TUJUH DASAR KEHIDUPAN #3: I WILL BUILD MY LIFE UPON GOD’S WORD

Mat.7:24-25 Setiap orang yang mendengar perkataan-Ku ini dan melakukannya, ia sama dengan orang yang bijaksana, yang mendirikan rumahnya di atas batu. Kemudian turunlah hujan dan datanglah banjir, lalu angin melanda rumah itu, tetapi rumah itu tidak rubuh sebab didirikan di atas batu.

EMPAT DASAR YANG SALAH UNTUK MEMBANGUN KEHIDUPAN:

#1. PIKIRAN MANUSIA DAN ASUMSI:

Yang tampaknya benar menurut pikiran, ternyata ujungnya bisa menuju maut – Ams 16:25. Orang berbuat sesuatu menurut anggapan sendiri, pandangan sendiri dan pendapat sendiri – Hak 21:25. Adalah bodoh apabila hanya percaya wawasan sendiri, pendapatnya sendiri – Ams 28:26

Yes.55:8-9 TUHAN berkata, “Pikiran-Ku bukan pikiranmu, dan jalan-Ku bukan jalanmu. Setinggi langit di atas bumi, setinggi itulah pikiran-Ku di atas pikiranmu, dan jalan-Ku di atas jalanmu. (BIS)

#2. EMOSI:

Menilai sesuatu benar atau salah; apakah melakukan atau tidak melakukan sesuatu berdasarkan perasaan (feeling). Ingat kisah Hawa yang melanggar perintah TUHAN memakan buah yang dilarang hanya karena pohon itu menarik hati – Kej 3:6. Kain membunuh Habel karena korban Habel lebih dikenan daripada Kain. Kain menjadi panas hati dan muram. Kain memukul Habel dan membunuhnya – Kej 4:3-5

Perasaan dapat menjadi petunjuk tetapi bukan sebagai penuntun.

#3. TRADISI / ADAT-ISTIADAT / KEBIASAAN-KEBIASAAN:

Tradisi belum tentu benar dan banyak tradisi menyimpang. Terlalu berpegang kepada tradisi, perintah TUHAN bisa diabaikan dan condong kepada perintah manusia – Mrk 7:7. 

#4. APA YANG ORANG-ORANG LAIN LAKUKAN (CULTURE / TREND)

Karena bujukan orang lain, manusia bisa ikut-ikutan melakukan berbuat salah, melakukan kejahatan.

Kel.23:2 Jangan ikut-ikutan dengan kebanyakan orang kalau mereka berbuat salah atau menyelewengkan hukum… (BIS) Jangan lakukan sesuatu hanya karena orang lain melakukannya. Jika sekelompok orang melakukan yang salah, jangan bergabung dengan mereka. (VMD)

SOLID FOUNDATION

Mat.7:24-25 Setiap orang yang mendengar perkataan-Ku ini danmelakukannya, ia sama dengan orang yang bijaksana, yang mendirikan rumahnya di atas batu. Kemudian turunlah hujan dan datanglah banjir, lalu angin melanda rumah itu, tetapi rumah itu tidak rubuh sebab didirikan di atas batu.

a foolish man who built his house on sand.

Mat.7:26-27 Tetapi setiap orang yang mendengar perkataan-Ku ini dan tidak melakukannya[does not obey], ia sama dengan orang yang bodoh, yang mendirikan rumahnya di atas pasir. Kemudian turunlah hujan dan datanglah banjir, lalu angin melanda rumah itu, sehingga rubuhlah rumah itu dan hebatlah kerusakannya.”

Perbedaan orang bijak dan orang bodoh adalah terletak melakukan atau tidak melakukan perkataan Yesus.

#1. FIRMAN TUHAN BERKUASA

ALKITAB bukan sekedar buku pelajaran atau SEJARAH, tetapi FIRMAN TUHAN. Firman TUHAN tidak akan kembali dengan sia-sia, akan melaksanakan apa yang TUHAN kehendaki dan pasti berhasil – Yes 55:10

Yoh.1:1-3 Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah. Ia pada mulanya bersama-sama dengan Allah. Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan.

Yoh.1:4-5 Dalam Dia ada hidup dan hidup itu adalah terang manusia. Terang itu bercahaya di dalam kegelapan dan kegelapan itu tidak menguasainya.

(4) The Word gave life to everything that was created, and his life brought light to everyone. (NLT)

#2. FIRMAN KEBENARAN

KEBAIKAN itu relatif, tetapi FIRMAN TUHAN adalah KEBENARAN yang MUTLAK (lengkap, kekal, tidak berubah-ubah, tanpa pengecualian/universal, tidak tergantung pandangan atau penafsiran manusia). Kebenaran dalam bahasa Yunani “Aletheia” berarti kebenaran secara budi – Yoh 17:17. Firman TUHAN tetap untuk selama-lamanya – Yes 40:8

INFALIBILITAS ALKITAB (BIBLICAL INFALLIBILITY)

Alkitab memiliki otoritas yang absolut dan tidak bercacat,tidak akan gagal dalam setiap penghakiman dan pernyataannya,  dan setiap pengajarannya tidak dapat digugat bersalah, tidak menyesatkan dan tidak dapat dikontradiksikan serta disangkal kebenarannya.

INERANSI ALKITAB (BIBLICAL INERRANCY)

Alkitab adalah firman yang diwahyukan oleh Allah sendiri dan diilhamkan Roh Kudus kepada para penulisnya sehingga naskah aslinya memiliki kualitas yang bebas dari kesalahan,bukan hanya dalam hal yang berkaitan dengan moral dan kerohanian tetapi juga termasuk hal yang berkaitan dengan sejarah, geografi, dan ilmu pengetahuan.

Yoh.8:31 Maka kata-Nya kepada orang-orang Yahudi yang percaya kepada-Nya: “Jikalau kamu tetap dalam firman-Ku, kamu benar-benar adalah murid-Ku (32) dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu.” … if you remain faithful to my teachings. (NLT)

#3. PEDOMAN KEHIDUPAN

Firman TUHAN itu adalah terang yang menuntun langkah-langkah kita, terang yang menunjukkan jalan yang harus kita ambil – Mzm 119:105.

Rom.12:2  Aligning our  mind  with the  word

Yak.1:25 Hukum Allah sempurna dan mempunyai kekuatan untuk memerdekakan manusia. Dan orang yang menyelidiki dan memperhatikan baik-baik serta melakukan hukum-hukum itu, dan bukannya mendengar saja lalu melupakannya, orang itu akan diberkati Allah dalam setiap hal yang dilakukannya. (BIS)

THE CALL OF WISDOM

Menjadi orang yang mendapatkan hikmat tidak mudah: sesuatu yang kita lakukan asal-asalan, tetapi dengan kesungguhan, niat, usaha, seperti orang mencari perak. Tetapi orang lebih niat cari uang daripada cari hikmat.

Ams.2:4 jikalau engkau mencarinya seperti mencari perak, dan mengejarnya seperti mengejar harta terpendam,  maka engkau akan memperoleh pengertian tentang takut akan TUHANdan mendapat pengenalan akan Allah.

“Bobot perkataan seseorang buat kita tergantung pada penghormatan yang kita berikan kepada orang itu.” Dan dari TUHANlah sumber kebijaksanaan (wisdom) yang membuat kita dapat mengaplikasikan Firman TUHAN dalam kehidupan, pengetahuan (knowledge) yang dapat membaca situasi dengan benar; menafsirkan data dengan benar, dapat menarik kesimpulan dengan benar dan pengertian (understanding) yang artinya memiliki perspektif Ilahi. 

Kebijaksanaan inilah yang akan memelihara kita, kepandaian akan menjaga kita dari jalan yang salah, tipu muslihat – Ams 2:10

QUALITY OF LIFE

Hikmat akan memberikan kebaikan, umur panjang dan semua akan menjadi baik bagi yang tidak melupakan ajaran dan menyimpannya dalam hati – Ams 3:1. Hikmat memberi keuntungan melebihi keuntungan perak dan emas dan lebih berharga dari permata – Ams 3:13. Hikmat akan membawa sukacita kehidupandan kedamaian – Ams 3:16-17.

Hikmat akan seperti pohon yang memberi kehidupan bagi mereka yang berpegang kepadanya – Ams 3:18

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s