LOUD AND CLEAR

1 Petrus 2:11-12 Saudara-saudaraku yang kekasih, aku menasihati kamu, supaya sebagai pendatang dan perantau, kamu menjauhkan diri dari keinginan-keinginan daging yang berjuang melawan jiwa. Milikilah cara hidup yang baik di tengah-tengah bangsa-bangsa bukan Yahudi, supaya apabila mereka memfitnah kamu sebagai orang durjana, mereka dapat melihatnya dari perbuatan-perbuatanmu yang baik dan memuliakan Allah pada hari Ia melawat mereka.

Suatu saat pemain biola Fritz Kreisler berangkat dari Hamburg (Jerman) ke London untuk sebuah konser. Sambil menunggu kapalnya berangkat, Fritz melihat-lihat sebuah toko musik. Pemilik toko mengobrol dan bertanya apakah ia boleh melihat biola yang dibawa oleh Fritz.  Setelah melihat, pemilik toko mendadak menghilang dan muncul bersama dua polisi yang berkata,  “Anda ditahan!”  “Ditahan untuk apa?” tanya Fritz. “Anda membawa biola Fritz Keisler,” kata polisi. “Saya Fritz Keizler,” jawabnya.  “Kamu tidak bisa menipu kami. Ayo ke kantor polisi.”  Karena kapalnya akan segera berlayar, tidak ada waktu lagi untuk menjelaskan. Fritz meminta biola tersebut, dan memainkan sebuah lagu yang ia populerkan. Kemudian Polisi membiarkan Fritz pergi karena ia melakukan hal yang hanya bisa dilakukan oleh Fritz Kreisler.

Bagaimana kita membuktikan identitas kita sebagai pengikut Yesus dan sebagai murid-murid Yesus?

1 Petrus 2:12 Milikilah cara hidup yang baik di tengah-tengah bangsa-bangsa bukan Yahudi, supaya apabila mereka memfitnah kamu sebagai orang durjana, mereka dapat melihatnya dari perbuatan-perbuatanmu yang baik dan memuliakan Allah pada hari Ia melawat mereka.

1 Petrus 2:12 Jadi kita perlu menunjukkan kelakuan baik kita kepada mereka, dan akhirnya mereka bisa sadar dan bertobat. Dengan begitu mereka akan memuji Allah ketika mereka melihat Dia pada hari terakhir. (TSI)

#1. AUTHENTICITY (KEASLIAN JATI DIRI)

1 Petrus 2:11 Saudara-saudaraku yang kekasih, aku menasihati kamu, supaya sebagai pendatang dan perantau, kamu menjauhkan diri dari keinginan-keinginan daging yang berjuang melawan jiwa.

Friends, this world is not your home, so don’t make yourselves cozy in it. (MSG)

Since your real home is in heaven … (LB)

1 Petrus 2:11 Kalian adalah orang asing dan perantau di dunia ini. Sebab itu saya minta dengan sangat supaya kalian jangan menuruti hawa nafsu manusia yang selalu berperang melawan jiwa. (BIS)

Perbuatan baik bukan syarat  untuk keselamatan. Perbuatan baik adalah  BUAH dari keselamatan. @budihidajat88

Efe.2:8-9 Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri.

“Our deeds are not the basis of our salvation, they are the evidence of our salvation. They are not foundation, they are demonstration.” (Perbuatan-perbuatan kita bukan dasar untuk keselamatan, Perbuatan-perbuatan adalah BUKTI dari keselamatan kita.) John Piper

2Kor.6:4 Sebenarnya, apa pun yang kami lakukan, kami berusaha membuktikan bahwa kami benar-benar pelayan Allah. Kami menanggung segala macam penderitaan, kesulitan, dan kesusahan dengan sabar.

Yet, as God’s servants, we prove ourselves authentic in every way… (TPT)

UJIAN KEASLIAN

1Kor.1:13 Pekerjaan setiap orang akan kelihatan nanti pada saat Kristus datang kembali. Sebab pada hari itu api akan membuat pekerjaan masing-masing orang kelihatan. Api akan menguji dan menentukan mutu dari pekerjaan itu. (BIS) 

PADA AKHIRNYA PERBUATAN KITA AKAN MEMBUKTIKAN  KEASLIAN JATI DIRI. @budihidajat88

GREATER DESTINY

Efe.4:1 Itu sebabnya saya — seorang tahanan, yang ditahan karena melayani Tuhan — minta dengan sangat kepadamu: hiduplah sesuai dengan kedudukanmu sebagai orang yang sudah dipanggil oleh Allah. (BIS)

#2. INTEGRITY (KEJUJURAN DAN KETULUSAN)

1Pet.2:12 Milikilah cara hidup yang baik di tengah-tengah bangsa-bangsa bukan Yahudi, supaya apabila mereka memfitnah kamu sebagai orang durjana, mereka dapat melihatnya dari perbuatan-perbuatanmu yang baik dan memuliakan Allah pada hari Ia melawat mereka. 

… [conduct yourself honorably, with graciousness and integrity]. (Amp.)

Kej.6:11 Adapun bumi itu telah rusak di hadapan Allah dan penuh dengan kekerasan. (12) Allah menilik bumi itu dan sungguhlah rusak benar, sebab semua manusia menjalankan hidup yang rusak di bumi.

Kej.6:8 Tetapi Nuh mendapat kasih karunia di mata TUHAN. (9) Inilah riwayat Nuh: Nuh adalah seorang yang benar dan tidak bercela di antara orang-orang sezamannya; dan Nuh itu hidup bergaul dengan Allah.

This is the story of Noah: Noah was a good man, a man of integrity in his community. Noah walked with God… (MSG)

[your name] is a man / women of INTEGRITY.

“The Christian life is like a fish swimming upstream… going against the currents of the world, the flesh, and the devil… Your struggle to honor Christ in all these things is the evidence that you are going in the right direction.” (Colin Smith) | “Kehidupan Kristen seperti ikan yang berenang ke hulu melawan arus dunia, daging, dan iblis. Perjuangan Anda untuk menghormati Kristus dalam semua hal ini adalah bukti bahwa Anda sedang menuju ke arah yang benar.”

A STRONG FISH SWIM AGAINST THE CURRENT.  DEAD FISH GO WITH THE FLOW.

THE KINGDOM OF GOD ALWAYS APPEARS UPSIDE DOWN TO THE HUMAN PERSPECTIVE

Ayu.2:3 Firman TUHAN kepada Iblis: “Apakah engkau memperhatikan hamba-Ku Ayub? Sebab tiada seorangpun di bumi seperti dia, yang demikian saleh dan jujur, yang takut akan Allah dan menjauhi kejahatan. Ia tetap tekun dalam kesalehannya, meskipun engkau telah membujuk Aku melawan dia untuk mencelakakannya tanpa alasan.”

“ … a man of complete integrity. He fears God and stays away from evil.” (NLT)

Ayu.27:5-6 I’ll not deny my integrity even if it costs me my life. (MSG)

Saya tidak akan menyangkal integritas saya meskipun itu membuat saya kehilangan nyawa.

Orang mengatakan setiap orang ada price-tag nya (ada harganya), yaitu suatu nilai yang kemudian orang mau melakukan sesuatu (yang salah atau bahkan bertentangan dengan keyakiannya). Tapi Ayub mengatakan bahwa di bayar berapa pun dia tidak mau mengkompromikan integritasnya, bahkan kalaupun taruhannya adalah nyawa.

Ayu.27:6 I’m holding fast to my integrity and not loosening my grip — and, believe me, I’ll never regret it. (MSG) || Saya memegang teguh integritas saya dan tidak melonggarkankannya – dan, percayalah, saya tidak akan pernah menyesalinya. (terjemahan bebas)

1Taw.29:17 [Daud] Aku tahu Engkau menguji hati setiap orang dan Engkau menyukai orang yang murni hatinya … (BIS) | I know, my God, that you test the heart and are pleased with integrity… (NIV)

Maz.15:1-5 TUHAN, siapa boleh menumpang di Kemah-Mu dan tinggal di bukit-Mu yang suci. (2) Orang yang hidup tanpa cela dan melakukan yang baik, dan dengan jujur mengatakan yang benar; (3) yang tidak memfitnah sesamanya, tidak berbuat jahat terhadap kawan, dan tidak menjelekkan nama tetangganya; (4) yang menganggap rendah orang yang ditolak Allah, tetapi menghormati orang yang takwa; yang menepati janji, biarpun rugi (5) dan meminjamkan uang tanpa bunga; yang tak mau menerima uang suap untuk merugikan orang yang tak bersalah. Orang yang berbuat demikian, akan selalu tentram. (Mazmur Daud)

Yak.5:12 Tetapi yang terutama, saudara-saudara, janganlah kamu bersumpah demi sorga maupun demi bumi atau demi sesuatu yang lain. Jika ya, hendaklah kamu katakan ya, jika tidak hendaklah kamu katakan tidak, supaya kamu jangan kena hukuman. || But instead we must be so full of integrity that our “Yes” or “No” is convincing enough … (TPT)

Integrity starts at home

Maz.101:2 Aku akan berusaha mengikuti jalan yang tidak bercela, tetapi aku sangat memerlukan pertolongan-Mu, terutama di rumahku sendiri, tempat aku ingin sekali berbuat benar sebagaimana patutnya. (FAYH)

I’m trying my best to walk in the way of integrity, especially in my own home… (TPT)

Ams.20:7 The lovers of God will walk in integrity, and their children are fortunate to have godly parents as their examples. (TPT)

Anak-anak beruntung jika mempunyai ayah yang baik dan hidup lurus. (BIS)

Seorang ayah yang jujur merupakan warisan yang berharga sekali bagi anak-anaknya. (FAYH)

INTEGRITY WILL PUT YOU IN THE POSITION OF LEADERSHIP

Ams.20:28 Good leadership is built on love and truth, for kindness and integrity are what keep leaders in their position of trust. (TPT)

Kepemimpinan yang baik dibangun di atas cinta dan kebenaran, karena kebaikan dan integritas adalah hal yang membuat para pemimpin tetap pada posisi dipercaya.

Ams.11:3 Orang baik dibimbing oleh kejujurannya; orang jahat dibinasakan oleh kecurangannya. (FAYH)

Integritywill lead you to success and happiness … (TPT)

Ams.11:6 Orang jujur selamat karena ketulusan hatinya; orang yang tak dapat dipercaya, terperosok oleh keserakahannya. (BIS)

Integritywill keep a good man from falling. (TPT)

Integrity is the highest quality you can have

Simpson QuotesIf you have integrity, nothing else matters. If you don’t have integrity, nothing else matters. (Allah K Simpson) | Jika anda memiliki integritas, apapun keadaannya anda akan selalu memilih yang benar. Tetapi jika anda tidak memiliki integritas, semua yang lain yang anda miliki, tidak lagi berarti.

#3. GENEROSITY (KEMURAHAN HATI DAN RELA BERKORBAN)

Luk.6:36 Hendaklah kamu murah hati, sama seperti Bapamu adalah murah hati.

2Kor.9:7-15 TUHAN SENANG DENGAN KEMURAHAN HATI (GENEROSITY)

2Kor.9:7 Hendaklah setiap kalian memberi dengan hati yang rela. Jangan memberi dengan hati yang sedih atau paksaan, karena Allah mengasihi orang yang memberi dengan hati yang senang. (TSI)

2Kor.9:8 Ingatlah bahwa Allah sanggup menunjukkan kebaikan hati-Nya kepadamu dalam segala hal, sehingga keperluanmu selalu tercukupi— bahkan lebih dari cukup! Dengan begitu kamu lebih sanggup lagi melakukan hal-hal yang baik.  (TSI)

And God will generously provide all you need… (NLT)

Dengan demikian, bukan saja kebutuhan Saudara sendiri tercukupi, malah Saudara akan berkelebihan, sehingga Saudara dapat memberikannya kepada orang lain dengan sukacita. (FAYH)

2Kor.9:9 Seperti yang dikatakan Kitab Suci, “Orang-orang yang hidupnya benar (adalah) seperti petani yang menaburkan benih. Mereka sering memberi dengan murah hati kepada orang-orang miskin. Perbuatan-perbuatan baik mereka itu tidak akan pernah dilupakan oleh TUHAN.” (TSI)

2Kor.9:10 Jadi sebagaimana Allah menyediakan bibit bagi penabur dan hari demi hari memberikan makanan untuk kita makan, demikian juga Dia akan memberkati kamu dengan berlimpah-limpah. Maksud saya, kamu akan dimampukan untuk memberi dengan murah hati kepada orang-orang lain, lalu perbuatan-perbuatan baikmu itu akan menghasilkan banyak kebaikan di hadapan TUHAN. (TSI)

Orang yang MURAH HATI tidak hidup untuk dirinya sendiri, melainkan suka memberi (bukan hanya uang), berbagi dan melayani.

We make a living by what we get, but we make a life by what we give. – Winston Churchil

2Kor.9:11 Jadi kamu akan diperkaya dalam segala hal, sehingga kamu selalu sanggup memberi dengan murah hati. Dan pemberianmu melalui dana yang kami kumpulkan akan membuat semakin banyak orang yang bersyukur kepada Allah.

Ams.11:25 Orang yang banyak memberi akan berkelimpahan, orang yang suka menolong akan ditolong juga. (BIS) 

A generous person will prosper … (NIV)

2Kor.9:13 Karena pelayananmu ini, saudara-saudari kita akan memuji Allah. Karena kemurahan hati kalian kepada mereka dan kepada semua orang yang membuktikan bahwa kalian sungguh-sungguh hidup sesuai dengan Kabar Baik tentang Kristus.  (TSI)

2Kor.9:15 Syukur kepada Allah atas hadiah terbesar yang diberikan-Nya kepada kita— yaitu Kristus sendiri! Nilai hadiah terbesar itu tidak bisa dijelaskan dengan kata-kata apa pun! (TSI)

1 Petrus 2:12 Milikilah cara hidup yang baik di tengah-tengah bangsa-bangsa bukan Yahudi, supaya apabila mereka memfitnah kamu sebagai orang durjana, mereka dapat melihatnya dari perbuatan-perbuatanmu yang baik dan memuliakan Allah pada hari Ia melawat mereka.

PERBUATAN BAIK BUKAN SYARAT UNTUK KITA MENERIMA KEMURAHAN HATI TUHAN, MELAINKAN BUAH DARI KEMURAHAN HATI TUHAN YANG SUDAH KITA TERIMA.

Kesimpulan: Kita membuktikan identitas kita melalui PERBUATAN-PERBUATAN BAIK sebagai buah hidup baru yang Tuhan berikan.

#1. AUTHENTICITY (KEASLIAN JATI DIRI)

#2. INTEGRITY (KEJUJURAN DAN KETULUSAN)

#3. GENEROSITY (KEMURAHAN HATI DAN RELA BERKORBAN)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s