SEMAU GUE

SEMAU GUE, perilaku yang sangat mudah kita kenali di jalan. Orang bertindak (mengemudikan mobil dan sepeda motor) seenaknya sendiri, walaupun seringkali membahayakan keselamatannya dan keselamatan orang lain. Saya sangat jengkel kalau melihat perilaku ini. Sebenarnya sikap semau gue tidak hanya kita temukan di jalan, tetapi juga di tempat-tempat lain, seperti: antrian di airport (walaupun ada jalurnya, tapi suka nerobos, seolah-olah tidak tahu bahwa ada jalur antrian), orang buang sampah seenaknya di sungai (simply karena bukan punya nya dan bukan dia yang harus ngebersihin), tidak menjaga kebersihan tempat2 publik, dan masih banyak contoh yang lain.

Salah satu perilaku yang membuat saya jengkel adalah ketika melihat orang yang menumpang sebuah mobil bagus, tiba-tiba membuka jendela dan membuang sampah :((

Tapi saya juga tahu, tidak banyak yang kita bisa lakukan untuk mengubah hal ini. Salah satu yang kita lakukan adalah memulai perubahan dan perbaikan dari saya. Saya ingat sekali suatu peljaran yang pernah saya terima dari mentor saya: RESPONSIBILITY BEGINS WITH ME. Perubahan dimulai dari saya. Walaupun kita berpikir bahwa satu orang tidak bisa mnegubah keadaan, tetapi satu orang bisa mengubah hidupmu sendiri.

Dimulai dari hal-hal kecil dalam hidup saya: membuang sampah pada tempatnya, menjaga kebersihan tempat-tempat umum, menghadiri pertemuan tepat waktu, mengikuti jalur antrian dengan baik dan tertib. Buat suatu komitmen untuk melakukan hal-hal yang saya bisa lakukan, tanpa peduli apakah orang lain melakukan atau tidak. Kalau kita memiliki habit untuk melakukan hal-hal yang benar, tidak peduli orang lain melakukan atau tidak, ini akan menjadi keyakinan untuk kita membuat keputusan yang sama dalam perkara-perkara yang besar. Anda akan dikenal sebagai orang yang punya integritas, kejujuran, komitment, dan ketegasan.

ba4401888d98e8c0cad34e8f800a41de

Satu hal yang berkaitan dengan hal ini adalah komitmen untuk menghargai hak-hak orang lain. Entah mengapa ini bukan budaya masyarakat Indonesia. Tetapi kita sudah membuat keputusan bahwa kita tidak menunggu perubahan terjadi, kita menjadi agen perubahan, dimulai dari saya sendiri. mulai menghargai hak jalan orang (di jalan); menghormati hak orang dalam urutan mengantri, tidak membuat orang lain harus menunggu anda karena anda terlambat datang dalam suatu acara.

Saya membayangkan, betapa akan jauh lebih teratur dan tertib jalanan kita, airport kita, terminal bis kita. Ingat RESPONSIBILITY BEGINS WITH ME. Jangan menunggu perubahan terjadi, tetapi ikutlah mengambil tanggung jawab.  Oh ya, salah satu responsibility saya adalah meng-educate anda tentang perilaku semau gue, dengan menulis di blog ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s