FAMILY FIRST: Two become one

Apa yang kita anggap penting, akan kita prioritaskan.

  • Apa yang kita anggal paling berharga, maka kita perjuangkan dalam hidup
  • Kesuksesan dalam keluarga, lebih daripada kesuksesan dalam bidang2 lain
  • Apa yang kita anggap berharga, maka kita akan berinvestasi di dalamnya.
  • Keluarga yang kuat tidak otomatis, perlu dan harus terus menerus dibangun!

Mal.2:15 Bukankah Allah Yang Esa menjadikan kamu satu tubuh dan satu jiwa dengan wanita itu? Apakah maksud TUHAN dengan itu? Tak lain supaya kamu mendapat anak-anak yang menjadi umat Allah yang sejati. (BIS)

Inisiatif pernikahan dari Tuhan:

Kej.1:26 Berfirmanlah Allah: “Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi.”

Kej.1:27 Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka. 

Kej.1:28 Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: “Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi.”

Kej.2:18 TUHAN Allah berfirman: “Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja. Aku akan menjadikan penolong baginya, yang sepadan dengan dia.” 

“Penolong yang sepadan” =`ezer neged (Ibr.)  = sama tapi berbeda / kontras.

TWOBECOMEONE

Kej.2:24 Sebab itu seorang laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya menjadi satu daging. 

Mat 19:5-6 Dan firman-Nya: Sebab itu laki-laki akan meninggalkan ayah dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya itu menjadi satu daging. Demikianlah mereka bukan lagi dua, melainkan satu. 

  • “Satu daging” = Kesatuan jasmani (sexual relationship) : dirancang Tuhan dalam konteks suami istri : Menjadi perekat dalam rumah tangga.
  • Jika suami istri bersatu, tidak ada tantangan dalam kehidupan yang tidak dapat mereka hadapi bersama.

Pengk.4:12 Dan bilamana seorang dapat dikalahkan, dua orang akan dapat bertahan. Tali tiga lembar tak mudah diputuskan. 

  • Jika suami istri bersinergi, apa yang mereka bisa lakukan / hasilkan bersama, jauh lebih hebat daripada apa yang dapat dilakukan masing-masing.

Ula.32:30 Bagaimana mungkin satu orang dapat mengejar seribu orang, dan dua orang dapat membuat lari sepuluh ribu orang

Nasehat untuk para jomblo: Pasangan yang sepadan akan membuat anda lebih hebat dan produktif daripada ketika single.

“Run for God, and if you see someone is running along with you, that person has the potential to be your life partner.” 

  • Jangan sibuk cari pacar, sibuklah cari Tuhan; ketika engkau menemukan orang yang punya passion yg sama utk Tuhan, orang itu punya potensi utk menjadi pasangan hidupmu!

Ams.24:27 “Janganlah mendirikan rumah tangga sebelum kau menyiapkan ladangmu dan mempunyai mata pencaharian.” (BIMK)

  • Jika suami istri bersatu, mujijat akan menjadi bagian kehidupan mereka.

Mat.18:19  Dan lagi Aku berkata kepadamu: Jika dua orang dari padamu di dunia ini sepakat meminta apapun juga, permintaan mereka itu akan dikabulkan oleh Bapa-Ku yang di sorga. 

TWOBECOMEONE

#1. ACCEPTANCE

Rom.15:7 Sebab itu terimalah satu akan yang lain,sama seperti Kristus juga telah menerima kita, untuk kemuliaan Allah. | So accept each other just as Christ has accepted you; then God will be glorified. (NLT)

Dasar dari pernikahan adalah saling menerima kelebihan dan kekurangan pasangan kita.

Acceptance berarti … Menerima kelebihan dan kekurangan satu dgn yang lain

  • Janji Pernikahan: “Aku menerima engkau menjadi …..”
  • Menyadari saya memiliki kekurangan, saya harus menerima kekurangan orang lain.
  • Menyadari saya tidak sempurna, saya tidak dapat menuntut orang lain sempurna!
  • Seringkali yang terjadi pasangan saling menuntut untuk pasangannya berubah.

Acceptance juga berarti : Saling mengalah ….

#2. BE FAITHFUL

Mal.2:13 ”… Mezbah TUHAN kamu genangi dengan air mata; kamu menangis dan meratap karena TUHAN tidak berkenan lagi menerima kurban-kurbanmu.” (BMIK)

Mal.2:14 “Kamu bertanya mengapa Ia tidak mau menerimanya. Oleh karena TUHAN tahu kamu tidak setia kepada wanita yang kamu nikahi di masa mudamu. Wanita itu kawan hidupmu, tetapi kamu telah mengkhianati dia, walaupun di depan Allah kamu telah berjanji untuk tetap setia kepada-Nya.” (BMIK)

  • Sebelum selingkuh, sebelum jajan >> pikir dulu
  • Suami / istri mungkin tidak tahu, tapi Tuhan tahu.

Mal.2:15 ”…Jadi jagalah dirimu, jangan sampai ada di antara kamu yang tidak setia kepada istrinya.  

Mal.2:16 “Aku benci perceraian,” kata TUHAN Allah Israel. “Aku benci kalau salah seorang dari kamu berbuat sekejam itu terhadap istrinya. Maka jagalah dirimu dan jangan sekali-kali mengkhianati istrimu.””

“Tidak ada yang lebih mencederai pernikahan daripada ketidaksetiaan.”

#3. COMMITMENT

Efe.5:22 “Istri, tunduklah kepada suami Anda dengan cara yang sama Anda tunduk kepada Kristus. (23) Suami memberikan kepemimpinan kepada istrinya seperti yang Kristus lakukan terhadap gerejanya, bukan dengan mendominasi tapi dengan menghargai. (24) Jadi, sama seperti gereja tunduk kepada Kristus, istri juga harus tunduk kepada suami mereka.” 

Efe.5:25 “Hai suami, berikan yang terbaik dalam cintamu kepada isterimu, persis seperti yang Kristus lakukan untuk gereja – cinta yang ditandai dengan memberi, tidak menuntut. (26) Kasih Kristus membuat gereja menjadi utuh [lebih indah, lebih cantik]. Kata-katanya membangkitkan kecantikannya. 

LOVE is a d e c i s i o n

  • Makanya pernikahan adalah untuk orang yang dewasa: yang dapat membuat keputusan dan memegang keputusan (komitmen); 
  • Yang merasa belum bisa memegang komitmen untuk mencintai apapun keadaannya, jangan menikah dulu! >> anda mengundang bencana ke dalam hidupmu (cari masalah).
  • Baik untuk para jomblo mendengar kotbah ini, supaya bisa manage expectation untuk masuk dalam pernikahan
  • Supaya tahu ada banyak yang perlu dipersiapkan untuk masuk dalam pernikahan
  • Supaya mau ikut kelas Committed (bagai yang baru pacaran, sebelum membuat keputusan lebih dalam lagi)

Efe.5:27 Semua yang Dia lakukan dan katakan dirancang untuk menghasilkan yang terbaik dari-nya [gereja], membalutnya dengan sutra putih yang mempesona, berseri-seri dengan kesucian. (28) Dan begitulah suami seharusnya mencintai istri mereka. Mereka benar-benar membantu diri mereka sendiri, karena mereka sudah “satu” dalam pernikahan. (Terjemahan dari MSG)

Efe.5:29 Sebab tidak pernah orang membenci tubuhnya sendiri, tetapi mengasuhnya dan merawatinya, sama seperti Kristus terhadap jemaat, (30) karena kita adalah anggota tubuh-Nya.

Efe.5:31 Sebab itu laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya itu menjadi satu daging. (32) Rahasia ini besar, tetapi yang aku maksudkan ialah hubungan Kristus dan jemaat.

Pernikahan kita adalah blue-print hubungan Kristus dengan kita sebagai jemaat; karena itu penting untuk anak-anak kita melihat blue-print yang jelas dan indah; supaya mereka mudah menerima kasih Kristus dalam hidup mereka, dan bisa punya hubungan yang baik dengan Kristus.

Efe.5:33 Bagaimanapun juga, bagi kamu masing-masing berlaku: kasihilah isterimu seperti dirimu sendiri dan isteri hendaklah menghormati suaminya.

  • Lingkaran setan vs Lingkaran malaikat.
  • Kebutuhan istri: dikasihi
  • Kebutuhan suami: dihormati (diperlukan)
  • Ketika istri dikasihi, maka ia merespon dengan hormat
  • Ketika suami dihormati, ia merespon dengan kasih

Mal.2:15 Bukankah Allah Yang Esa menjadikan kamu satu tubuh dan satu jiwa dengan wanita itu? Apakah maksud TUHAN dengan itu? Tak lain supaya kamu mendapat anak-anak yang menjadi umat Allah yang sejati. (BIS)

Ams.29:15 “Punishment and discipline can make children wise, but children who are never corrected will bring shame to their mother.”

Pro.29:17 “Correct your children whenever they are wrong. Then you will always be proud of them. They will never make you ashamed.” (ERV)

Maz.127:3 Children are a gift from the Lord; they are a reward from him. (NLT) | “Anak-anak adalah pemberian Allah, sesungguhnya, mereka itu anugerah.” (BIMK)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s