REDEEM THE TIME

Saya melihat suatu kecenderungan orang kalau dapat THR / bonus lebih boros dan lebih mudah membelanjakan uangnya. Demikian pula dengan hari-hari ini, ketika tiba-tiba banyak aktivitas kita menjadi terbatas, lalu kita dapat banyak waktu luang, ada kecenderungan menjadi “boros” dengan waktu atau tidak mengisi waktu dengan hal-hal yang bermanfaat.

Apa yang dikatakan Alkitab tentang WAKTU?

Efe.5:15 Karena itu, perhatikanlah dengan saksama, bagaimana kamu hidup, janganlah seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif, (16) dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat.

#1. WAKTU ADALAH HARTA YANG SANGAT BERHARGA

Maz.90:10 Masa hidup kami hanya tujuh puluh tahun, kalau kami kuat, delapan puluh tahun. Tetapi hanya kesukaran dan penderitaan yang kami dapat; sesudah hidup yang singkat, kami pun lenyap. (BIS)

Setiap kita diberikan pemberian waktu yang terbatas, sesuai dengan umur yang Tuhan tentukan. Kita tidak pernah tahu berapa lama kita diberikan kesempatan hidup di muka bumi. Yang kita tahu semua orang dalam hidup memiliki jumlah hari yang ada batasnya.

Maz.90:12 Ajarlah kami menghitung hari-hari kami sedemikian, hingga kami beroleh hati yang bijaksana. | Sadarkanlah kami akan singkatnya hidup ini supaya kami menjadi orang yang berbudi. (BIS) | (12) Teach us how short our lives are so that we can become wise. (ERV)

Ketika kita menyadari bahwa jumlah hari-hari dalam hidup kita terbatas, maka kita akan lebih bijaksana menggunakan waktu kita, karena kita menyadari setiap hari yang sudah berlalu tidak akan pernah kembali, dan setiap hari yang kita lalui berarti jumlah sisa hari (waktu) hidup kita menjadi berkurang. Karena itu kita harus menyadari bahwa waktu adalah harta yang paling berharga dalam hidup kita. Orang mengatakan waktu adalah uang. Tetapi sebenarnya waktu lebih berharga daripada uang, karena uang selalu dapat dicari, tetapi kita tidak dapay mencipta ulang waktu yang telah kita “belanjakan,”

Waktu lebih berharga daripada uang, karena waktu adalah hidup kita.

#2. KITA HARUS MEMANAGE WAKTU (HIDUP) KITA

Apa yang kita tidak KITA KELOLA DENGAN BAIK akan hilang

Efe.5:15 Karena itu, perhatikanlah dengan saksama, bagaimana kamu hidup, janganlah seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif, (16) dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat. | Redeeming the time, because the days are evil. (KJV)

  • To redeem something means to buy it back, to regain possession of it. 
  • The word “redeem” is making most of our time or trying to make it better.  
  • Efe.5: 15 So be very careful how you live. Live wisely, not like fools.  (16) I mean that you should use every opportunity you have for doing good, because these are evil times. (ERV)
  • Don’t waste your time on useless work, mere busywork…  (MSG)
  • Efe.5:15-16 So be very careful how you live, not being like those with no understanding, but live honorably with true wisdom, for we are living in evil times. Take full advantage of every day as you spend your life for his purposes. (TPT)

When God says we should be “redeeming the time,” He wants us to live in constant awareness of that ticking clock and make the most of the time we have. 

#.3 MELIHAT WAKTU SEBAGAI KESEMPATAN 

Chronos vs Kairos

  • Chronos adalah waktu yang terus berjalan dari detik ke detik, hari ke hari, bulan ke bulan dst.
  • Kairos adalah kesempatan yang akan berlalu jika tidak dimanfaatkan

Efe.5:15 Sebab itu, perhatikanlah baik-baik cara hidupmu. Jangan hidup seperti orang-orang bodoh; hiduplah seperti orang-orang bijak. (16) Gunakanlah sebaik-baiknya setiap kesempatan yang ada padamu, karena masa ini adalah masa yang jahat.

MENYADARI SINGKATNYA HIDUP DI DUNIA.

  • Efe.5:17 Sebab itu janganlah kamu bodoh, tetapi usahakanlah supaya kamu mengerti kehendak Tuhan.
  • Only God knows how much time each of us has on this earth to make decisions that will impact eternity (Maz.139:16)
  • We think through our plans and make sure they align with God’s will.

UNTUK KELUARGA

  • Rick Warren said, “The best use of life is love. The best expression of love is time. The best time to love is now.”
  • Before you pass on, pass down a legacy to the next generations

UNTUK MELAYANI TUHAN DAN SESAMA

  • Hidup ini adalah kesempatan … hidup ini untuk melayani Tuhan 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s