COMPASSION | SEVEN FOUNDATIONAL LEADERSHIP VALUES #3

3-ways-to-be-a-more-compassionate-person

We make a living by what we get, but we make a life by what we give.” —Winston Churchil

Asal kata: COMPATI= “Ikut Menderita”

COMPASSION: Perasaan dapat ikut merasakan kebutuhan dan penderitaan  orang lain.

MATIUS 9:36  Melihat orang banyak itu, tergeraklah hati Yesus oleh belas kasihankepada mereka, karena mereka lelah dan terlantar seperti domba yang tidak bergembala.

Kehidupan seorang pemimpin seharusnya tidak digerakkan oleh Selfishness(mencari kenyamanan, pengakuan orang, memanfaatkan orang untuk kepentingan kita) tetapi oleh Belas Kasihankepada orang lain, supaya kita memiliki hubungan yang baik dengan orang-orang; dan supaya Tuhan bisa memakai hidup kita untuk menolong orang lain.

BELAS KASIHAN MEMBAWA KITA MELIHAT LEBIH DALAM

DARI APA YANG ADA DI PERMUKAAN, UNTUK DAPAT MENGERTI

APA YANG SAYA BISA BAGIKAN UNTUK ORANG ITU.

MATIUS 14:14 Ketika Yesus mendarat, Ia melihatorang banyak yang besar jumlahnya, maka tergeraklah hati-Nyaoleh belas kasihan kepada mereka dan Ia menyembuhkan mereka yang sakit.

Compassionwill always accomplish more than sympathy. Every time Jesus was moved with compassion, a miracle was about to happen.” —Brian Houston

MATIUS 15:32 Lalu Yesus memanggil murid-murid-Nya dan berkata: “Hati-Ku tergerak oleh belas kasihankepada orang banyak itu. Sudah tiga hari mereka mengikuti Aku dan mereka tidak mempunyai makanan. Aku tidak mau menyuruh mereka pulang dengan lapar, nanti mereka pingsan di jalan.”

PERUMPAMAAN ORANG SAMARIA YANG BAIK HATI

LUKAS 10:30–37  Jawab Yesus: “Adalah seorang yang turun dari Yerusalem ke Yerikho; ia jatuh ke tangan penyamun-penyamun yang bukan saja merampoknya habis-habisan, tetapi yang juga memukulnya dan yang sesudah itu pergi meninggalkannya setengah mati. (31)Kebetulan ada seorang imamturun melalui jalan itu; ia melihat orang itu, tetapi ia melewatinya dari seberang jalan. (32)Demikian juga seorang Lewidatang ke tempat itu; ketika ia melihat orang itu, ia melewatinya dari seberang jalan. (33)Lalu datang seorang Samaria, yang sedang dalam perjalanan, ke tempat itu; dan ketika ia melihat orang itu, tergeraklah hatinya oleh belas kasihan.(34)Ia pergi kepadanyalalu membalut luka-lukanya, sesudah ia menyiraminya dengan minyak dan anggur. Kemudian ia menaikkan orang ituke atas keledai tunggangannya sendiri lalu membawanya ke tempat penginapan dan merawatnya. (35)Keesokan harinya ia menyerahkan dua dinar kepada pemilik penginapan itu, katanya: Rawatlah dia dan jika kaubelanjakan lebih dari ini, aku akan menggantinya, waktu aku kembali. (36)Siapakah di antara ketiga orang ini, menurut pendapatmu, adalah sesama manusia dari orang yang jatuh ke tangan penyamun itu?” (37)Jawab orang itu: “Orang yang telah menunjukkan belas kasihan kepadanya.” Kata Yesus kepadanya: “Pergilah, dan perbuatlah demikian!”

Bagaimana kita dapat menunjukkan belas kasihan?

MENGASIHIdan PEDULI (Loving and Caring)

  • Terlalu banyak orang hidup seperti dua orang ini, tidak peduli dengan orang lain. Mungkin mereka punya alasan, tetapi alasan utama adalah Egoisme.
  • Tetapi orang Samaaria melihat dengan cara yang berbeda, hatinya tergerak oleh belas kasihan. Belas kasihan membawa kita keluar dari Selfishness untuk dapat melihat kebutuhan orang lain.
  • Apa yang mengerakkan hidup anda?Selfishness atau Belas Kasihan? Belas Kasihan adalah “Penggerak” untuk kita dapat melayani dan membangun hubungan yang baik dengan orang-orang di sekitar kita.
  • Love people, always!Love people not things. Use things not people.”

IBRANI 10:24 (BIS) Dan hendaklah kita saling memperhatikan, supaya kita dapat saling memberi dorongan untuk mengasihi sesama dan melakukan hal-hal yang baik.

ROMA 12:15 (VMD) Bila ada orang lain bersukacita, hendaklah kamu bersukacita bersamadengan mereka. Dan jika ada orang yang sedih, hendaklah kamu bersedih bersamadengan mereka.

  • Belas-kasihan tidak hanya sebuah perasaan, tapi keinginan mengubah situasinya. Sering orang berpikir belas-kasihan dan cinta hanyalah sentimental. Tidak! Mereka sangat menuntut. Jika Anda memiliki belas-kasihan, bersiaplah untuk suatu tindakan!
  • A Generous Person= Orang yang tidak hidup untuk dirinya sendiri. Mereka suka memberi (bukan hanya uang), berbagi dan melayani.

AMSAL 14:21 Siapa menghina sesamanya berbuat dosa, tetapi berbahagialah orang yang menaruh belas kasihankepada orang yang menderita. | (ERV) It is wrong to say bad things about your neighbors. Be kind to the poor, and you will be blessed.

AMSAL 14:31 Siapa menindas orang yang lemah, menghina Penciptanya, tetapisiapa menaruh belas kasihan kepada orang miskin, memuliakan Dia. | (NLT) …but helping the poor honors him.

LUKAS 10:37 Jawab orang itu: “Orang yang telah menunjukkan belas kasihan kepadanya.” Kata Yesus kepadanya: “Pergilah, dan perbuatlah demikian!”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s