DEKLARASI KABAR BAIK (5 FOUNDATIONAL TRUTH)

#1. SAYA DISELAMATKAN OLEH KASIH KARUNIA ALLAH, BUKAN OLEH PERBUATAN SAYA. | I AM SAVED BY GRACE AND NOT BY MY WORKS.

Simple truth: SAYA DISELAMATKAN OLEH KASIH KARUNIA ALLAH.

Bahwa karena Tuhan mengasihi (bukan membenci) maka Ia mengirimkan Anak-Nya Yesus untuk datang ke dunia, mati di Salib menebus dosa manusia, sehingga barangsiapa yang percaya tidak binasa melainkan memperoleh HIDUP yang kekal.

Yoh.3:1 Adalah seorang Farisi yang bernama Nikodemus, seorang pemimpin agama Yahudi. (2) Ia datang pada waktu malam kepada Yesus dan berkata: “Rabi, kami tahu, bahwa Engkau datang sebagai guru yang diutus Allah; sebab tidak ada seorangpun yang dapat mengadakan tanda-tanda yang Engkau adakan itu, jika Allah tidak menyertainya.” (3) Yesus menjawab, kata-Nya: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan kembali, ia tidak dapat melihat Kerajaan Allah.”

Yoh.3:16 Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal. (17) Sebab Allah mengutus Anak-Nya ke dalam dunia bukan untuk menghakimi dunia, melainkan untuk menyelamatkannya oleh Dia.

1Pet.1:18 Sebab kamu tahu, bahwa kamu telah ditebus dari cara hidupmu yang sia-sia yang kamu warisi dari nenek moyangmu itu bukan dengan barang yang fana, bukan pula dengan perak atau emas, (19) melainkan dengan darah yang mahal, yaitu darah Kristus yang sama seperti darah anak domba yang tak bernoda dan tak bercacat.

Efe.1:7 Sebab, oleh kematian Kristus, kita dibebaskan oleh Allah, berarti Ia sudah mengampuni kita dari dosa-dosa kita. (8) Ia melakukan itu karena Ia sangat mengasihi kita, dan kasih itu dilimpahkan-Nya kepada kita dengan penuh kebijaksanaan dan pengertian. (BIS)

Ibr.9:13 Sebab, jika darah domba jantan dan darah lembu jantan dan percikan abu lembu muda menguduskan mereka yang najis, sehingga mereka disucikan secara lahiriah, (14) betapa lebihnya darah Kristus, yang oleh Roh yang kekal telah mempersembahkan diri-Nya sendiri kepada Allah sebagai persembahan yang tak bercacat, akan menyucikan hati nurani kita dari perbuatan-perbuatan yang sia-sia, supaya kita dapat beribadah kepada Allah yang hidup. | Ibr.9:14 It will give us clear consciences so that we can worship the living God. (ERV)

Yoh.2:8 Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah.

“Karunia Kristus bukanlah agama Kristen, tetapi rahmat dan kasih Allah yang memuncak di salib.” Dietrich Bonhoeffer

#2. SAYA DIBENARKAN, SAYA DIUBAHKAN DAN SAYA DIBERKATI DI DALAM DIA | I AM MADE RIGHT, I AM A WORK IN PROGRESS AND I AM BLESSED IN HIM.

“I am made right:’ Berbicara tentang status kita sebagai orang benar (dibenarkan) sehingga kita sudah diperdamaikan dengan Tuhan (tidak lagi bermusuhan).

“I am work in progress”:

Yang lain dalam hidup kita adalah proses BELAJAR untuk membangun hidup berdasarkan Firman Tuhan (Alkitab): It’s a matter of GROWING toward MATURITY

  • Karakter
  • Relationships
  • Pola membangun keluarga
  • Pola membangun Bisnis
  • Pola membangun pelayanan

Harus ditekankan bahwa semua ini adalah sebuah PROSES. Orang maunya yang instan, tetapi kebenarannya semua perlu PROSES.

Jangan menekankan kesempurnaan pada diri kita sendiri atau pada orang lain, yang kita mau cari adalah PROGRESS.

“I am blessed in Him:”

  • I am not alone: Tuhan akan selalu berjalan bersamaku, Tuhan tidak akan pernah meninggalkanku, Roh Kudus diam di dalam hidupku.
  • Jesus loves me: He knows me by name.
  • Rancangan Tuhan indah: Maz.139; Yer.29:11

#3. SEGALA SESUATU TERJADI DALAM HIDUP SAYA UNTUK KEBAIKAN. | ALL THINGS THAT HAPPEN IN MY LIFE WORK TOGETHER FOR GOOD!

Tuhan menyertai dan selalu turut bekerja dalam hidupku.

Rom.8:28 Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.

Kadang kita tidak mengerti, tetapi kita harus selalu PERCAYA bahwa apa yang Tuhan kerjakan selalu untuk kebaikan kita. Kalau sesuatu terjadi tidak sesuai dengan apa yang kita doakan dan kita inginkan karena Tuhan punya rancangan yang lebih baik.

#4. SAYA DIPANGGIL SESUAI DENGAN RENCANANYA. | I AM CALLED ACCORDING TO HIS PURPOSE

Kalau kita mau punya hidup yang significant (berarti) kita harus bisa meng-connect visi hidup kita (purpose, tujuan) dengan purposenya Tuhan, itu yang disebut CALLING. Setiap orang harus menemukan holy discontent dalam hidupnya, yaitu satu hal/alasan mengapa kita ada di dunia ini, dan panggilan secara pribadi untuk berpartner dengan Tuhan. Ketika kita melakukan apa yang kita percaya sebagai panggilan dalam hidup kita, maka ini memberikan energi dalam hidup kita, menjadi alasan dan memberikan gairah untuk kita bangun pagi dan memberikan kekuatan ketika kita menghadapi tantangan dalam hidup kita. Jangan mengukur kehidupannya dengan kenyamanan, uang, kemudahan, melainkan dengan ketaatan dan significance.

Efe.2:10 Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya.

#5. TOGETHER WE LIVE FOR GOD’S GLORY. | BERSAMA KITA HIDUP UNTUK KEMULIAAN ALLAH.

Fokuskan hidupmu untuk membawa kemuliaan bagi Tuhan. Miliki prinsip bahwa saya tidak akan melakukan apapun yang tidak memuliakan Tuhan. Gunakan semua kekuatan anda untuk melayani Tuhan.

Yoh.17:4 Aku telah mempermuliakan Engkau di bumi dengan jalan menyelesaikan pekerjaan yang Engkau berikan kepada-Ku untuk melakukannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s