MERESPON KRISIS DENGAN IMAN, PENGHARAPAN DAN KASIH

Kita menghadapi hari-hari yang dengan mudah membuat kita hidup dalam ketakutan. Seharusnya dalam situasi apapun, suasana hati kita tidak boleh dikuasai ketakutan dan kekuatiran, melainkan damai sejahtera. Tuhan mau supaya kita sebagai orang percaya tidak dikalahkan oleh ketakutan, tetapi hidup dalam damai sejahtera, apapun situasi yang kita hadapi.

Yoh.14:27 Damai sejahtera Kutinggalkan bagimu. Damai sejahtera-Ku Kuberikan kepadamu, dan apa yang Kuberikan tidak seperti yang diberikan oleh dunia kepadamu. Janganlah gelisah dan gentar hatimu. | Don’t yield to fear or be troubled in your hearts — instead, be courageous. (TPT)

#1. WE LIVE BY FAITH NOT BY FEAR

Orang percaya hidupnya tidak boleh dikuasai oleh ketakutan, tetapi harus digerakkan oleh iman. Keputusan2 kita apakah di pengaruhi oleh ketakutan ? Atau oleh apa yang kita percaya sebagai kebenaran?

2Tim.1:7 Sebab Roh yang Allah berikan kepada kita, bukanlah Roh yang membuat kita menjadi penakut. Sebaliknya Roh Allah itu membuat kita menjadi kuat, penuh dengan kasih dan dapat menahan diri.  (BIS) 

KETAKUTAN MELUMPUHKAN KITA UNTUK HIDUP DALAM POTENSI YANG ROH KUDUS BERIKAN.

2Tim.1:7 For God has not given us a spirit of fear, but of power and of love and of a sound mind. (NKJV)

  • Sound mind = good judgement
  • Sound mind: akal sehat, bisa memproses dengan benar fakta / situasi, berhikmat, bisa mengambil keputusan dengan benar.

HIDUP SEBAGAI ORANG BERIMAN, TIDAK BERARTI MENINGGALKAN HIKMAT.

Ams.22:3 Orang bijaksana menghindar apabila melihat bahaya; orang bodoh berjalan terus lalu tertimpa malapetaka. 

  • Contoh: mentaati anjuran pemerintah untuk social distancing.

2Kor.5:7 sebab hidup kami ini adalah hidup karena percaya, bukan karena melihat. | menjalani hidup kita dengan cara yang konsisten dengan keyakinan kita akan janji-janji Allah. (Terjemahan dari Amp.)

HIDUP DENGAN IMAN ARTINYA MERESPON APA YANG KITA LIHAT BERDASARKAN JANJI-JANJI TUHAN.

Rom.10:17 Jadi, iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus.

Kita perlu memfokuskan diri untuk mendengar kebenaran Firman Tuhan, lebih dari berita-berita yang hanya akan memberikan ketakutan / kepanikan dalam hidup kita.

#2. BERSERAH DALAM KASIH TUHAN

1Yoh.4:18 Di dalam kasih tidak ada ketakutan: kasih yang sempurna melenyapkan ketakutan; sebab ketakutan mengandung hukuman dan barangsiapa takut, ia tidak sempurna di dalam kasih. | Where God’s love is, there is no fear, because God’s perfect love takes away fear. (ERV)

Rom.8:35 Siapakah yang akan memisahkan kita dari kasih Kristus? Penindasan atau kesesakan atau penganiayaan, atau kelaparan atau ketelanjangan, atau bahaya, atau pedang? (36) Seperti ada tertulis: “Oleh karena Engkau kami ada dalam bahaya maut sepanjang hari, kami telah dianggap sebagai domba-domba sembelihan.” (37) Tetapi dalam semuanya itu kita lebih dari pada orang-orang yang menang, oleh Dia yang telah mengasihi kita. 

Rom.8:38 Sebab aku yakin, bahwa baik maut, maupun hidup, baik malaikat-malaikat, maupun pemerintah-pemerintah, baik yang ada sekarang, maupun yang akan datang, (39) atau kuasa-kuasa, baik yang di atas, maupun yang di bawah, ataupun sesuatu makhluk lain, tidak akan dapat memisahkan kita dari kasih Allah, yang ada dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.

Maz.36:6 Ya TUHAN, kasih-Mu sampai ke langit, setia-Mu sampai ke awan. | But you, O Lord, your love is limitless, reaching higher than the highest heavens. Your great faithfulness is infinite, stretching over the whole earth. (TPT)

#3. MENYERAHKAN KEKUATIRAN KITA KEPADA TUHAN

Fil.4:6 Janganlah kuatir akan suatu apa pun, melainkan bawalah segala sesuatu dalam doa. Sampaikan kebutuhan Saudara kepada Allah dan jangan lupa bersyukur atas jawaban-Nya. (FAYH)

Fil.4:7 Saudara akan mengalami damai Allah yang jauh melebihi pengertian akal manusia. Damai-Nya akan menjadikan pikiran dan hati Saudara tenang dan tentram, sementara Saudara mempercayakan diri kepada Kristus Yesus. (FAYH)

Maz.23:4 Sekalipun aku berjalan dalam lembah kekelaman, aku tidak takut bahaya, sebab Engkau besertaku; gada-Mu dan tongkat-Mu, itulah yang menghibur aku.

Lord, even when your path takes me through
the valley of deepest darkness,
fear will never conquer me …

The comfort of your love takes away my fear.
I’ll never be lonely, for you are near.
(TPT)

#4. PERCAYA AKAN ADA FAJAR SETELAH MALAM (SELALU ADA PENGHARAPAN)

Maz.30:5  … sepanjang malam ada tangisan, menjelang pagi terdengar sorak-sorai.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s