THE CHAMPION CHRIST

Mat1:18 Kelahiran Yesus Kristus adalah seperti berikut: Pada waktu Maria, ibu-Nya, bertunangan dengan Yusuf, ternyata ia mengandung dari Roh Kudus, sebelum mereka hidup sebagai suami isteri. (19) Karena Yusuf suaminya, seorang yang tulus hati dan tidak mau mencemarkan nama isterinya di muka umum, ia bermaksud menceraikannya dengan diam-diam. (20) Tetapi ketika ia mempertimbangkan maksud itu, malaikat Tuhan nampak kepadanya dalam mimpi dan berkata: “Yusuf, anak Daud, janganlah engkau takut mengambil Maria sebagai isterimu, sebab anak yang di dalam kandungannya adalah dari Roh Kudus. (21) Ia akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakan Dia YESUS, karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka.” (22) Hal itu terjadi supaya genaplah yang difirmankan Tuhan oleh nabi: (23) “Sesungguhnya, anak dara itu akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki, dan mereka akan menamakan Dia IMANUEL” –yang berarti: Allah menyertai kita. (24) Sesudah bangun dari tidurnya, Yusuf berbuat seperti yang diperintahkan malaikat Tuhan itu kepadanya. Ia mengambil Maria sebagai isterinya, (25) tetapi tidak bersetubuh dengan dia sampai ia melahirkan anaknya laki-laki dan Yusuf menamakan Dia YESUS.

#1. DALAM KETIDAKBERDAYAAN MANUSIA, LAHIR JURU SELAMAT DUNIA.

Thirteen Lives adalah sebuah film yang diinspirasi oleh sebuah kisah nyata: Kisah 12 anak-anak dari sebuah perkumpulan sepak bola di Thailand, berusia antara 11-16 tahun dan seorang coach mereka berusia 25 tahun, terjebak dalam sebuah gua dan tidak dapat keluar karena jalan keluarnya tertutup air. Para relawan dari seluruh dunia membentuk sebuah team penyelamat yang bekerjasama untuk MENYELAMATKAN anak-anak ini. Akhirnya setelah 18 hari, mereka berhasil diselamatkan, walaupun dari team penyelamat justru ada dua korban meninggal.

Ada beberapa hal yang menarik dari kisah nyata ini:

  • Anak-anak ini tidak berdaya sampai ada yang menyelamatkan mereka, mereka tidak bisa menyelamatkan diri sendiri.
  • Relawan dari seluruh dunia membetuk team penyelamat, beberapa mereka meninggalkan pekerjaannya dan terbang ke Thailand untuk bergabung.
  • Usaha ini menelan biaya jutaan dollar dan bahkan dua nyawa para relawan.
  • Mengapa? Karena setiap jiwa berharga

Kisah ini mengingatkan kita akan Natal, alasan utama Yesus lahir ke dunia adalah untuk menjadi JURU SELAMAT.  Mengapa Yesus harus datang ke dunia menjadi JURU SELAMAT? Karena manusia dalam keadaan tidak berdaya menyelamatkan diri dari kematian kekal dengan kekuatan sendiri, manusia dalam keadaan teresat, dalam kegelapan, dan ditentukan mati dalam kekekalan, tanpa harapan. Ada banyak nubutan yang menyatakan bahwa Tuhan sendiri yang akan menyelamatkan manusia dari kebinasaan ini, karena itu umat manusia menantikan kedatangan tau lebih tepat kelahiran seorang JURU SELAMAT.

Luk.2:1 Pada waktu itu Kaisar Agustus mengeluarkan suatu perintah, menyuruh mendaftarkan semua orang di seluruh dunia. (2) Inilah pendaftaran yang pertama kali diadakan sewaktu Kirenius menjadi wali negeri di Siria. (3) Maka pergilah semua orang mendaftarkan diri, masing-masing di kotanya sendiri. (4) Demikian juga Yusuf pergi dari kota Nazaret di Galilea ke Yudea, ke kota Daud yang bernama Betlehem, — karena ia berasal dari keluarga dan keturunan Daud ñ (5) supaya didaftarkan bersama-sama dengan Maria, tunangannya, yang sedang mengandung.

Mat1:18 Kelahiran Yesus Kristus adalah seperti berikut: Pada waktu Maria, ibu-Nya, bertunangan dengan Yusuf, ternyata ia mengandung dari Roh Kudus, sebelum mereka hidup sebagai suami isteri. (19) Karena Yusuf suaminya, seorang yang tulus hati dan tidak mau mencemarkan nama isterinya di muka umum, ia bermaksud menceraikannya dengan diam-diam. (20) Tetapi ketika ia mempertimbangkan maksud itu, malaikat Tuhan nampak kepadanya dalam mimpi dan berkata: “Yusuf, anak Daud, janganlah engkau takut mengambil Maria sebagai isterimu, sebab anak yang di dalam kandungannya adalah dari Roh Kudus. (21) Ia akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakan Dia YESUS, karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka.”

Luk.2:6 Ketika mereka di situ tibalah waktunya bagi Maria untuk bersalin, (7) dan ia melahirkan seorang anak laki-laki, anaknya yang sulung, lalu dibungkusnya dengan lampin dan dibaringkannya di dalam palungan, karena tidak ada tempat bagi mereka di rumah penginapan. (8-9) Pada malam itu ada gembala-gembala yang sedang menjaga domba-dombanya di padang rumput di daerah itu. Tiba-tiba malaikat Tuhan menampakkan diri kepada mereka, dan cahaya terang dari Tuhan bersinar menerangi mereka, dan mereka sangat ketakutan. (10-12) Lalu kata malaikat itu kepada mereka: “Jangan takut, sebab sesungguhnya aku memberitakan kepadamu kesukaan besar untuk seluruh bangsa: Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud …”

(ERV) Today your SAVIOR was born ! 

Ingat cerita anak2 Thailand yang terjebak di gua dalam keadaan tidak berdaya, dalam kegelapan, kelaparan, tetapi luar biasanya mereka percaya bahwa pertolongan itu akan tiba. Berita yang disampaikan Malaikat kepada para gembala ini berita yang besar, bahwa apa yang mereka nantikan, apa yang dinubuatkan para Nabi, malam itu digenapi:

Mat.1:22 Hal itu terjadi supaya genaplah yang difirmankan Tuhan oleh nabi: (23) “Sesungguhnya, anak dara itu akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki, dan mereka akan menamakan Dia IMANUEL” –yang berarti: Allah menyertai kita.

Natal adalah sebuah DEKLARASI Tuhan menggenapi janji-Nya dengan kelahiran YESUS sebagai Sang Juru Selamat dunia.

1Yoh.4:9 Dalam hal inilah KASIH ALLAH dinyatakan di tengah-tengah kita, yaitu bahwa Allah telah mengutus Anak-Nya yang tunggal ke dalam dunia, supaya kita hidup oleh-Nya. | This is how God showed his love to us: He sent his only Son into the world to give us life through him. (ERV)

Natal menjadi sebuah deklarasi bahwa manusia tidak perlu membuktikan kebaikannya untuk dapat dicintai Tuhan, melalui Natal Tuhan membuktikan cinta-Nya untuk kita.

Yes.43:4  (MSG)  That’s how much you mean to me! That’s how much I love you! I’d sell off the whole world to get you back, trade the creation just for you.  | Inilah seberapa besar berartinya kamu bagi-Ku! Inilah seberapa besar Aku mencintaimu! Aku akan menjual seluruh dunia untuk mendapatkan kamu kembali, menukar seluruh ciptaan hanya untuk kamu.

Tuhan punya seluruh dunia, tetapi setiap jiwa tetap berharga bagi-Nya. 

1Yoh.4:10 Inilah kasih itu: Bukan kita yang telah mengasihi Allah, tetapi Allah yang telah mengasihi kita dan yang telah mengutus Anak-Nya sebagai pendamaian bagi dosa-dosa kita. 

Jesus comes not with a list of things for you to do but with a list of things He has already done and will do. 

(Max Lucado)

Karena itu Kekristenan bukan tentang kebaikan apa yang manusia harus lakukan untuk diselamatkan, tetapi tentang apa yang Tuhan telah lakukan untuk menyelamatkan manusia dari dosa dan kematian kekal.

Natal adalah berita terbaik dan pemberian terindah yang dapat kita terima dalam hidup kita. Apa hadiah terindah yang dapat kita berikan kepada Tuhan  yang Tuhan  tidak dapat berikan kepada kita? HIDUP KITA. 

Kisah budak yang dibebaskan.

  • “Kalau begitu aku sudah bebas?” 
  • “Ya kamu sudah bebas pergi kemanapun kamu mau pergi.”
  • “kalau begitu aku mau ikut engkau kemanapun engkau pergi.”

#2. DALAM SEMUA MUSIM KEHIDUPAN, TUHAN BESERTA KITA.

Mat.1:22 Hal itu terjadi supaya genaplah yang difirmankan Tuhan oleh nabi: (23) “Sesungguhnya, anak dara itu akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki, dan mereka akan menamakan Dia IMANUEL” –yang berarti: Allah menyertai kita.

YESUS bukan saja pernah datang ke dunia menjadi manusia, tetapi Dia juga Tuhan yang menyertai kita setiap saat di musim apapun dalam hidup kita di padang rumput yang hijau, di air yang tenang, tetapi juga di dalam lembah kekelaman. 

God is greater than your highs and lows

Yes.43:1 Tetapi sekarang, beginilah firman TUHAN yang menciptakan engkau, hai Yakub, yang membentuk engkau, hai Israel: “Janganlah takut, sebab Aku telah menebus engkau, Aku telah memanggil engkau dengan namamu, engkau ini kepunyaan-Ku. (2) Apabila engkau menyeberang melalui air, Aku akan menyertai engkau, atau melalui sungai-sungai, engkau tidak akan dihanyutkan; apabila engkau berjalan melalui api, engkau tidak akan dihanguskan, dan nyala api tidak akan membakar engkau.

Tuhan tidak pernah berjanji hidup kita akan selalu mulus, indah, menyenangkan, happy, kaya etc. Tetapi Dia berjanji selalu menyertai. Kita bisa merayakan Natal setiap hari: IMANUEL, Tuhan beserta kita, menghadapi setiap tantangan kehidupan tanpa rasa takut. Orang bisa bingung bagaimana kita menghadapi tantangan-tantangan besar dalam hidup kita dan tidak tumbang karena ketakutan, tetapi kita tahu kekuatan itu bukan dari kita, kekuatan itu karena Imanuel, Tuhan beserta kita.

IMANUEL  Tuhan beserta kita.

#3. DALAM KESESAKAN SELALU ADA HARAPAN. 

Yes.8:23 “Tetapi tidak selamanya akan ada kesuraman untuk negeri yang terimpit itu. Kalau dahulu Tuhan merendahkan tanah Zebulon dan tanah Naftali, maka di kemudian hari Ia akan memuliakan jalan ke laut, daerah seberang sungai Yordan, wilayah bangsa-bangsa lain.”

Yes.9:1 “Bangsa yang berjalan di dalam kegelapan telah melihat terang yang besar; mereka yang diam di negeri kekelaman, atasnya terang telah bersinar.

Yes.9:5 Sebab seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai.

Ayat-ayat ini merupakan nubuat tentang kelahiran Yesus. Alkitab memberikan predikat sebagai Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai. Menariknya nubuatan kelahiran Yesus ini sekaligua merupakan nubuatan suatu era baru, pengharapan baru.

Yes.8:23 “Tetapi tidak selamanya akan ada kesuraman untuk negeri yang terimpit itu.

Yes.9:1 “Bangsa yang berjalan di dalam kegelapan telah melihat terang yang besar; mereka yang diam di negeri kekelaman, atasnya terang telah bersinar.

Karena itulah Natal selalu dihubungkan dengan PENGHARAPAN dalam hidup kita sebagai orang percaya.
Pengharapan kita yang paling utama adalah pengharapan akan hidup yang lebih baik dari kehidupan kita di muka bumi, yaitu hidup dalam kekekalan di surga. Alkitab mengatakan itu suatu pengharapan yang pasti. Kepastian itu menjadi seperti jangkar yang kokoh dalam kita mengarungi kehidupan. Membuat kita selalu punya pengharapan apapun yang sedang kita hadapi.

Yes.43:2 (MSG) When you’re in over your head, I’ll be there with you. When you’re in rough waters, you will not go down. When you’re between a rock and a hard place, it won’t be a dead end— || Ketika kamu sedang kepayahan dan tidak berdaya, Aku akan di sana. Ketika kamu sedang berada dalam arus yang deras, kamu tidak akan tenggelam. Ketika anda terpojok antara sebuah batu dan sebuah tempat yang keras, itu tidak akan menjadi jalan buntu.

SELALU ADA HARAPAN

Natal selalu mengingatkan kita tentang pengharapan apa yang kita miliki dan mengingatkan kita untuk terus hidup dengan pengharapan. Sekalipun sepertinya situasi yang kita hadapi dalam rumah tangga, pekerjaan, kesehatan — tidak ada harapan, jangan cepat-cepat menyatakan itu sebagai jalan buntu, jangan cepat-cepat menyerah.

Bersama Yesus, SELALU ADA HARAPAN.

Mungkin orang bingung darimana anda mendapat kekuatan dan energy menghadapi ups and down kehidupan — mungkin kita sendiri juga bingung — tetapi kita tahu Immanuel, bukan saja Tuhan beserta kita, God is in me the hope of glory. 

PENUTUP: 

Natal adalah berita terbaik dan pemberian terbaik, karena dalam ketidakberdayaan manusia terhadap dosa dan kematian kekal, Yesus datang ke dunia menjadi JURU SELAMAT kita. 

Pemberian kita yang terbaik, yang Tuhan tidak bisa berikan, adalah dengan menerima berita itu dan memberikan hidup kita kepada-Nya.

Yesus bukan hanya pernah lahir menjadi manusia, tetapi Dia Tuhan yang menyertai kita di semua musim hidup kita. IMANUEL, Tuhan beserta kita.

Natal mengingatkan bahwa SELALU ADA HARAPAN, apapun tantangan  yang sedang anda hadapi… it’s not the end, don’t give up .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s