HEARTITUDE

WHAT ARE YOU HIDING? Kalau ada sesuatu dalam hidup kita yang kita tidak mau ketahuan Tuhan atau ketahuan orang lain, sebenarnya kita tahu bahwa itu adalah sesuatu yang seharusnya tidak ada dalam hidup kita.

1Sam.16:7 Tetapi berfirmanlah TUHAN kepada Samuel: ”Janganlah pandang parasnya atau perawakan yang tinggi, sebab Aku telah menolaknya. Bukan yang dilihat manusia yang dilihat Allah; manusia melihat apa yang di depan mata, tetapi TUHAN melihat hati.”

Kita dapat menyembunyikan keadaan hati kita yang sesungguhnya dari orang lain, tetapi tidak ada yang dapat kita sembunyikan dari Tuhan.

Ams.27:19 Seperti air mencerminkan wajah, demikianlah hati manusia mencerminkan manusia itu.

(BIS) Sebagaimana air memantulkan wajahmu, demikian juga hatimu menunjukkan dirimu.

Apa yang ada di hati kita lebih penting daripada apa pendapat orang tentang hidup kita, karena apa yang orang tidak lihat – yaitu hati kita – akan menentukan kualitas kehidupan kita. Kita perlu menjaga hati kita sedemikian rupa sehingga tidak ada yang perlu kita sembunyikan dari Tuhan, dari orang lain dan dari diri sendiri.

#1. PURE HEART (hati yang tulus dihadapan Tuhan)

Ams.4:23 (NLV) Keep your heart pure for out of it are the important things of life.

Jagalah hatimu murni karena dari situlah berasal hal-hal penting dalam hidup.

Maz.125:4 (ERV) Lord, be good to those who are good, to those who have pure hearts.

(TB) Lakukanlah kebaikan, ya TUHAN, kepada orang-orang baik dan kepada orang-orang yang tulus hati …

Mat.5:8 (LB) Happy are those whose hearts are pure, for they shall see God.

Berbahagialah orang yang suci hatinya, karena mereka akan melihat Allah.

(BIMK) Berbahagialah orang yang murni hatinya; mereka akan mengenal Allah.

Pure (murni / suci) = Katharos (Gk.)

  • Purified by fire
  • A vine cleansed by pruning and so fitted to bear fruit
  • Free from corrupt desire
  • Free from every admixture of what is false

Hati yang murni / suci berbicara tentang hati yang seutuhnya didedikasikan kepada Tuhan, tidak ada kompromi, tidak ada percampuran, tidak ada keinginan untuk melanggar perintah Tuhan.

Maz.125:4 (ERV) Lord, be good to those who are good, to those who have pure hearts.

(NLT) … whose hearts are in tune with you.

“To have a pure heart, we must submit all thoughts to the authority of Christ. If we are willing to do that, he will change us to be like him.”

— Max Lucado

Maz.119:9 (ERV) How can a young person live a pure life? By obeying your word.

(TB) … Dengan menjaganya sesuai dengan firman-Mu.

When we have a pure heart, we have nothing to hide from God. Ketika hati kita murni, tidak ada yang perlu kita sembunyikan dari Tuhan.

1Taw.28:9 Dan engkau, anakku Salomo, kenallah Allahnya ayahmu dan beribadahlah kepada-Nya dengan tulus ikhlas dan dengan rela hati, sebab TUHAN menyelidiki segala hati dan mengerti segala niat dan cita-cita…

(ERV) Serve God with a pure heart. …  because the Lord knows what is in everyone’s heart. 

Maz.24:3-5 “Siapakah yang boleh naik ke atas gunung Tuhan? Siapakah yang boleh berdiri di tempat-Nya yang kudus?” (4) “Orang yang bersih tangannya dan murni hatinya, yang tidak menyerahkan dirinya kepada penipuan, dan yang tidak bersumpah palsu. 

(FAYH) Siapakah yang boleh mendaki gunung TUHAN dan memasuki kediaman-Nya? Siapakah yang boleh berdiri di hadapan TUHAN?

Tuhan disenangkan ketika menemukan hati yang murni / suci.

Mereka yang menjaga hatinya murni hidup dalam perdamaian dengan Tuhan karena tidak ada yang perlu disembunyikan dari-Nya.

Maz.73:1 Sesungguhnya Allah itu baik bagi mereka yang tulus hatinya, bagi mereka yang bersih hatinya.

(NLV) … to those who are pure in heart.

#2. SINCERE HEART (Hati yang tulus kepada sesama manusia)

Kol.3:22 Hai hamba-hamba, taatilah tuanmu yang di dunia ini dalam segala hal, jangan hanya di hadapan mereka saja untuk menyenangkan mereka, melainkan dengan tulus hati karena takut akan Tuhan.

(NIV) Slaves, obey your earthly masters in everything … with sincerity of heart and reverence for the Lord.

Sincerity (tulus hati) = Haplotes (Gk.)

  • Mental honesty
  • The virtue of one who is free from pretence and hypocrisy
  • Not self seeking
  • Openness of heart manifesting itself by generosity

Rom.12:8 … jika karunia untuk menasihati, baiklah kita menasihati. Siapa yang membagi-bagikan sesuatu, hendaklah ia melakukannya dengan hati yang ikhlas  (haplotes) …

2Kor.1:12 Inilah yang kami megahkan, yaitu bahwa suara hati kami memberi kesaksian kepada kami, bahwa hidup kami di dunia ini, khususnya dalam hubungan kami dengan kamu, dikuasai oleh ketulusan (haplotes) dan kemurnian dari Allah bukan oleh hikmat duniawi, tetapi oleh kekuatan kasih karunia Allah.

Hati tulus (sincere heart) adalah hati yang tidak punya niat mendapatkan keuntungan dengan mengorbankan orang lain atau mencelakakan orang lain; tidak ada kelicikan, tidak ada agenda tersembunyi.

Mat.10:16 “Lihat, Aku mengutus kamu seperti domba ke tengah-tengah serigala, sebab itu hendaklah kamu cerdik seperti ular dan tulus seperti merpati. 

(Amp.) … so be wise as serpents, and innocent as doves [have no self-serving agenda].

(ERV) So be smart like snakes. But also be like doves and don’t hurt anyone.

Ams.3:29 Janganlah merencanakan kejahatan terhadap sesamamu, sedangkan tanpa curiga ia tinggal bersama-sama dengan engkau.

(BIS) Janganlah merencanakan sesuatu yang merugikan sesamamu …

(FAYH) Jangan berniat jahat terhadap sesamamu …

Zak.8:17 (FAYH) Janganlah merencanakan kejahatan terhadap orang lain; janganlah bersumpah bahwa sesuatu benar, padahal tidak. Perbuatan seperti itu sangat Kubenci!” Demikianlah firman TUHAN.

If we live with a sincere heart, we have nothing to hide from others. Jika kita hidup dengan hati yang tulus, tidak ada yang perlu kita sembunyikan dari orang lain.

Mereka yang hidup dengan ketulusan hidup dalam perdamaian dengan sesama manusia. [karena tidak ada niat jahat yang perlu disembunyikan.]

Maz.15:1 TUHAN, siapa yang boleh menumpang dalam kemah-Mu? Siapa yang boleh diam di gunung-Mu yang kudus? (2) Yaitu dia yang berlaku tidak bercela, yang melakukan apa yang adil dan yang mengatakan kebenaran dengan segenap hatinya, (3) yang tidak menyebarkan fitnah dengan lidahnya, yang tidak berbuat jahat terhadap temannya dan yang tidak menimpakan cela kepada tetangganya; (4) yang memandang hina orang yang tersingkir, tetapi memuliakan orang yang takut akan TUHAN; yang berpegang pada sumpah, walaupun rugi; 

(ERV) They hate those who fail to please God
    and honor those who respect the Lord.
If they make a promise to their neighbor,
    they do what they promised.

Maz.15:5 yang tidak meminjamkan uangnya dengan makan riba dan tidak menerima suap melawan orang yang tak bersalah. Siapa yang berlaku demikian, tidak akan goyah selama-lamanya.

(BIS) Orang yang berbuat demikian, akan selalu tentram.

#3. AUTHENTIC HEART (Hati tulus dan jujur pada diri sendiri, tidak ada kepura-puraan)

Maz.78:72 Ia menggembalakan mereka dengan ketulusan hatinya, dan menuntun mereka dengan kecakapan tangannya. 

(amp.) So David shepherded them according to the integrity of his heart; And guided them with his skillful hands.

Walaupun tidak ada yang melihat.

Kita perlu menjaga hati kita tulus dan jujur pada diri sendiri, sehingga kita tidak perlu hidup dalam kepura-puraan (kemunafikan.)

Mat.23:28 Demikian jugalah kamu, di sebelah luar kamu tampaknya benar di mata orang, tetapi di sebelah dalam kamu penuh kemunafikan dan kedurjanaan.

(NLV) As men look at you, you seem to be good and right but inside you are full of sin. You pretend to be someone you are not.

Orang yang munafik dapat menyembunyikan kemunafikannya  dari orang lain, tetapi kita tidak dapat terus hidup dalam kepura-puraan dan menipu diri sendiri. Banyak orang yang hidup dengan memakai identitas palsu, hidup dengan identitas yang tidak sesuai dengan original version sebagaimana Tuhan ciptakan, karena mereka tidak tidak dapat menerima apa yang mereka lihat sebagai ketidaksempurnaan dan kekuranganan diri mereka sendiri. Mereka tidak pernah menerima dirinya sendiri dan mereka tidak pernah berdamai dengan diri sendiri.

Ketika seseorang hidup dalam kemunafikan dan kepura-puraan, sebenarnya orang pertama yang DITIPU adalah DIRINYA SENDIRI. 

Orang yang tidak dapat berdamai dengan diri sendiri tidak akan dapat melihat potensi yang sebenarnya Tuhan sudah berikan dalam hidup mereka, mereka sibuk membandingkan diri dengan orang lain, dan selalu terfokus pada apa yang mereka tidak miliki.

Hidup dengan authentic heart  — hati tulus dan jujur pada diri sendiri — membuat kita dapat menerima ketidak sempurnaan dan kekurangan diri sendiri sehingga kita dapat hidup berdamai dengan diri sendiri, 

“Be yourself, because an original is better than a copy.”

Greyson Chance

Orang yang memiliki authentic heart akan hidup secara maksimal karena mereka tidak sempat iri hati atau membandingkan diri dengan orang lain, melainkan sibuk membangun kehidupan menggunakan semua potensi yang Tuhan berikan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s