MENATA KEHIDUPAN

Ibr.11:24 Karena iman maka Musa, setelah dewasa, menolak disebut anak puteri Firaun, (25) karena ia lebih suka menderita sengsara dengan umat Allah dari pada untuk sementara menikmati kesenangan dari dosa. (26) Ia menganggap penghinaan karena Kristus sebagai kekayaan yang lebih besar dari pada semua harta Mesir, sebab pandangannya ia arahkan kepada upah. (27) Karena iman maka ia telah meninggalkan Mesir dengan tidak takut akan murka raja. Ia bertahan sama seperti ia melihat apa yang tidak kelihatan.

Iman kita perlu diekspresikan melalui pilihan–pilihan dan perbuatan-perbuatan.

FAITH IN ACTION:

Yak.2:17 Demikian juga halnya dengan iman: Jika iman itu tidak disertai perbuatan, maka iman itu pada hakekatnya adalah mati. 

(22) Kamu lihat, bahwa iman bekerjasama dengan perbuatan-perbuatan dan oleh perbuatan-perbuatan itu iman menjadi sempurna.

#1: Memilih KONSISTENSI menolak KOMPROMI

Ibr.11:24 Karena iman maka Musa, setelah dewasa, menolak disebut anak puteri Firaun …

Apa yang di dapat Musa sebagai “anak Putri Firaun”:

  • Popularity
  • Prestige 
  • Power

Setelah dewasa Musa menemukan identitas aslinya: dia seorang Ibrani (bukan anak putri Firaun).

Musa diperhadapkan pada pilihan: kembali ke identitas aslinya; atau tetap menjadi anak dari putri Firaun, dan menikamti semua benefit nya: Popularity, Prestige and power.

Siapa / apa yang anda ijinkan mendefinisikan siapa anda?

  • Budaya di sekitar kita?
  • Perkataan / ekspektasi orang?
  • Peer pressure?

Ibr.11:24 Karena iman maka Musa, setelah dewasa, menolakdisebut anak puteri Firaun …

IDENTITAS anda bukanlah label yang diberikan dunia, melainkan apa yang Tuhan katakan tentang anda.

TIPUAN TERBESAR:

Menerima dan hidup menyesuaikan dengan label atau ekspektasi dari orang-orang di sekitar kita, dan tidak sesuai dengan apa yang menjadi design Tuhan untuk kita.

Apa yang anda terima sebagai identitas anda menentukan perbuatan anda, dan perbuatan anda mendefinisikan siapa anda.

Ibr.11:24 Karena iman maka Musa, setelah dewasa, menolak disebut anak puteri Firaun …

IDENTITAS SEJATI ANDA:

2Kor.5:17 Pada saat seseorang menjadi orang Kristen, ia menjadi orang yang hatinya sama sekali baru. Ia tidak lagi seperti dahulu. Ia mulai menempuh hidup yang baru! (FAYH)

Yoh.1:12 Tetapi semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya. 

Mengapa identitas penting?

Apa yang kita percaya tentang IDENTITAS kita, menentukan PERBUATAN kita.

KONSISTENSI: Keputusan untuk menolak menyesuaikan diri dengan budaya di sekitar kita atau ekspektasi orang; dan berani menghidupi IDENTITAS kita sebagai anak-anak Allah, apapun resikonya.

#2. Memilih KEBENARAN daripada KESENANGAN

Ibr.11:25 karena ia lebih suka menderita sengsara dengan umat Allah dari pada untuk sementara menikmati kesenangan dari dosa. | He CHOSE not to enjoy the pleasures of sin that last such a short time. Instead, he chose to suffer with God’s people. He did this because he had faith. (ERV)

Salah satu kemenangan iman dalam hidup kita adalah ketika kita bisa berkata tidak kepada kesenangan jangka pendek yang ditawarkan dosa, dan sebaliknya memilih apa yang BENAR.

Ula.30:15 Ingatlah, aku menghadapkan kepadamu pada hari ini kehidupan dan keberuntungan, kematian dan kecelakaan… Today I am giving you achoicebetween life and death, between prosperity and disaster.  (NLT)

Ula.30:16 karena pada hari ini aku memerintahkan kepadamu untuk mengasihi TUHAN, Allahmu, dengan hidup menurut jalan yang ditunjukkan-Nya dan berpegang pada perintah, ketetapan dan peraturan-Nya, supaya engkau hidup dan bertambah banyak dan diberkati oleh TUHAN, Allahmu, di negeri ke mana engkau masuk untuk mendudukinya.

For I command you today to love the Lord your God, to walk in obedience to him, and to keep his commands, decrees and laws; then you will live and increase, and the Lord your God will bless you in the land you are entering to possess. (NIV)

Ula.30:17 Tetapi jika hatimu berpaling dan engkau tidak mau mendengar, bahkan engkau mau disesatkan untuk sujud menyembah kepada allah lain dan beribadah kepadanya, (18) maka aku memberitahukan kepadamu pada hari ini, bahwa pastilah kamu akan binasa; tidak akan lanjut umurmu di tanah, ke mana engkau pergi, menyeberangi sungai Yordan untuk mendudukinya.

Ula.30:19 Aku memanggil langit dan bumi menjadi saksi terhadap kamu pada hari ini: kepadamu kuperhadapkan kehidupan dan kematian, berkat dan kutuk. Pilihlah kehidupan, supaya engkau hidup, baik engkau maupun keturunanmu,

Ula.30:20 dengan mengasihi TUHAN, Allahmu, mendengarkan suara-Nya dan berpaut pada-Nya,sebab hal itu berarti hidupmu dan lanjut umurmu untuk tinggal di tanah yang dijanjikan TUHAN dengan sumpah kepada nenek moyangmu, yakni kepada Abraham, Ishak dan Yakub, untuk memberikannya kepada mereka.”

MENGAPA PILIHAN INI TIDAK MUDAH?

Karena “reward” kenikmatan, kemudahan, kesenangan jangka pendek yang ditawarkan, sedangkan konsekuensinya baru akan dirasakan jangka panjang.

Ibr.11:25 karena ia lebih suka menderita sengsara dengan umat Allah dari pada untuk sementara menikmati kesenangan dari dosa.

He CHOSEnot to enjoy the pleasures of sin that last such a short time. Instead, he chose to suffer with God’s people. He did this because he had faith. (ERV)

Bagaimana anda membuat keputusan-keputusan dalam hidup anda?

  • Apa yang menjadi parameter?
  • Kenikmatan? Kesenangan? Cara yang paling gampang?
  • Atau mana yang BEANAR?
  • Bagaimana cara pacaran?
  • Bisnis?

PILIHAN HIDUP:Anda tidak dapat bergantung kepada orang lain atau menyalahkan orang lain untuk arah hidupmu.

Ekspresi iman adalah keberanian untuk memilih yang BENAR bukan yang paling mudah.

#3. MEMILIH KEKAYAAN SURGAWI DARIPADA KEKAYAAN DUNI

Membangun sistem nilai yang tidak ditentukan oleh budaya di sekitar kita, tetapi oleh apa yang bernilai dalam Kerajaan Allah.

GREATER VALUE

Ibr.11:26 Musa merasa bahwa jauh lebih berharga untuk mendapat penghinaan demi Raja Penyelamat yang dijanjikan Allah itu daripada mendapat segala harta negeri Mesir, sebab Musa mengharapkan upah di hari kemudian. (BIS)He valued suffering in the Messiah’s camp far greater than Egyptian wealth … (MSG)

Apa yang ditawarkan kepada Musa?

  • Popularity, prestige, power (v.24)
  • Pleasure (v.25)
  • Possessions (v.26)

Tetapi untuk Musa, ada yang “jauh lebih berharga.”

1Yoh.2:17 Dunia dan segala sesuatu di dalamnya yang diinginkan oleh manusia, sedang lenyap. Tetapi orang yang menuruti kemauan Allah, tetap hidup sampai selama-lamanya.

Apa yang diingini orang-orang di dunia?

  • Money
  • Position
  • Reputation
  • Self Satisfaction

Ibr.11:26 Musa merasa bahwa jauh lebih berharga untuk mendapat penghinaan demi Raja Penyelamat yang dijanjikan Allah itu daripada mendapat segala harta negeri Mesir, sebab Musa mengharapkan upah di hari kemudian. (BIS) | … for he looked ahead to the reward [promised by God]. (Amp.)

Ibr.11:27 Karena iman maka ia telah meninggalkan Mesir dengan tidak takut akan murka raja. Ia bertahan sama seperti ia melihat apa yang tidak kelihatan.

He continued strong as if he could see the God no one can see. (ERV)

IJINKAN HIDUP ANDA DIPIMPIN OLEH IMAN DAN BUKAN OLEH KETAKUTAN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s