re·cal·i·brate

Recalibrate-Be-Who-You-Are

Recalibrate atau merekalibrasi artinya sebuah usaha yang membuat suatu mesin, alat dikembalikan ke desain, standard atau tujuan awal. Tahun 2017 merupakan tahun yang sebentar lagi akan kita tinggalkan dan tidak akan terulang kembali. Kita tidak bisa mengulangi baik itu dengan keadaan yang baik atau tidak. Oleh sebab itu diawal ahun 2018 adalah waktu yang tepat untuk mengkalibrasi ulang tujuan awal kita.

Efe.5:15-17 Sebab itu, perhatikanlah baik-baik cara hidupmu. Jangan hidup seperti orang-orang bodoh; hiduplah seperti orang-orang bijak.  Gunakanlah sebaik-baiknya setiap kesempatan yang ada padamu, karena masa ini adalah masa yang jahat. Jangan bodoh, tetapi selidikilah apa yang dikehendaki TUHAN. (BIMK)

BLUEPRINT

Bagaimana kita menghargai kehidupan, menentukan bagaimana kita mengisi kehidupan.  Apakah kita benar berhati-hati dalam MEMBANGUN KEHIDUPAN, berhati-hati dalam membuat KEPUTUSAN, menentukan PRIORITAS hidup, memperhatikan TUJUAN hidup kita, menentukan dengan siapa kita BERGAUL, ATAU sebaliknya hidup dengan sembarangan saja, mengalir, que sera sera (whatever will be will be)?

Apapun yang terjadi dalam hidupmu di tahun 2017; kita memiliki kesempatan untuk menjalani hidup di 2018 dengan cara yang berbeda: dengan bersikap hati-hati MEMBANGUN kehidupan, MELANGKAHKAN kaki, MEMBUAT KEPUTUSAN, dan berhati-hati memilih dengan siapa kita BERGAUL.

Efe.5:15 So be very careful how you live… (ERV) 

BODOH ATAU BIJAK DALAM KEHIDUPAN

Bodoh atau bijak dalam menjalani kehidupan bisa dilihat dari buahnya. Tandanya orang bodoh adalah dengan tetap mengambil pilihan-pilihan yang salah, sehingga arah hidupnya menjadi semakin jauh dari jalan kebenaran. Sedangkan tanda kita bijak ialah ketika hidupnya berbuah, on track dengan purpose dan panggilan TUHAN, menyusun prioritas dan nilai-nilai dengan benar, sehingga melalui hidup kita nama TUHAN dipermuliakan. Lalu bagaimana agar kita bisa belajar menjadi orang bijak?

Mat.7:24 “Setiap orang yang mendengar perkataan-Ku ini dan melakukannya, ia sama dengan orang yang bijaksana…

Mat.7:26 “Tetapi setiap orang yang mendengar perkataan-Ku ini dan tidak melakukannya, ia sama dengan orang yang bodoh

Ternyata dasarnya adalah melakukan Firman. Orang bijak menggunakan Firman TUHAN sebagai blueprint untuk membangun kehidupannya. Sedangkan orang bodoh akan mengabaikan Firman TUHAN atau tidak menjadikannya sebagai blueprint hidupnya.

YOLO (YOU ONLY LIVE ONCE)

Masa lalu adalah masa lalu, kita tidak akan pernah bisa mengulangi masa lalu, entah kita menggunakannya dengan baik atau tidak. kita punya kesempatan untuk menguburkan masa lalu dan memulai sesuatu yang baru di 2018.

Efe.5:16…  dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat.

Belajar menghargai kehidupan: dengan belajar menghargai waktu. Waktu tidak sama dengan uang. Waktu sama dengan hidup. Uang yang hilang masih bisa dicari kembali, tetapi hidup yang hilang tidak akanmungkin dapat kembali. Kita punya dua pilihan bagaimana memakai uang: dibelanjakan atau di investasikan. Waktu juga punya dua pilihan: Manage it or loose it. Waktu tidak bisa diberhentikan, tapi kita dapat menentukan bagaimana kita menggunakan waktu: PRIORITAS dan PURPOSE.

Efe.5:16 Gunakanlah sebaik-baiknya setiap kesempatan yang ada padamu (BIMK)

Kata “kesempatan” menggunakan kata bahasa gerika Kairos yang berarti “the right time”, “opportunity time”, “perfect moment”, “qualitative”. Kairos berbeda dengan Kronos. Kronos berbicara mengenai waktu yang biasa kita ketahui seperti satu hari terdiri dari 24 jam, sebulan ada 30 hari dan setahun 365 hari.  Melihat waktu bukan hanya kronos, tapi juga kairos: dalam waktu yang berjalan ada kesempatan2 untuk berbuat baik, yang kalau tidak kita manfaatkan akan berlalu dan mungkin tidak akan pernah datang lagi.

Jadikan setiap hari sebagai kesempatan yang tidak akan pernah datang lagi. Kalau TUHAN bertanya kepada anda seperti TUHAN bertanya kepada Salomo: apa yang kamu minta; itu kesempatan yang mungkin tidak akan pernah datang lagi. Setiap tahun adalah tahun yang diberkati TUHAN, tinggal bagaimana kita mengisi kehidupan kita. Apakah kita menjadi orang yang memanfaatkan hidup ini dan bisa melihat kairos-kairos.

GET ON TRACK

Efe.5:17 Sebab itu janganlah kamu bodoh, tetapi usahakanlah supaya kamu mengerti kehendak TUHAN

Penting di awal tahun kita melakukan RECALIBRATE. Check apakah kita masih ada di jalur yang seharusnya. Penyimpangan kecil, sedikit berkompromi, sedikit menjauh dari iCare, sedikit mundur dari pelayanan, sedikit minum, sedikit drug … TANPA DISADARI akan membawa kita semakin jauh dari TUHAN. Dari berasa ada yang salah – teman yang salah, pergaulan yang salah, keputusan yang salah — sampai lama2 gak lagi berasa salah. Dari tahu itu salah, lama2 menganggap tidak apa-apa, lalu cari pembenaran: orang lain juga, aku bisa jaga diri, tidak akan “hanyut”, dll.

Puasa Daniel di awal Tahun: mengkalibrasi kehidupan kita, ketika kita berkata TUHAN aku mau selalu dekat dengan hati-Mu dan pikiran-Mu. Tujuan dari 21 Hari Doa dan Puasa:  Menyelaraskan hati dan pikiran kita dengan hati dan pikiran TUHAN.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s