MENYUSUN NILAI-NILAI (PRIORITAS) KEHIDUPAN

Segala sesuatu dalam hidup ada nilainya – sesuatu lebih berharga daripada yang lain – dan kita membuat keputusan2 berdasarkan nilai-nilai itu. Artinya ketika kita punya nilai-nilai yang benar maka kita membuat keputusan-keputusan hidup yang benar, sebaliknya ketika susunan nilai kita salah, maka kita akan membuat keputusan-keputusan yang salah.

Nilai-nilai itu juga menentukan bagaimana kita melihat kehidupan dan visi/fokus kehidupan kita.  

Ketika anda mengerti berapa nilai anda (identitas diri), sebagaimana Tuhan menilai anda, maka anda Andaakan percaya bahwa Tuhan akan menyediakan semua kebutuhan kita – sehingga kita tidak perlu kuatir tentang apapun juga.

Rom.8:32 Ia, yang tidak menyayangkan Anak-Nya sendiri, tetapi yang menyerahkan-Nya bagi kita semua, bagaimanakah mungkin Ia tidak mengaruniakan segala sesuatu kepada kita bersama-sama dengan Dia?

Kita manusia sebenarnya tidak berharga, tetapi kita menjadi berharga karena  Allah telah menghargai kita, dengan memberikan anak-Nya yang paling berharga kepada kita, supaya kita yang tidak berharga menjadi berharga.

#1. TUHAN MEMBERIKAN ANAKNYA — YANG PALING BERHARGA BUAT DIA — UNTUK MENEBUS KITA, SUPAYA KITA YANG TIDAK BERHARGA MENJADI BERHARGA.

Nilai suatu benda ditentukan oleh seberapa seseorang mau membayar untuk memperolehnya!

Ada lukisan dijual, tidak ada yang membeli, tetapi tiba-tiba ada seorang yang sangat kaya, membeli lukisan tersebut dengan harga yang sangat fantastis, akibatnya lukisan tersebut sekarang memiliki nilai yang tinggi. Nilai lukisan adalah bukan pada lukisannya, tetapi karena ada seseorang yang memberikan harga yang tinggi kepada lukisan tersebut.

Dengan kata lain, nilai anda ditentukan dari seberapa Tuhan menilai anda!

Rom.8:32 He who did not spare his own Son, but gave him up for us all — how will he not also, along with him, graciously give us all things? (NIV)

Pertanyaannya mengapa banyak orang kuatir?

Mat.6:31 Sebab itu janganlah kamu KUATIR dan berkata: Apakah yang akan kami makan? Apakah yang akan kami minum? Apakah yang akan kami pakai?

  • “kuatir” menggambarkan isi HATI seseorang!

Mat.6:21 Karena di mana hartamu berada, di situ juga hatimu berada. | For where your treasure is, there will your heart be also. (Amp)

Bagaimana kita MENILAI / MENGHARGAI sesuatu dalam kehidupan, mengungkapkan bagaimana hati kita.

NILAI-NILAI yang anda percayai (apa yang anda anggap BERHARGA dalam hidup), merupakan indikator keadaan hatimu!

Mat.6:22 Mata adalah pelita tubuh. Jika matamu baik, teranglah seluruh tubuhmu; (23) jika matamu jahat, gelaplah seluruh tubuhmu. Jadi jika terang yang ada padamu gelap, betapa gelapnya kegelapan itu. | If then the very light in you [your conscience] is darkened, how dense is that darkness! (Amp)

  • NILAI-NILAI yang kita miliki, bukan saja menjadi indikator keadaan hati kita, tetapi juga menentukan cara kita melihat kehidupan dan visi kehidupan kita.
    • CONTOH: Anda pergi ke mall, apa yang anda lihat dan apa yang istrimu lihat berbeda; tergantung apa yang berharga buat anda. Apa yang dilihat anak kita juga berbeda!
  • Ketika nilai-nilai dalam kehidupan kita berubah, maka kita akan melihat segala sesuatu dengan cara yang berbeda!
    • Contoh: Di padang gurun, sebotol air lebih berharga dari emas.
  • Kalau kita menilai uang sebagai yang terutama dalam hidup, maka kita akan mengukur segala sesuatu dengan uang! 
  • Ketika nilai-nilai dalam hidup kita berubah, visi kehidupan anda berubah!
    • Kita akan melihat hidup dengan cara yang berbeda!
  • Ketika punya nilai-nilai yang salah maka kita punya “visi yang jahat” >> membawa kita hidup dalam kegelapan! 

Ketika kita memiliki pemahaman tentang nilai-nilai yang benar, maka kita akan memiliki visi yang benar pula.

Mat.6:24 “Tidak seorang pun dapat bekerja untuk dua majikan. Sebab ia akan lebih mengasihi yang satu daripada yang lain. … (BIS) | “No one can serve two masters. For you will hate one and love the other; you will be devoted to one and despise the other. You cannot serve both God and money.” (NLT)

  • Love / hate adalah tentang HATI seseorang.

HATI kitalah yang memiliki kemampuan untuk mempertimbangkan dan memutuskan yang mana yang lebih berharga dari yang lain. Apa yang diputuskan dalam hati kita maka itulah yang menjadi nilai-nilai dalam hidup kita.

Nilai-nilai dalam hidup ada TINGKATANNYA (ada yang lebih tinggi ada yang lebih rendah)

Mat.6:24 “Tidak seorang pun dapat bekerja untuk dua majikan. Sebab ia akan lebih mengasihi yang satu daripada yang lain. (BIS) | … You cannot serve both God and money.” (NLT)

TUHAN > UANG

  • Menarik bahwa Alkitab membandingkan langsung Tuhan dengan uang!

Pengk.10:19 Untuk tertawa orang menghidangkan makanan; anggur meriangkan hidup dan uang memungkinkan semuanya itu.

  • MONEY IS POWERFUL! Uang mampu membeli posisi, kekuasaan, perlindungan, dan kesenangan. Uang bisa membeli teman, menggulingkan pemerintah, dan mempengaruhi massa.
  • Itulah sebabnya Yesus menunjukkan bahwa UANG sebagai satu-satunya hal yang bisa berkompetisi dengan Allah dalam memperebutkan hati kita. 
  • Uang menjadi hal yang baik jika di tingkatan prioritas yang benar, tetapi menjadi tidak baik jika prioritasnya di atas Allah >> menjadi tuan dalam hidup kita! 

Pertanyaan #1: Apakah cara anda akan menggunakan uang akan berbeda ketika Tuhan menjadi yang paling berharga dalam hidup anda?

Pertanyaan #2: Apakah anda percaya bahwa uang akan menyelesaikan semua masalah dalam hidup anda?

Kalau jawabannya “ya” maka anda sangat dekat dengan CINTA uang. 

1Tim.6:10 Karena akar segala kejahatan ialah cinta uang. Sebab oleh memburu uanglah beberapa orang telah menyimpang dari iman dan menyiksa dirinya dengan berbagai-bagai duka.

  • Hati kita membuat keputusan berdasarkan tingkatan nilai-nilai (apa yang kita anggap lebih berharga daripada yang lain): bagaimana kita menggunakan uang, bagaimana mita menggunakan waktu, dengan siapa engkau bergaul, apakah engkau akan punya keluarga yang baik, apakah engkau akan hidup dalam kedamaian atau kekuatiran.
  • Ketika tingkatan nilai-nilai benar >> anda membuat  keputusan-keputusan yang benar;
  • Ketika tingkatan keputusan salah >> anda membuat keputusan-keputusan yang salah!!
  • Kita tidak bisa punya tingkatan nilai-nilai yang benar tanpa punya PATOKAN
  • Contoh: nilai iPad dibanding nilai air; dibanding Rupiah; dibandingkan $; dst. 

Patokan nilai yang tertinggi adalah TUHAN! Dan tidak pernah berubah!!!

#2 NILAI ANDA DITENTUKAN OLEH SEBERAPA TUHAN MENILAI ANDA; NILAI-NILAI DALAM HIDUP KITA DITENTUKAN OLEH SEBERAPA KITA MENGHARGAI TUHAN!

My value is not based on how much money I have; not based on my job, not determined by the color of my skin. But based on how God valued me!

Mat.6:25 Karena itu Aku berkata kepadamu: Janganlah kuatir akan hidupmu, akan apa yang hendak kamu makan atau minum, dan janganlah kuatir pula akan tubuhmu, akan apa yang hendak kamu pakai. Bukankah HIDUP itu lebih penting dari pada MAKANAN dan TUBUH itu lebih penting dari pada PAKAIAN?

Bukan berarti TUBUH dan PAKAIAN tidak penting … tetapi ada TINGKATAN (apa lebih penting dari apa):

Tuhan > uang

Hidup > makanan

Tubuh > pakaian

Hidup = relationship; kalau rumah kebakaran apa yang anda selamatkan?

Mat.22:37-39 Jawab Yesus kepadanya: “Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu. Itulah hukum yang terutama dan yang pertama. Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.”

  • Yesus menjelaskan: dalam hidup ini akhirnya yang penting adalah mengasihi Allah dan mengasihi satu sama lain
  • Dengan kata lain HIDUP adalah soal hubungan (relationships), hubungan dengan Allah lalu hubungan dengan satu sama lain.

Makanan = what we enjoy in life, makan, hobby, entertainment dll

Hidup > makanan

  • Jangan sampai harus ada peristiwa ketika hidup terancam baru kita menyadari bahwa hidup / relationships is more important than food/hobby/enjoyment/entertainment
  • Istri minta cerai; anak narkoba; orang tua sakit keras dll.
  • Sangat mudah untuk kita kehilangan perspective yang benar, dan membuat hal-hal disekeliling kita lebih penting daripada relationships!
  • Apa yang kita investasikan dalam relationship? Waktu? Energi? Perhatian?

Mat.6:25 Karena itu Aku berkata kepadamu: Janganlah kuatir akan hidupmu, akan apa yang hendak kamu makan atau minum, dan janganlah kuatir pula akan tubuhmu, akan apa yang hendak kamu pakai. Bukankah HIDUP itu lebih penting dari pada MAKANAN dan TUBUH itu lebih penting dari pada PAKAIAN?

Tubuh > pakaian

  • Tubuh = kesehatan
  • Pakaian = apa yang menghiasi hidup kita menjadi lebih indah; excellency; things

Semua PENTING tetapi harus pada tingkatan yang benar!

Tuhan > uang

Hidup > makanan

Tubuh > pakaian

Kita harus melatih hati kita untuk menimbang dengan benar! Kita tidak bisa punya tingkatan nilai-nilai yang benar tanpa punya patokan. Patokan nilai yang tertinggi adalah TUHAN! Dan tidak pernah berubah!

  • Kita tidak akan menganggap remeh istri kita, karena ketika kita menganggap remeh istri kita, sesuatu melebihi hubungan kita dengan istri kita.
    • Contoh: Kita  harus memutuskan untuk mengantarkan istri untuk suatu keperluan, walaupun harus meninggalkan hobby kita (berolah raga, pergi untuk melakukan hobby kita)
  • Kita mendidik anak kita dengan tidak menyakiti hatinya, karena ketika kita menyakiti hati anak anak kita hal itu menunjukkan bahwa sesuatu lebih berharga dari hubungan kita dengan anak-anak kita.
    • Contoh: kita memarahi anak kita habis-habisan hanya karena anak kita memecahkan benda yang kita anggap berharga.
  • Kita menjadi orang yang bekerja dengan purpose untuk melayani Tuhan. Karena ketika kita bekerja dan uang menjadi tujuan kita, maka kita akan menghargai semua dalam pekerjaan kita dengan uang, karena uang menjadi lebih bernilai bagi kita dibanding segala sesuatu yang lainnya. Ketika perkerjaan kita menghalangi kita untuk hidup benar >> ganti pekerjaan!
  • Kita tidak akan menipu rekan bisnis kita atau orang lain, demi uang yang akan kita dapatkan.  Karena ketika kita melakukannya itu artinya kita menghargai uang lebih dari hubungan dengan orang lain. 
  • Kita akan tahu mengatur waktu dalam bekerja, kita tidak akan menjadikan pekerjaan menjadi alasan untuk kita tidak memiliki waktu untuk keluarga. Kita tidak akan mengorbankan RELATIONSHIPS demi karier / uang / kekayaan!
  • Kita akan memprioritaskan iCare , karena di dalam iCare kita dapat membangun hubungan dengan “keluarga rohani”. 
  • Kita tidak akan terlambat ke gereja dan akan selalu tepat waktu dalam pelayanan. Karena ketika kita selalu terlambat ke gereja atau pelayanan, tetapi selalu on time waktu pergi ke bioskop, itu menunjukkan bahwa hiburan atau kesenangan lebih berharga bagi kita.

Tingkatan nilai-nilai menentukan VISI KEHIDUPAN kita: apa yang berharga dan ingin kita perjuangan dan di mana FOKUS kehidupan kita!

Mat.6:25 Karena itu Aku berkata kepadamu: Janganlah kuatir akan hidupmu, akan apa yang hendak kamu makan atau minum, dan janganlah kuatir pula akan tubuhmu, akan apa yang hendak kamu pakai… (26) Pandanglah burung-burung di langit, yang tidak menabur dan tidak menuai dan tidak mengumpulkan bekal dalam lumbung, namun diberi makan oleh Bapamu yang di sorga. Bukankah kamu jauh melebihi burung-burung itu? (27) Siapakah dari kalian yang dengan kekhawatirannya dapat memperpanjang umurnya biarpun sedikit? (BIS)

Mat.6:28 Dan mengapa kamu kuatir akan pakaian? Perhatikanlah bunga bakung di ladang, yang tumbuh tanpa bekerja dan tanpa memintal, (29) namun Aku berkata kepadamu: Salomo dalam segala kemegahannyapun tidak berpakaian seindah salah satu dari bunga itu.

Mat.8:30 Jadi jika demikian Allah mendandani rumput di ladang, yang hari ini ada dan besok dibuang ke dalam api, tidakkah Ia akan terlebih lagi mendandani kamu, hai orang yang kurang percaya?

Bahkan urutan yang paling akhir saya Tuhan sediakan!!! 

Mat.8:31 Sebab itu janganlah kamu kuatir dan berkata: Apakah yang akan kami makan? Apakah yang akan kami minum? Apakah yang akan kami pakai? (32) Semua itu dicari bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah….

  • Orang yang tidak mengenal Allah menjadikan semua itu menjadi prioritas dalam hidupnya. >> PRIORITAS YANG SALAH >> WRONG JUDGEMENT >> WORRY 

Mat.8:31 Sebab itu janganlah kamu kuatir dan berkata: Apakah yang akan kami makan? Apakah yang akan kami minum? Apakah yang akan kami pakai? (32) Semua itu dicari bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah. Akan tetapi Bapamu yang di sorga tahu, bahwa kamu memerlukan semuanya itu.

Mat.6:33 Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.

Kelihatannya ini suatu yang cliché; tetapi sebenarnya ini adalah CORE / INTI dari kehidupan orang Kristen / lifestyle : Tuhan menjadi yang terutama dalam hidup kita dan segala sesuatu yang lain dalam hidup kita ada di bawah pemerintahan Tuhan; maka tidak ada yang perlu kita kuatirkan dalam hidup kita!

#3. KETIKA ANDA MENGERTI BAHWA ANDA BERNILAI KARENA TUHAN MENJADI YANG PALING BERHARGA DALAM HIDUP ANDA (segala sesuatu yang lain berada pada tingkatan yang benar) MAKA ANDA AKAN MELIHAT BAHWA SEMUA YANG ANDA CARI SUDAH TUHAN SEDIAKAN!

Mat.6:33 Set your heart first on his kingdom and his goodness, and all these things will come to you as a matter of course.” (PHILIPS)

KETIKA HATIMU BERUBAH, NILAI-NILAIMU BERUBAH, VISI-MU BERUBAH, HIDUPMU BERUBAH!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s