SAVED BY GRACE (Anugrah Keselamatan)

MANUSIA DICIPTAKAN SEMPURNA

KEJADIAN 1:26 Berfirmanlah Allah: “Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambardan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi.”

Manusia diberi otoritas untuk mengusahakan dan memelihara Taman Eden dengan penuh kebebasan dan hanya dengan satu batasan. Jangan makan buah pohon pengetahuan yang baik dan yang jahat.

KEJADIAN 2:15–17 TUHAN Allah mengambil manusia itu dan menempatkannya dalamtaman Eden untuk mengusahakan dan memelihara taman itu. Lalu TUHAN Allah memberi perintah ini kepada manusia: “Semua pohon dalam taman ini boleh kaumakan buahnya dengan bebas, tetapi pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat itu, janganlah kaumakan buahnya, sebab pada hari engkau memakannya, pastilah engkau mati.”

Manusia memilih untuk melanggar perintah Tuhan. Sejak itu tanah dikutuk sehingga manusia harus bersusah payah, kehilangan persekutuan yang intim dengan Allah dan kehilangan kehidupan kekal.

KEJADIAN 3:6, 17–19 Perempuan itu melihat, bahwa buah pohon itu baik untuk dimakan dan sedap kelihatannya, lagipula pohon itu menarik hati karena memberi pengertian. Lalu ia mengambil dari buahnya dan dimakannya dan diberikannya juga kepada suaminya yang bersama dengan dia, dan suaminyapun memakannya. Lalu firmanNya kepada manusia itu: “Karena engkau mendengarkan perkataan isterimu dan memakan dari buah pohon, yang telah Kuperintahkan kepadamu: Jangan makan dari padanya, maka terkutuklah tanah karena engkau; dengan bersusah payah engkau akan mencari rezekimu dari tanah seumur hidupmu: semak duri dan rumput duri yang akan dihasilkannya bagimu, dan tumbuhtumbuhanan di padang akan menjadi makananmu; dengan berpeluh engkau akan mencari makananmu, sampai engkau kembali lagi menjadi tanah, karena dari situlah engkau diambil; sebab engkau debu dan engkau akan kembali menjadi debu.”

KEJATUHAN MANUSIA KE DALAM DOSA

  1. APA ITU DOSA?

1 YOHANES 3:4 Setiap orang yang berbuat dosa, melanggar juga hukum Allah, sebab dosa ialah pelanggaran hukum Allah.

Karena dosa, manusia tidak dapat menjadi seperti tujuan awal diciptakan oleh Allah. Dosa (Yunani: ἁμαρτίαν / baca: hamartia) artinya “Meleset dari Target/Sasaran”.

  • ASAL MULA DOSA

ROMA 5:12 Sebab itu, sama seperti dosa telah masuk ke dalam dunia oleh satu orang, dan oleh dosa itu juga maut, demikianlah maut itu telah menjalar kepada semua orang, karena semua orang telah berbuat dosa.

  • AKIBAT DOSA TERHADAP MANUSIA

ROMA 6:23 Sebab upah dosa ialah maut, tetapi karunia Allah ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.

IBRANI 9:27 Dan sama seperti manusia ditetapkan untuk mati hanya satu kali saja, dan sesudah itu dihakimi,…

Tidak ada reinkarnasi, YOLO (You Only Live Once).

ROMA 3:23 Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah.

AKIBAT DOSA :

  1. Kematian / kehilangan kehidupan kekal. (Roma 6:23)
  • Kehilangan kemuliaan Allah / keserupaan dengan Allah. (Roma 3:23)
  • Kehilangan persekutuan dengan Allah. (Efesus 4:18)

MANUSIA TIDAK DAPAT MENYELAMATKAN DIRINYA SENDIRI

ROMA 3:20 Sebab tidak seorangpun yang dapat dibenarkan di hadapan Allah oleh karena melakukan hukum Taurat, karena justru oleh hukum Taurat orang mengenal dosa.

YESAYA 64:6 Demikianlah kami sekalian seperti seorang najis dan segala kesalehan kami seperti kain kotor.

Kita berdosa karena status kita adalah orang berdosa. Kita bukan menjadi orang berdosa karena berbuat dosa, tapi karena kita dilahirkan dalam keadaan berdosa.

YOHANES 3:16

Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini,

sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal,

supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa,

melainkan beroleh hidup yang kekal.

2 TIMOTIUS 1:9 Dialah yg menyelamatkan kita dan memanggil kita dengan panggilan kudus, bukan berdasarkan perbuatan kita, melainkan berdasarkan maksud dan kasih karunia-Nya sendiri, yang telah dikaruniakan kepada kita dalam Yesus Kristus sebelum permulaan zaman.

KASIH KARUNIA ALLAH MENYELAMATKAN MANUSIA = YESUS

  1. YESUS ADALAH TEBUSAN YANG SEMPURNA

ROMA 5:17 Sebab, jika oleh dosa satu orang, maut telah berkuasa oleh satu orang itu, maka lebih benarlagi mereka, yang telah menerimakelimpahan kasih karunia dan anugerah kebenaran, akanhidup dan berkuasa oleh karena satu orang itu, yaitu Yesus Kristus.

YESAYA 53:5 Tetapi dia tertikam oleh karena pemberontakan kita, dia diremukkan oleh karena kejahatan kita; ganjaran yang mendatangkan keselamatan bagi kita ditimpakan kepadanya, dan oleh bilur-bilurnya kita menjadi sembuh.

  • YESUS ADALAH SATU-SATUNYA JALAN KESELAMATAN

YOHANES 14:6 Kata Yesus kepadanya: “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.”

KISAH PARA RASUL 4:12 Dan keselamatan tidak ada di dalam siapapun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini TIDAK ADA NAMA LAIN yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan.

  • TANPA ANUGRAH ALLAH TIDAK MUNGKIN KITA DAPAT HIDUP KUDUS.

EFESUS 2:8–9 “Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri.”

Jadi jika seorang tahu bagaimana ia harus berbuat baik, tetapi ia tidak melakukannya, ia berdosa (lihat Yakobus 4:17).

Jika 3 kali sehari x 365 hari = 1.095 kali setahun x sisa hidup kita. Apabila masih sisa 30 tahun = 30 x 1.095 kali = 32.850 kali berbuat dosa!

YESUS SEBAGAI TUHAN

LUKAS 6:46 Mengapa kamu berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, padahal kamu tidak melakukan apa yang Aku katakan?

MATIUS 7:21 Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga.

YOHANES 1:3 Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan.

FILIPI 2:10–11 …supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi, dan segala lidah mengaku: “Yesus Kristus adalah Tuhan,” bagi kemuliaan Allah, Bapa!

MARI JADIKAN TUHAN YESUS SUNGGUH BERDAULAT ATAS SELURUH ASPEK HIDUP KITA

  1. YESUS = TUHAN ATAS PIKIRAN DAN PERASAAN KITA

FILIPI 2:5 Hendaklah kamu dalam hidupmu bersama, menaruh pikiran dan perasaan yang terdapat juga dalam Kristus Yesus.

  • YESUS = TUHAN ATAS SIKAP HIDUP KITA DAN PERBUATAN KITA

MATIUS 5:16 Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga.

  • YESUS = TUHAN ATAS WAKTU KITA

1 PETRUS 4:2 Jadi, karena Kristus telah menderita penderitaan badani, kamupun harus juga mempersenjatai dirimu dengan pikiran yang demikian, karena barangsiapa telah menderita penderitaan badani,  ia telah berhenti berbuat dosa, supaya waktu yang sisa jangan kamu pergunakan menurut keinginan manusia, tetapi menurut kehendak Allah.

  • YESUS = TUHAN ATAS KEUANGAN KITA

LUKAS 12:20–21 Tetapi firman Allah kepadanya: Hai engkau orang bodoh, pada malam ini juga jiwamu akan diambil dari padamu, dan apa yang telah kausediakan, untuk siapakah itu nanti? Demikianlah jadinya dengan orang yang mengumpulkan harta bagi dirinya sendiri, jikalau ia tidak kaya di hadapan Allah.

GALATIA 2:20 …namun aku hidup, tetapi bukan aku sendiri yang hidup, melainkan Kristus yang hidup di dalam aku. Dan hidupku yang kuhidupi sekarang di dalam daging, adalah hidup oleh iman dalam Anak Allah yang telah mengasihi aku dan menyerahkan diriNya untuk aku.

Mengakui Yesus sebagai Tuhan berarti pikiran, perasaan, kehendak, pekerjaan, pelayanan, keluarga, bahkan hidup mati kita adalah milik Kristus sehingga harus tunduk pada pimpinan Tuhan dan FirmanNya.

RESPON KITA

Step 1. MENGAKU BAHWA KITA ORANG BERDOSA

1 YOHANES 1:9 Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan.

Step 2. MENERIMA YESUS KRISTUS SEBAGAI TUHAN DAN JURU SELAMAT SECARA PRIBADI DAN PERCAYA KEPADA FIRMAN-NYA

ROMA 10:9–10 Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan. (10) Karena dengan hati orang percaya dan dibenarkan, dan dengan mulut orang mengaku dan diselamatkan.

Step 3 MENYERAHKAN HIDUP KITA KEPADA TUHAN YESUS KRISTUS

2 KORINTUS 5:17 Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang.

DOA MENERIMA KESELAMATAN

Allah Bapa kami di surga, Aku mengaku bahwa aku orang berdosa, Terima kasih Engkau telah memberikan Anak-Mu yang tunggal Yesus Kristus, untuk menebus hidupku dari dosa dan kematian,  Aku percaya Yesus telah wafat di kayu salib karena dosa-dosaku, dikuburkan, lalu bangkit dan hidup kembali.  Saat ini aku menerima dan menjadikan Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamatku,  Aku percaya Engkau telah mengampuni segala dosaku, dan memberikanku hidup yang baru. Dalam nama Yesus, Tuhan dan Juru Selamatku aku berdoa. AMIN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s