrimu.” (BIS)

“Attraction is a feeling, love is an action, and marriage is a covenant. Lasting feelings of love are the product of a consistently loving covenant.”

Hubungan yang tidak didasarkan pada kenyamanan – tetapi pada PERJANJIAN.

Efe.5:31 Sebab itu laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya itu menjadi satu daging. (32) Rahasia ini besar, tetapi yang aku maksudkan ialah hubungan Kristus dan jemaat.

That secret truth is very important—I am talking about Christ and the church. (ERV)

This mystery [of two becoming one] is great … (Amp.)

Musterion (Gk) = Perjanjian

Pernikahan kita adalah blue-print hubungan Kristus dengan kita sebagai jemaat; karena itu penting untuk anak-anak kita melihat blue-print yang jelas dan indah; supaya mereka mudah menerima kasih Kristus dalam hidup mereka, dan bisa punya hubungan yang baik dengan Kristus.

#2. CONVICTION OVER COMPROMISE

JEBAKAN PERSELINGKUHAN

  • Pada dasarnya tidak ada orang yang mau dengan sengaja masuk dalam perselingkuhan. Seperti jebakan, kita tidak tahu bahwa itu jebakan sampai kita sdh berada di dalamnya, dan biasanya untuk keluar sangat sulit.
  • Pertanyaannya bukan apakah kita akan tergoda; tetapi apa yang akan kita lakukan kalau godaan itu datang …
  • Contoh godaan perselingkuhan: Jusuf digoda oleh istri Potifar

Tahapan perselingkuhan:

  • Perhatian (attention) 
  • Ketertarikan (attraction) 
  • Rasa sayang (affection) 
  • Getaran asmara dan kedekatan (Arousal and attachment) 
  • Perselingkuhan dan kecanduan (emotional affair and addiction)

Kesimpulan dari tahapan perselingkuhan: Perselingkuhan adalah sebuah PROSESHentikan sebelum dimulai!

MENETAPKAN BATASAN

  • Konsep batasan adalah kita mau hidup dalam kasih karunia Tuhan dan tidak mau memposisikan diri kita sendiri pada posisi dimana kita tidak lagi bisa berkata tidak!
  • Membuat batasan dalam hati 
  • Mat.5:27 Kamu telah mendengar firman: Jangan berzinah. (28) Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang memandang perempuan serta menginginkannya, sudah berzinah dengan dia di dalam hatinya.

Fakta hubungan perselingkuhan paling banyak:

  • Mantan Pacar 37%
  • Rekan Kerja 23%
  • Dikenalkan oleh teman 17%

Menghindari komunikasi yang menggoda (flirting):

  • “Aku berharap bisa melihat wajahmu yang cantik hari ini.”
  • “Istri dan anak-anakku ke luar kota dan rasanya sepi sekali di rumah.”
  • “Saya bermimpi tentang engkau tadi malam, dan ketika bangun, saya menjadi kecewa …..”
  • “Apakah suamimu menyadari  betapa luar biasanya engkau?”
  • Pembicaraan telpon (SMS) pada jam-jam yang kurang pantas, hal ini berlaku baik bagi wanita single atau sudah menikah. 
  • Jangan menelpon di atas pukul 10 malam, sebagian besar pembicaraan larut malam akan menyulutkan api. 
  • Jangan mau mendengarkan kalau ada teman lawan jenis bercerita tentang masalah rumah tangganya.

Menjaga pandangan mata:

  • “Aku telah menetapkan syarat bagi mataku, masakan aku memperhatikan anak dara? (Ayu.31:1) 
  • I made a covenant with my eyes not to look lustfully at a girl. 

Hindari kesempatan berdua

  • Makan bersama
  • Perjalanan bersama
  • Dalam ruangan tertutup

Hindari sentuhan fisik (terutama dengan lawan jenis)

#3. COMMITMENT OVER COMFORT

Mitos: Perselingkuhan menyebabkan rumah tangga hancur; Kebenarannya: Perselingkuhan adalah akibat rumah tangga yang RAPUH.

Efe.5:22 “Istri, tunduklah kepada suami Anda dengan cara yang sama Anda tunduk kepada Kristus. (23) Suami memberikan kepemimpinan kepada istrinya seperti yang Kristus lakukan terhadap gerejanya, bukan dengan mendominasi tapi dengan menghargai. (24) Jadi, sama seperti gereja tunduk kepada Kristus, istri juga harus tunduk kepada suami mereka.”

Efe.5:25 “Hai suami, berikan yang terbaik dalam cintamu kepada isterimu, persis seperti yang Kristus lakukan untuk gereja – cinta yang ditandai dengan memberi, tidak menuntut. (26) Kasih Kristus membuat gereja menjadi utuh [lebih indah, lebih cantik]. Kata-katanya membangkitkan kecantikannya. 

Kenyamanan tidak pernah menjadi dasar yang kuat untuk sesuatu yang indah dan bernilai dibangun di atasnya.

PERNIKAHAN yang kuat tidak dibangun di atas dasar kenyamanan, tetapi dibangun dengan KOMITMEN untuk melakukan apa yang benar apapun keadaannya. 

Lakukan Habit #2: Dating (dari Seven Habits of a Strong Family)

  • Buat komitmen untuk membangun dating habit, yaitu waktu berdua dengan suami/istri anda tanpa anak-anak; paling tidak sekali tiap bulan.
  • Makanya pernikahan adalah untuk orang yang dewasa: yang dapat membuat keputusan dan memegang keputusan (komitmen); 
  • Yang merasa belum bisa memegang komitmen untuk mencintai apapun keadaannya, jangan menikah dulu! >> anda mengundang bencana ke dalam hidupmu (cari masalah).
  • Baik untuk para jomblo mendengar kotbah ini, supaya tahu ada banyak yang perlu dipersiapkan untuk masuk dalam pernikahan
  • Supaya mau ikut kelas Committed (bagai yang baru pacaran, sebelum membuat keputusan lebih dalam lagi).

COMMITTED CLASS (CLASS + MENTORING)

Is a class for those who have been dating for at least 3 months to better understand each other’s partners and prepare them for a more serious level according to God’s word.

Mal.2:15 Bukankah Allah Yang Esa menjadikan kamu satu tubuh dan satu jiwa dengan wanita itu? Apakah maksud TUHAN dengan itu? Tak lain supaya kamu mendapat anak-anak yang menjadi umat Allah yang sejati. (BIS)

SEMINAR PARENTING

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s