I WILL LIVE TO HONOR GOD

TUJUH KOMITMEN JEMAAT IFGF SEMARANG

#1. I WILL LIVE TO HONOR GOD (SAYA HIDUP UNTUK MEMULIAKAN TUHAN)

1Sam.2:30 “Sebab siapa yang menghormati Aku, akan Kuhormati, tetapi siapa yang menghina Aku, akan dipandang rendah.”

Apa artinya menghormati Tuhan?

  1. Menghormati Tuhan artinya mengakui Ketuhanan-Nya

“Menghormati” artinya menaruh nilai yang tinggi pada seseorang.

Wah.4:10kedua puluh empat pemimpin itu tersungkur di depan orang yang duduk di takhta itu, lalu menyembah Dia yang hidup selama-lamanya. Kemudian mereka melemparkan mahkota-mahkota mereka ke depan takhta itu serta berkata,(11) “Ya Tuhan, ya Allah kami! Engkau sajalah yang layakmenerima pujian, hormatdan kuasa. Sebab Engkaulah pencipta segala sesuatu, dan atas kehendak-Mu juga segala sesuatu itu telah terjadi dan hidup.”

You are worthy to receive glory and honor and power.(ERV)

  • Tuhan layak menerima penyembahandari kita. (Worship)

Wah.14:6Dan aku melihat seorang malaikat lain terbang di tengah-tengah langit dan padanya ada Injil yang kekal untuk diberitakannya kepada mereka yang diam di atas bumi dan kepada semua bangsa dan suku dan bahasa dan kaum, (7) dan ia berseru dengan suara nyaring: “Takutlah akan Allahdan muliakanlah Dia, karena telah tiba saat penghakiman-Nya, dan sembahlahDia yang telah menjadikan langit dan bumi dan laut dan semua mata air.”

Maz.34:3Muliakanlah TUHAN bersama-sama dengan aku, marilah kita bersama-sama memasyhurkan nama-Nya!

Maz.71:8 Mulutku penuh dengan puji-pujian kepada-Mu, dengan penghormatan kepada-Mu sepanjang hari.

  • Tuhan memiliki otoritas tertinggi dalam hidup kita, artinya hidup dalam ketaatankepada perintah dan aturan Tuhan. (Obey)
  • Mengakui bahwa Dia adalah Tuhan yang bedaulat mengandung pengertian bahwa kita dapat mempercayakan hidup kita kepada-Nya. (Trust)
  • Menghormati Tuhan artinya hidup dalam takut akan Tuhan. 

Menghormati Tuhan artinya mengakui semua sifat dan atribut Tuhan. Salah satu sifat Tuhan adalah KEKUDUSAN, Dia Tuhan yang KUDUS. Menghormati Tuhan juga berarti menghormati KEKUDUSAN-NYA.

Maz.29:2 Berilah kepada TUHAN kemuliaan nama-Nya, sujudlah kepada TUHAN dengan berhiaskan kekudusan!

Sebagai anak-anak Tuhan kita menghormati Tuhan dengan merefleksikan semua karakter dan atribut Tuhan.

  • Menghormati Tuhan artinya hidup untuk KEMULIAAN-Nya.

Yes.43:7semua orang yang disebutkan dengan nama-Ku yang Kuciptakan untuk kemuliaan-Ku, yang Kubentuk dan yang juga Kujadikan!”

Kol.1:16karena di dalam Dialah telah diciptakan segala sesuatu, yang ada di sorga dan yang ada di bumi, yang kelihatan dan yang tidak kelihatan, baik singgasana, maupun kerajaan, baik pemerintah, maupun penguasa; segala sesuatu diciptakan oleh Dia dan untuk Dia.

1Kor.10:31ku menjawab: Jika engkau makan atau jika engkau minum, atau jika engkau melakukan sesuatu yang lain, lakukanlah semuanya itu untuk kemuliaan Allah.

Bagaimana menghormati Tuhan?

Mar.7:1 Pada suatu kali serombongan orang Farisi dan beberapa ahli Taurat dari Yerusalem datang menemui Yesus. (2) Mereka melihat, bahwa beberapa orang murid-Nya makan dengan tangan najis, yaitu dengan tangan yang tidak dibasuh. (3) Sebab orang-orang Farisi seperti orang-orang Yahudi lainnya tidak makan kalau tidak melakukan pembasuhan tangan lebih dulu, karena mereka berpegang pada adat istiadat nenek moyang mereka; (4) dan kalau pulang dari pasar mereka juga tidak makan kalau tidak lebih dahulu membersihkan dirinya. Banyak warisan lain lagi yang mereka pegang, umpamanya hal mencuci cawan, kendi dan perkakas-perkakas tembaga. (5) Karena itu orang-orang Farisi dan ahli-ahli Taurat itu bertanya kepada-Nya: “Mengapa murid-murid-Mu tidak hidup menurut adat istiadat nenek moyang kita, tetapi makan dengan tangan najis?” (6) Jawab-Nya kepada mereka: “Benarlah nubuat Yesaya tentang kamu, hai orang-orang munafik! Sebab ada tertulis: Bangsa ini memuliakan Aku dengan bibirnya, padahal hatinya jauh dari pada-Ku.

  1. Mulai dari hati

Penghormatan yang tidak basa-basi tetapi keluar dari hati = dari sumber terdalam kehidupan kita; kerinduan yang paling dalam yaitu untuk memuliakan Tuhan dan mendudukan Dia sebagai Tuhan dalam hidup kita.

Wujud nyata dari hati yang menghormati Tuhan adalah ketaatan kepada Tuhan sendiri.

(7) Percuma mereka beribadah kepada-Ku, sedangkan ajaran yang mereka ajarkan ialah perintah manusia. (8) Perintah Allah kamu abaikan untuk berpegang pada adat istiadat manusia.” (9) Yesus berkata pula kepada mereka: “Sungguh pandai kamu mengesampingkan perintah Allah, supaya kamu dapat memelihara adat istiadatmu sendiri.

  • Dengan tubuh kita

1Kor.6:18 Jauhkanlah dirimu dari percabulan! Setiap dosa lain yang dilakukan manusia, terjadi di luar dirinya. Tetapi orang yang melakukan percabulan berdosa terhadap dirinya sendiri.

(19) Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, –dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri?

(20) Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!

  • Dengan harta kita

Ams.3:9 Muliakanlah TUHAN dengan hartamu dan dengan hasil pertama dari segala penghasilanmu, (10) maka lumbung-lumbungmu akan diisi penuh sampai melimpah-limpah, dan bejana pemerahanmu akan meluap dengan air buah anggurnya.

Honor the Lord with your wealth and the first part of your harvest. (ERV)

  • Dengan melayani Tuhan
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s