BAPTISAN ROH KUDUS

Setelah seseorang bertobat dan menerina Tuhan Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamat pribadinya, orang tersebut perlu dibaptis air sebagai bukti atau tanda ketaatan imannya. Setelah dibaptis air, maka langkah berikutnya yang perlu dilakukan adalah menerima Baptisan Roh Kudus.

SIAPAKAH ROH KUDUS?

ROH KUDUS ADALAH SALAH SATU DARI TIGA PRIBADI ALLAH (TRINITAS)

KEJADIAN 1:1 Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi. Bumi belum berbentuk dan kosong; gelap gulita menutupi samudera raya, dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air.

1 YOHANES 5:7 Sebab ada tiga yang memberi kesaksian di dalam sorga: Bapa, Firman dan Roh Kudus; dan ketiganya adalah satu.

KISAH PARA RASUL 5:3–4 Tetapi Petrus berkata: “Ananias, mengapa hatimu dikuasai Iblis, sehingga engkau mendustai Roh Kudus dan menahan sebagian dari hasil penjualan tanah itu? Selama tanah itu tidak dijual, bukankah itu tetap kepunyaanmu, dan setelah dijual, bukankah hasilnya itu tetap dalam kuasamu? Mengapa engkau merencanakan perbuatan itu dalam hatimu? Engkau bukan mendustai manusia, tetapi mendustai Allah.”

ROH KUDUS ADALAH  PENGGENAPAN JANJI ALLAH BAPA

Roh Kudus adalah pemberian terindah dari Allah Bapa. Setelah Yesus naik ke surga, Allah mengirimkan Roh KudusNya untuk mendampingi kita menjalani hidup sehari-hari di dunia ini. Tidak mungkin kita dapat menjalani kehidupan Kekristenan tanpa kuasa, penyertaan dan pimpinan Roh Kudus.

YOHANES 16:7 Namun benar yang Kukatakan ini kepadamu: Adalah lebih berguna bagi kamu, jika Aku pergi. Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur itu tidak akan datang kepadamu, tetapi jikalau Aku pergi, Aku akan mengutus Dia kepadamu.

GALATIA 4:6 Dan karena kamu adalah anak, maka Allah telah menyuruh Roh Anak-Nya ke dalam hati kita, yang berseru: “ya Abba, ya Bapa!”

EFESUS 1:13 Di dalam Dia kamu juga–karena kamu telah mendengar firman kebenaran, yaitu Injil keselamatanmu, di dalam Dia kamu juga, ketika kamu percaya, dimeteraikan dengan Roh Kudus, yang dijanjikan-Nya itu.

Allah menjanjikan kepada manusia melalui nabi Yoel bahwa Ia akan mencurahkan Roh Kudus-Nya kepada kita semua di zaman ini. Janji ini mulai digenapi pada saat terjadinya pencurahan Roh Kudus di ruang atas di kota Yerusalem—sampai hari ini Allah masih mencurahkan Roh-Nya kepada setiap orang yang percaya.

YOEL 2:28–29 Kemudian dari pada itu akan terjadi, bahwa Aku akan mencurahkan Roh-Ku ke atas semua manusia, maka anak-anakmu laki-laki dan perempuan akan bernubuat; orang-orangmu yang tua akan mendapat mimpi, teruna-terunamu akan mendapat penglihatan-penglihatan. Juga ke atas hamba-hambamu laki-laki dan perempuan akan Kucurahkan Roh-Ku pada hari-hari itu.”

JADI BAPTISAN ROH KUDUS  MERUPAKAN PENGGENAPAN JANJI ALLAH.

APA ITU BAPTISAN ROH KUDUS?

KISAH PARA RASUL 8:14–16 Ketika rasul-rasul di Yerusalem mendengar, bahwa tanah Samaria telah menerima firman Allah, mereka mengutus Petrus dan Yohanes ke situ. 

Setibanya di situ kedua rasul itu berdoa, supaya orang-orang Samaria itu beroleh Roh Kudus. Sebab Roh Kudus belum turun di atas seorangpun di antara mereka, karena mereka hanya dibaptis dalam nama Tuhan Yesus.

Baptisan Roh Kudus tidak sama dengan pengalaman Lahir Baru ataupun baptisan air, namun bisa saja terjadi saat seseorang mengalami kelahiran baru atau dibaptis air sekaligus dibaptis Roh Kudus.

Baptisan Roh Kudus adalah peristiwa di mana seseorang dipenuhi oleh Roh Kudus dan mulai berdoa / berkata-kata dalam bahasa yang baru, seperti yang Tuhan taruh dalam hatinya untuk diucapkan. Baptisan Roh Kudus adalah untuk Anda saat ini, bukan hanya di zaman murid-murid Yesus saat hari Pentakosta.

KUASA ROH KUDUS UNTUK ANDA

Roh Kudus memberi Anda kemampuan Ilahi untuk melakukan hal-hal sulit bahkan mendekati mustahil, dengan kuasa Allah.

ZAKHARIA 4:6 Maka berbicaralah ia, katanya: “Inilah firman TUHAN kepada Zerubabel bunyinya: Bukan dengan keperkasaan dan bukan dengan kekuatan, melainkan dengan roh-Ku, firman TUHAN semesta alam.”

Roh Kudus juga mengajar Anda untuk mengenal Allah dan mengerti kebenaran Firman-Nya. Hanya Roh Allah yang mengerti hal-hal yang tersembunyi tentang Allah dan Firman-Nya. Roh Kudus adalah Roh Allah sendiri, karena itu Ia dapat memberi kita pengertian tentang Allah dan Firman-Nya.

1 KORINTUS 2:11 Siapa gerangan di antara manusia yang tahu, apa yang terdapat di dalam diri manusia selain roh manusia sendiri yang ada di dalam dia? Demikian pulalah tidak ada orang yang tahu, apa yang terdapat di dalam diri Allah selain Roh Allah.

Roh Kudus memberi kuasa dan keberanian untuk bersaksi.

KISAH PARA RASUL 1:8 “Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi.”

Roh Kudus juga membantu kita dalam berdoa. Kadang kita merasakan sebuah beban yang berat, tetapi tidak tahu apa yang harus didoakan. Berdoa dalam bahasa roh menolong kita untuk berkomunikasi dengan Tuhan. Karena sebagai manusia, kita memiliki banyak sekali keterbatasan, termasuk keterbatasan dalam berbahasa.

1 KORINTUS 14:2 “Siapa yang berkata-kata dengan bahasa roh, tidak berkata-kata kepada manusia, tetapi kepada Allah. Sebab tidak ada seorangpun yang mengerti bahasanya; oleh Roh ia mengucapkan hal-hal yang rahasia.”

BAHASA ROH KUDUS

“Glossolalie” berasal dari kata “Glossa” dan “Lalie

“Glossa” artinya :

  1. Lidah (tongue).
  2. Bahasa (language).

“Lalie” artinya: berkata-kata (to speak)

Bahasa Roh (bahasa lidah) merupakan tanda pertama dari baptisan Roh Kudus:

  • Murid-murid di ruang atas (Kisah Para Rasul 2:4)
  • Di Samaria (Kisah Para Rasul 8:17-18)
  • Kornelius (Kisah Para Rasul 10:44-46)
  • 12 orang di Efesus (Kisah Para Rasul 19:1-7)

KEGUNAAN DARI BAHASA ROH :

  1. BERKATA-KATA KEPADA ALLAH (1 Korintus 14:2, 29)

Kita bisa berkomunikasi langsung dengan Allah, sehingga tidak ada yang bisa mengacau karena iblis tidak mengerti.

  • MEMBANGUN DIRI SENDIRI, MEMBANGUN IMAN (Yudas 1:20)

Doa didalam Roh membangkitkan / meneguhkan iman kita. Doa didalam Roh tidak memberikan iman, tapi meneguhkan iman yang sudah ada.

  • MENYEMBAH ALLAH (1 Korintus 14:14-15)
  • MENGUCAPKAN HAL-HAL YANG RAHASIA (1 Korintus 14:2)

Membuat hubungan kita dengan Allah menjadi erat.

  • MENOLONG KITA BERDOA UNTUK SESUATU PERMOHONAN YANG TIDAK KITA KETAHUI (Roma 8:26)

Berdoa di dalam bahasa Roh adalah doa yang sesuai dengan kehendak Allah karena diarahkan oleh Roh Kudus.

BAGAIMANA MENERIMA BAPTISAN ROH KUDUS

Orang Kristen dapat memiliki pengertian yang keliru. Mereka berpikir untuk dapat menerima Roh Kudus harus memiliki kehidupan yang kudus yang tak bercacat cela. Jika kita dapat membersihkan kehidupan kita sendiri, apakah yang kita butuhkan dari darah Yesus. Apabila kita sudah disucikan oleh darah Kristus, maka status kita sudah orang-orang yang diselamatkan dan telah dikuduskanNya. Karena itu dengan iman kita siap untuk menerima Roh Kudus.

SIKAP UNTUK MENERIMA BAPTISAN ROH KUDUS :

  1. ADA KEHAUSAN AKAN KEPENUHAN ROH KUDUS (Yohanes 7:37-39; Yesaya 44:3-4)
  • MINTA KEPADA BAPA DAN PERCAYALAH BAPA AKAN MEMBERI ROH KUDUSNYA

LUKAS 10:11–13 Bapa manakah di antara kamu, jika anaknya minta ikan dari padanya, akan memberikan ular kepada anaknya itu ganti ikan? (12) Atau, jika ia minta telur, akan memberikan kepadanya kalajengking? (13) Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga! Ia akan memberikan Roh Kudus kepada mereka yang meminta kepada-Nya.

  • MEMBUKA MULUT KITA DAN MULAILAH BERKATA-KATA

KISAH PARA RASUL 2:4 “Maka penuhlah mereka dengan Roh Kudus, lalu mereka mulai berkata-kata dalam bahasa-bahasa lain, seperti yang diberikan oleh Roh itu kepada mereka untuk mengatakannya.”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s