Glorious Exchange #2

30844-cc_3crosses 2.1100w.tn.jpg

Efe.1:15 Karena itu, setelah aku mendengar tentang imanmu dalam Tuhan Yesus dan tentang kasihmu terhadap semua orang kudus, (16) akupun tidak berhenti mengucap syukur karena kamu. Dan aku selalu mengingat kamu dalam doaku, (17) dan meminta kepada Allah Tuhan kita Yesus Kristus, yaitu Bapa yang mulia itu, supaya Ia memberikan kepadamu Roh hikmat dan wahyu untuk mengenal Dia dengan benar.

Efe.1:18 Dan supaya Ia menjadikan mata hatimu terang, agar kamu mengerti pengharapan apakah yang terkandung dalam panggilan-Nya: betapa kayanya kemuliaan bagian yang ditentukan-Nya bagi orang-orang kudus, 

Efe.1:19 … dan betapa hebat kuasa-Nya bagi kita yang percaya, sesuai dengan kekuatan kuasa-Nya, (20) yang dikerjakan-Nya di dalam Kristus dengan membangkitkan Dia dari antara orang mati dan mendudukkan Dia di sebelah kanan-Nya di sorga…

Efe.1:21 … jauh lebih tinggi dari segala pemerintah dan penguasa dan kekuasaan dan kerajaan dan tiap-tiap nama yang dapat disebut, bukan hanya di dunia ini saja, melainkan juga di dunia yang akan datang.

#1. BETAPA KAYANYA KEMULIAAN YANG DITENTUKAN BAGI KITA

Efe.1:18 Dan supaya Ia menjadikan mata hatimu terang, agar kamu mengerti pengharapan apakah yang terkandung dalam panggilan-Nya: betapa kayanya kemuliaan bagian yang ditentukan-Nya bagi orang-orang kudus…

  • Betapa KAYANYA orang Kristen
  • Bukan dengan harta tetapi KEMULIAAN
  • Yang kita terima sebagai WARISAN

Jadi tidak ada sedikit kaya atau setengah kaya (tidak ada ukurannya); adanya adalah anda terima atau tidak. Kalau anda terima berarti anda KAYA.

  • Kita menerimanya bersama dengan Yesus; artinya setiap orang Kristen bisa jadi KAYA
  • Yaitu kaya dengan KEMULIAAN.

Kisah anak yang terhilang. (Luk.15:11-24)

Luk.15:11 Yesus berkata lagi, “Ada seseorang mempunyai dua anak laki-laki. (12) Kata yang bungsu kepada ayahnya: Bapa, berikanlah kepadaku bagian harta milik yang menjadi hakku. Lalu ayahnya membagi-bagikan harta kekayaan itu di antara mereka. >> broken relationships with God and with people!

Luk.15:13 Beberapa hari kemudian anak bungsu itu menjual seluruh bagiannya itu lalu pergi ke negeri yang jauh. Di sana ia memboroskan harta miliknya itu dengan hidup berfoya-foya.  >> he wasted his money living like a fool. (ERV) Hidup tanpa tujuan

Luk.15: 14 Setelah dihabiskannya semuanya, timbullah bencana kelaparan di dalam negeri itu dan ia pun mulai melarat. >> bangkrut: morally, spiritually

(15) Lalu ia pergi dan bekerja pada seorang warga negeri itu. Orang itu menyuruhnya ke ladang untuk menjaga babinya. (16) Lalu ia ingin mengisi perutnya dengan ampas yang menjadi makanan babi itu, tetapi tidak seorang pun yang memberikan sesuatu kepadanya.  >> tidak lagi punya harga diri (lebih rendah daripada babi)

Luk.15:17 Lalu ia menyadari keadaannya, katanya: Betapa banyaknya orang upahan bapaku yang berlimpah-limpah makanannya, tetapi aku di sini mati kelaparan. (18) Aku akan bangkit dan pergi kepada bapaku dan berkata kepadanya: Bapa, aku telah berdosa terhadap surga dan terhadap Bapa, (19) aku tidak layak lagi disebut anak Bapa; jadikanlah aku sebagai salah seorang upahan Bapa. (20) Lalu bangkitlah ia dan pergi kepada bapanya. 

Luk.15:20 … Ketika ia masih jauh, ayahnya telah melihatnya, lalu tergeraklah hatinya oleh belas kasihan. Ayahnya berlari mendapatkan dia lalu merangkul dan mencium dia. (21) Kata anak itu kepadanya: Bapa, aku telah berdosa terhadap surga dan terhadap Bapa, aku tidak layak lagi disebut anak Bapa. (22)  Tetapi ayah itu berkata kepada hamba-hambanya: Lekaslah bawa kemari jubah yang terbaik, pakaikanlah itu kepadanya dan kenakanlah cincin pada jarinya dan sepatu pada kakinya.

Luk.15:23 Ambillah anak lembu yang gemuk itu, sembelihlah dan marilah kita makan dan bersukacita. (24) Sebab anakku ini telah mati dan menjadi hidup kembali, ia telah hilang dan didapat kembali. Lalu mulailah mereka bersukaria.

  • Jubah:  belong to Christ
  • Cincin: Spirit of adoption (covenant)
  • Sepatu: harga diri / dignity / martabat
  • Pesta: setiap anda berharga di mata Tuhan

Jubah:  belong to Christ

Gal.3:26-27 Sebab kamu semua adalah anak-anak Allah karena iman di dalam Yesus Kristus. Karena kamu semua, yang dibaptis dalam Kristus, telah mengenakan Kristus.

And all who have been united with Christ in baptism have put on Christ, like putting on new clothes. (NLT)

Cincin: Spirit of adoption (covenant)

God did this so that he could buy the freedom of those who were under the law. God’s purpose was to make us his children. Since you are now God’s children, he has sent the Spirit of his Son into your hearts. The Spirit cries out, “ Abba, Father.” Now you are not slaves like before. You are God’s children, and you will receive everything he promised his children. (Gal.4:5-7 ERV)

Paulus berdoa agar setiap orang percaya punya perspektif yang benar tentang hidup:

  • Bahwa setiap anda sebenarnya orang kaya; karena menerima warisan: HIDUP DALAM KEMULIAAN
  • Dipulihkan dalam Covenant relationship with God
  • No more condemnation: Freedom not to sin
  • Dignity (karena kita bukan orang hukuman, bukan orang bersalah)
  • Purpose >> hidup yang berarti

Paulus mengatakan ketika anda menyadari bahwa inilah warisan yang Tuhan sediakan buat kita; anda menjadi orang yang kaya; kaya dengan kemuliaan vs org yang bangkrut (kehilangan) kemuliaan.

  • Jangan mau ditukar dengan apapun!

#2. BETAPA HEBAT KUASA-NYA BAGI KITA

Efe.1:18 Dan supaya Ia menjadikan mata hatimu terang, agar kamu mengerti pengharapan apakah yang terkandung dalam panggilan-Nya: betapa kayanya kemuliaan bagian yang ditentukan-Nya bagi orang-orang kudus, (19) dan betapa hebat kuasa-Nya bagi kita yang percaya, sesuai dengan kekuatan kuasa-Nya…

MENGAPA KITA PERLU KUASA?

  • Menghadapi pencobaan
  • Menghadapi peperangan rohani
  • Menghadapi tekanan
  • Menyelesaikan tugas dan panggilan kita
  • Menyelesaikan perjalanan hidup dengan baik (finishing well) 

Paulus berdoa supaya anda dan saya mengerti betapa hebatnya kuasa Tuhan yang bekerja dalam kehidupan kita!

  • Efe.1:19 … betapa hebat kuasa-Nya bagi kita yang percaya…
  • Efe.1:19 His incomparably great power for us who believe. (ERV)
  • …endless energy, boundless strength! (MSG)

Efe.1: 19 … sesuai dengan kekuatan kuasa-Nya (20) yang dikerjakan-Nya di dalam Kristus dengan membangkitkan Dia dari antara orang mati dan mendudukkan Dia di sebelah kanan-Nya di sorga…

Efe.1: 19This is the same mighty power (20) that raised Christ from the dead and seated him in the place of honor at God’s right hand in the heavenly realms. (NLT)

  • Tidak ada alasan orang Kristen menjalani hidup dalam kekalahan dan ketidakberdayaan!

BETAPA HEBAT KUASANYA:

  • Memberikan kekuatan dan kemenangan menghadapi pencobaan (Fil.2:13)
  • Memberikan kuasa menghadapi peperangan rohani (Efe.6:10)
  • Menyertai kita, memberikan kekuatan bahkan Mujijat dalam setiap pergumulan (Kol.1:11)
  • Membuat kita tidak mandul, melainkan  berbuah, agar kita dapat menyelesaikan tugas dan panggilan kita dengan baik (Kis.4:33)
  • Menolong kita menyelesaikan perjalanan hidup dengan baik (finishing well) 

Fil.2:13 For God is working in you, giving you the desire and the power to do what pleases him. (NLT)

That energy is God’s energy, an energy deep within you, God himself willing and working at what will give him the most pleasure. (MSG)

Efe.6:10 Akhirnya, hendaklah kalian menjadi kuat dengan kekuatan yang kalian dapat dari kuasa Tuhan, karena kalian bersatu dengan Dia. (11) Pakailah seluruh perlengkapan perang yang diberikan Allah kepadamu, supaya kalian dapat bertahan melawan siasat-siasat yang licik dari Iblis.

be strong in the Lord; draw your strength from Him (Amp)

Kol.1:11 … dan dikuatkan dengan segala kekuatan oleh kuasa kemuliaan-Nya untuk menanggung segala sesuatu dengan tekun dan sabar,

…that God will strengthen you with his own great power, so that you will be patient and not give up when troubles come. (ERV)

Kis.4:33 Dan dengan kuasa yang besar rasul-rasul memberi kesaksian tentang kebangkitan Tuhan Yesus dan mereka semua hidup dalam kasih karunia yang melimpah-limpah.

With great power the apostles continued to testify to the resurrection of the Lord Jesus. And God’s grace was so powerfully at work in them all. (NIV)

 

#3. BETAPA DASYAT PANGGILAN-NYA UNTUK KITA

Efe.1:22 Dan segala sesuatu telah diletakkan-Nya di bawah kaki Kristus dan Dia telah diberikan-Nya kepada jemaat sebagai Kepala dari segala yang ada. (23) Jemaat yang adalah tubuh-Nya, yaitu kepenuhan Dia, yang memenuhi semua dan segala sesuatu.

Efe.1:20-21 …God raised him from death and set him on a throne in deep heaven, in charge of running the universe, everything from galaxies to governments, no name and no power exempt from his rule. And not just for the time being, but forever. He is in charge of it all, has the final word on everything. (MSG)

Efe.1:20-21 … Allah telah membangkitkan Dia dari kematian dan menempatkannya di tahta di dalam surga, bertanggung jawab memerintah alam semesta, mulai dari galaksi sampai pemerintah-pemerintah, tidak ada nama dan tidak ada kekuatan luput dari pemerintahan-Nya. Dan bukan hanya untuk sementara, tapi selamanya. Dia memerintah atas semua itu, memutuskan segala sesuatu. (terjemahan bebas)

Efe.1:22-23 At the center of all this, Christ rules the church. The church, you see, is not peripheral to the world; the world is peripheral to the church. The church is Christ’s body, in which he speaks and acts, by which he fills everything with his presence. (MSG)

Efe.1 : 22-23 Di tengah semua ini, Kristus memerintah gereja. Gereja – seperti anda tahu – bukan hanya “tambahan  yang tidak penting” kepada dunia; dunia adalah kepanjangan dari gereja. Gereja adalah tubuh Kristus, di mana Ia berbicara dan bertindak, melaluinya Ia memenuhi segala sesuatu dengan kehadiran-Nya. (terjemahan bebas dari Message)  

  • Kita mendapat KEHORMATAN membawa nama Kristus (disebut orang KRISTEN)
  • Dalam Nama itu ada kuasa yang dasyat

Kis.3:1-10 Petrus menyembuhkan orang lumpuh

(16) Dan karena kepercayaan dalam Nama Yesus, maka Nama itu telah menguatkan orang yang kamu lihat dan kamu kenal ini; dan kepercayaan itu telah memberi kesembuhan kepada orang ini di depan kamu semua.

Kis.4:10 maka ketahuilah oleh kamu sekalian dan oleh seluruh umat Israel, bahwa dalam nama YESUS KRISTUS, orang Nazaret, yang telah kamu salibkan, tetapi yang telah dibangkitkan Allah dari antara orang mati–bahwa oleh karena Yesus itulah orang ini berdiri dengan sehat sekarang di depan kamu.

Kis.4:12 Dan keselamatan tidak ada di dalam siapapun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan.”

Gypsy Smith, seorang penginjil besar di zamannya, mengajarkan bahwa sebenarnya ada lima Injil. Ketika mengucapkan kalimat terakhir, para pendengarnya memprotes dalam hati. Namun belum sempat memprotes, ia menjelaskan sambil menyebutkan masing-masing Injil yang dimaksud. Menurutnya, Injil itu terdiri dari Matius, Markus, Lukas, Yohanes, dan yang kelima adalah SETIAP ORANG KRISTEN itu sendiri, siapapun dia.

2Kor.3:3 Karena telah ternyata, bahwa kamu adalah surat Kristus…

Your very lives are a letter that anyone can read by just looking at you. (MSG)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s