YESUS DATANG UNTUK MENGGENAPI HUKUM TAURAT?

Mat.5:17 “Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya. (18) Karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya selama belum lenyap langit dan bumi ini, satu iota atau satu titikpun tidak akan ditiadakan dari hukum Taurat, sebelum semuanya terjadi. (19) Karena itu siapa yang meniadakan salah satu perintah hukum Taurat sekalipun yang paling kecil, dan mengajarkannya demikian kepada orang lain, ia akan menduduki tempat yang paling rendah di dalam Kerajaan Sorga; tetapi siapa yang melakukan dan mengajarkan segala perintah-perintah hukum Taurat, ia akan menduduki tempat yang tinggi di dalam Kerajaan Sorga.

Tetapi dalam Efe.2:15 “sebab dengan mati-Nya sebagai manusia Ia telah membatalkan hukum Taurat dengan segala perintah dan ketentuannya, untuk menciptakan keduanya menjadi satu manusia baru di dalam diri-Nya, dan dengan itu mengadakan damai sejahtera.”

Apakah keduanya bertolak belakang? TIDAK

Hukum Taurat mencakup 3 aspek:

  • Hukum Moral
  • Hukum seremonial / hukum agama: mengatur tata cara beribadah kepada Allah (Mis. perempuan yg sedang datang bulan tidak boleh ke bait Allah, tata cara mempersembahkan korban, dll.)
  • Hukum sipil Bangsa Israel: mengatur tata cara hidup orang Yahudi (mis: Hak atas tanah, hukuman bagi pencuri, Orang berzinah dilempar batu, nabi palsu dibunuh, melanggar Sabat dihukum mati) Hukum ini hanya berlku bagi bangsa Israel pada jaman itu, tidak berlaku bagi kita yang tinggal di Indonesia.

Keseluruhan hukum taurat ada 613 hukum, terdiri dari 218 perintah dan 365 larangan.

Ketika berbicara tentang Taurat, bisa bisa membedakan antara:

  • Sepuluh hukum Taurat
  • 613 Hukum Taurat secara keseluruhan
  • 5 Kitab Taurat Musa
  • Perjanjian Lama secara keseluruhan

Yang dimaksud Yesus di Mat.5:17 “Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi.” adalah PL secara keseluruhan. Yesus berkata “Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya.”

Apa yang dibatalkan menurut Efe.2:15 ?

Ibr.9:9 Itu adalah kiasan masa sekarang. Sesuai dengan itu dipersembahkan korban dan persembahan yang tidak dapat menyempurnakan mereka yang mempersembahkannya menurut hati nurani mereka, (10) karena semuanya itu, di samping makanan minuman dan pelbagai macam pembasuhan, hanyalah peraturan-peraturan untuk hidup insani, yang hanya berlaku sampai tibanya waktu pembaharuan. (11) Tetapi Kristus telah datang sebagai Imam Besar untuk hal-hal yang baik yang akan datang:

Hukum seremonial hanya berlaku sampai masa pembaharuan, yaitu kedatangan Kristus. Artinya setelah kedatangan Kristus hukum seremonial sudah tidak berlaku lagi.

Hukum sipil Bangsa Israel: Hukum ini hanya berlaku bagi bangsa Israel pada jaman itu, tidak berlaku bagi kita yang tinggal di Indonesia. Contoh: Yoh.8 ketika ada wanita tertangkap berbuat zinah, orang-orang bertanya kepada Yesus bagaimana pendapatnya, karena menurut hukum Musa harusnya dihukum mati. Ini adalah sebuah jebakan, karena menurut hukum Romawi pada waktu itu, bangsa-bangsa di bawah jajahan Romawi tidak boleh menghukum mati, tetapi harus lewat pengadilan (dan hukum) Romawi.

Sedangkan hukum moral masih berlaku.

Apa arti Yesus datang untuk menggenapi Hukum Taurat?

#1. Yesus sebagai anti-tipe menggenapi / membatalkan semua tipe.

Ada yang disebut “Tipe” di perjanjian lama, yang digenapi Yesus sebagai “anti-tipe” di PB. Contoh: Anak domba yang dikorbankan di PL, Yesus disebut Anak Domba Paskah di PB. Karena itulah kita tidak lagi mengorbankan kambing domba.

Prinsip hermanutik: ketika anti-tipe sudah datang, maka tipe harus berhenti (dibatalkan).

#2. Menggenapi semua nubuatan tentang Messias. Ada banyak (lebih dari 300) nubuatan tentang Messias yang digenapi oleh Yesus.

Yes.7:14 Sebab itu Tuhan sendirilah yang akan memberikan kepadamu suatu pertanda: Sesungguhnya, seorang perempuan muda mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki, dan ia akan menamakan Dia Imanuel.

Yes.9:5 Sebab seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai.

Mikha.5:1 Tetapi engkau, hai Betlehem Efrata, hai yang terkecil di antara kaum-kaum Yehuda, dari padamu akan bangkit bagi-Ku seorang yang akan memerintah Israel, yang permulaannya sudah sejak purbakala, sejak dahulu kala.

Zak.9:9 Bersorak-soraklah dengan nyaring, hai puteri Sion, bersorak-sorailah, hai puteri Yerusalem! Lihat, rajamu datang kepadamu; ia adil dan jaya. Ia lemah lembut dan mengendarai seekor keledai, seekor keledai beban yang muda.

Yes.53:3 Ia dihina dan dihindari orang, seorang yang penuh kesengsaraan dan yang biasa menderita kesakitan; ia sangat dihina, sehingga orang menutup mukanya terhadap dia dan bagi kitapun dia tidak masuk hitungan. (4) Tetapi sesungguhnya, penyakit kitalah yang ditanggungnya, dan kesengsaraan kita yang dipikulnya, padahal kita mengira dia kena tulah, dipukul dan ditindas Allah. (5) Tetapi dia tertikam oleh karena pemberontakan kita, dia diremukkan oleh karena kejahatan kita; ganjaran yang mendatangkan keselamatan bagi kita ditimpakan kepadanya, dan oleh bilur-bilurnya kita menjadi sembuh. (6) Kita sekalian sesat seperti domba, masing-masing kita mengambil jalannya sendiri, tetapi TUHAN telah menimpakan kepadanya kejahatan kita sekalian. (7) Dia dianiaya, tetapi dia membiarkan diri ditindas dan tidak membuka mulutnya seperti anak domba yang dibawa ke pembantaian; seperti induk domba yang kelu di depan orang-orang yang menggunting bulunya, ia tidak membuka mulutnya.

Ibr.10:1 Di dalam hukum Taurat hanya terdapat bayangan saja dari keselamatan yang akan datang, dan bukan hakekat dari keselamatan itu sendiri. Karena itu dengan korban yang sama, yang setiap tahun terus-menerus dipersembahkan, hukum Taurat tidak mungkin menyempurnakan mereka yang datang mengambil bagian di dalamnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s