Amsal 22

  1. Memiliki integritas walaupun harus membayar harganya.

Ams.22:1 Nama baik lebih berharga daripada harta yang banyak; dikasihi orang lebih baik daripada diberi perak dan emas. (BIS)

Kadang-kadang orang hanya berhitung untung-rugi. Untuk menghindari rugi kadang orang mau melakukan hal-hal yang pada akhirnya dapat melukai nama baiknya, seperti berbohong, menipu, manipulasi pajak. Hikmat dari amsal ini sangat jelas: apapun keadaannya, nama baik harus diutamakan, sekalipun harus menanggung rugi, bayar harga, berkorban.

2. Jangan membeda-bedakan orang

Ams.22:2 Nama baik lebih berharga daripada harta yang banyak; dikasihi orang lebih baik daripada diberi perak dan emas. (VMD)

3. Hati-hati menjaga ambisi 

Ams.22:3 Orang bijak melihat kesulitan datang dan keluar dari jalannya, tetapi orang bodoh pergi langsung ke dalam kesulitan dan menderita karenanya. (VMD)

Banyak orang baik tapi salah mengambil keputusan karena pikirannya “dibutakan” oleh ambisi. Para businessmen yang salah berinvestasi karena ingin cepat besar dan kaya. Para politikus, karena ambisi mendapat kekuasaan, lalu memakai cara-cara yang dapat mencederai karakternya. Bahkan para hamba Tuhan dapat mengalami pergeseran dari motivasi pelayanan yang tuus dan murni, oleh karena ambisi untuk menjadi terkenal.

4. Rahasia besar

Ams.22:4 Ganjaran kerendahan hati dan takut akan TUHAN adalah kekayaan, kehormatan dan kehidupan.

The reward of humility [that is, having a realistic view of one’s importance] and the [reverent, worshipful] fear of the Lord Is riches, honor, and life.  (Amp.)

The payoff for meekness and Fear-of-God, is plenty and honor and a satisfying life. (Msg)

Wah ini rahasia yang sangat besar: KERENDAHAN HATI dan TAKUT AKAN TUHAN adalah cara Tuhan supaya anda diberkati dengan kekayaan, kehormatan dan kehidupan.

5. Murah hati

Ams.22:9 Orang dermawan akan diberkati karena mereka membagikan makanannya kepada orang miskin. (VMD)

Generous people will be blessed, because they share their food with the poor. (ERV)

Kemurahan hati (generosity) adalah salah satu karakter utama dalam seorang Kristen. Kemurahan hati adalah cara Tuhan memberkati anak-anak-Nya.

6. Jangan menjadi orang yang manipulative

Ams.22:16 Siapa mau menjadi kaya dengan menindas orang miskin dan memberi hadiah kepada orang berada pada akhirnya akan melarat. (BIS)

He who oppresses orexploits the poor to get more for himself Or who gives to the rich [to gain influence and favor], will only come to poverty. (Amp.)

Ams.22:22 Mencuri dari orang miskin mudah, tetapi jangan lakukan itu. (VMD)

…di sidang pengadilan janganlah memperkosa hak orang yang tak berdaya. (BIS)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s