THE RESTORER OF MY SOUL

Beberapa waktu lalu seseorang menelpon saya dengan suara yg panik: “Tolong doakan saya, saya rasanya sudah tidak kuat menanggung tekanan dan beban berat.” Dia seorang pengusaha dari luar kota, punya perusahan besar dan mobil mewah. Orang tidak ada yang menduga bahwa di balik semua yang kelihatan baik di permukaan, ada jiwa yang lelah, hampa dan kosong.
Saya menjumpai banyak orang yang seperti pengusaha ini, orang-orang yang dari luar kelihatan baik-baik saja, tetapi jiwanya luka, sakit, lelah atau bahkan sudah tidak puny kekuatan untuk menjalani kehidupan.

Saya teringat Maz.23:3 “Ia menyegarkan jiwaku…”

He refreshes and restores my soul (life)…” (Amp.)

Dalam bahasa aslinya kata “menyegarkan” digunakan kata Shoob (Ibr.), yang dapat berarti:

  • To recover = memulihkan
  • To re-set = mengaturulang
  • To refresh = menyegarkan
  • To renew = membuat baru
  • To recharge = memberikan kekuatan baru

 

RECOVER

Recover mengandung arti menyembuhkan dari sakit.

Ketika domba mengikuti perjalanan bersama gembala, domba bisa saja mengalami luka, ketika melewati semak-semak berduri bisa saja domba terluka. Biasanya ini terjadi pada domba-domba yang keluar dari kawanan dan tersesat.

Bahkan ada yang domba yang patah kakinya, sehingga gembala harus membalut luka dan merawat domba. Domba adalah binatang yang tidak tahu jika ia terluka, sehingga jika lukanya tidak diatasi maka lama-lama domba bisa mati.

Banyak orang hidup dengan jiwa yang terluka. Paling utama disebabkan oleh akibat dari dosa: manusia hidup dalam condemnation. Tetapi Yesus telah menyelesaikan hukuman dosa dengan mati di kayu salib untuk kita. Alkitab mengatakan:

Maz.103:3 Dia yang mengampuni segala kesalahanmu, yang menyembuhkan segala penyakitmu…

Orang bisa luka jiwanya karena perbuatan orang lain yang melukai, oleh karena kekecewaan-kekecewaan dalam hidup atau karena kegagalan-kegagalan dalam hidupnya. Orang yang terluka jiwanya, tanpa sadar cenderung melukai orang-orang di sekitarnya melalui perkataan dan perbuatan mereka. Saya percaya hanya Tuhan yang sanggup memulihkan jiwa yang terluka.

Maz.147:3  Ia menyembuhkan orang-orang yang patah hati dan membalut luka-luka mereka…

Salah satu hal yang Yesus lakukan ketika kita datang kepada-Nya adalah me-re-set atau mengatur ulang jiwa yang terluka dan dibentuk ulang menjadi baru.

Maz.23:3 He gives new life to my soul! (BBE)

Tidak ada alasan anda hidup dengan jiwa yang terluka. Datang kepada Yesus dan minta dia me-re-set jiwamu dan menjadikan hidupmu menjadi baru lagi.

REFRESH

Ketika domba berjalan mengikuti gembala dalam perjalanan selama berjam-jam untuk mencapai padang rumput, maka domba bisa mengalami kepenatan. Itulah sebabnya rumput yang hijau dan air yang tenang bisa menjadi tempat istirahat bagi domba dan menjadi tempat untuk berbaring, untuk memulihkan kepenatannya.

Banyak orang hidup dengan jiwa yang lelah. Hidup menjadi sangat membosankan dan menjadi beban yang berat. Yesus ingin menyegarkan kembali jiwamu, agar setiap hari kita bangun bukan saja dengan badan yang segar tetapi juga jiwa yang segar.

Yer.31:25 Sebab Aku akan membuat segar orang yang lelah, dan setiap orang yang merana akan Kubuat puas.”

I’ll refresh tired bodies; I’ll restore tired souls. (MSG)

refresh1

Kalau anda merasa jiwamu lelah, tidak tahu apa arti dan tujuan hidup, datanglah pada Yesus dan minta Dia menyegarkan jiwamu.

RECHARGE

Dalam tahap tertentu, orang sudah tidak lagi merasa lelah, tetapi sudah putus asa menghadapi tekanan-tekanan kehidupan. Seringkali sudah tidak ada lagi sisa-sisa kekuatan untuk menghadapi tantangan dan untuk melanjutan kehidupan. Rasanya mau mati saja.

Maz.23:3 Ia memberi aku kekuatan baru! (BIS)

He renews my strength … (NLT)

Daud dengan sangat indah mengatakan bahwa Tuhan sang gembala sanggup untuk memberikan kekuatan baru kepada siapa saja yang membutuhkannya. Kalau hari-hari ini anda merasa “bosan hidup,” datanglah kepada Yesus dan minta DIA memberikan kekuatan yang baru, untuk anda dapat menghadapi tantangan-tantangan kehidupan dan tidak menjadi lesu.

Yes.40:29   Dia memberi kekuatan kepada yang lelah dan menambah semangat kepada yang tiada berdaya. (30) Orang-orang muda menjadi lelah dan lesu dan teruna-teruna jatuh tersandung, (31) tetapi orang-orang yang menanti-nantikan TUHAN mendapat kekuatan baru: mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya; mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah.

Young beautiful woman jumping with a scarf

Maz.23 menangkap dengan sangat indah apa yang Tuhan mau kerjakan dalam kehidupan kita. Daud mengatakan: “Ia menyegarkan jiwaku.” Saya berdoa agar dalam suasana Natal ini, ayat ini boleh terjadi dalam hidup anda, hidup dengan kesegaran dan kekuatan dalam jiwa anda.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s